8 Tips Menjadi Sales Motor yang Hebat



Menjadi seorang salesman adalah pekerjaan yang menantang dan butuh kesabaran, salah satunya sales sepeda motor. Seorang sales harus mampu menjual produk dari perusahaan, dan harus bisa mencapai target penjualan setiap bulan.

Salesman adalah ujung tombak sebuah perusahaan, dan diwajibkan menguasai produk yang akan dijual kepada calon pembeli, jika perusahaan mempunyai salesman yang handal, maka perusahaan akan terus berkembang.

Gaji dari pekerjaan sebagai sales tergantung penjualan setiap bulan, jika ingin gaji besar dan dapat bonus, maka harus mencapai target penjualan setiap bulan. Semakin giat dan mendapat banyak konsumen, semakin besar gaji yang diterima.

Banyak salesman pemula yang belum menguasai strategi menjual yang baik dan mendapat banyak konsumen. Lalu bagaimana cara suapaya menjadi sales yang handal?

Jika anda seorang salesman dan ingin mencapai target penjualan tiap bulan. Cobalah 8 tips menjadi salesman motor yang hebat di bawah ini.

1. KUASAI PRODUK
Seorang salesman wajib menguasai produk yang dijual, biasanya para calon pembeli akan bertanya tentang keunggulan dan kelemahan suatu produk, ada juga calon pembeli yang membandingkan produk anda dengan produk kompetitor. Anda harus bisa memberikan penjelasan sehingga calon pembeli tertarik untuk membeli produk yang anda tawarkan.

Anda pasti tidak ingin calon pembeli batal membeli produk yang anda tawarkan hanya karena anda tidak menguasai produk.

2. BUAT RENCANA KUNJUNGAN
Jika anda ingin memulai memasarkan produk, lebih baik siapkan catatan kecil untuk rencana kunjungan dari rumah ke rumah, lebih dikenal dengan istilah door-to-door.

Tulislah nama-nama yang akan anda kunjungi agar lebih efisien dan tidak buang-buang waktu dan tenaga. Kunjungi kembali calon pembeli yang sudah anda kunjungi sebelumnya, ini bertujuan untuk meyakinkan calon pembeli, jika beruntung calon pembeli akan membeli produk yang anda tawarkan.

Sebaiknya lakukan kunjungan setiap hari dengan lokasi yang berbeda-beda, agar calon pembeli tidak merasa terganggu atas kehadiran anda.

Baca juga: 4 Cara Menghemat Kuota Internet

3. JANGAN LANGSUNG BICARA SOAL HARGA
Bukankah mengetahui harga sangat penting bagi calon pembeli? Ya, memang calon pembeli harus tahu berapa harga suatu produk. Kebanyakan salesman pemula sering membicarakan tentang harga diawal pertemuan dengan calon pembeli, sebaiknya lakukan penjelasan produk dulu kepada calon pembeli, anda harus fokus dengan produk, seperti keunggulan, kekurangan, dan spesifikasi dari produk tersebut.

Setelah calon pembeli mulai tertarik dan sudah paham, mulailah untuk membicarakan soal harga, dengan strategi ini anda akan lebih mudah melakukan penjualan.

4. JALIN HUBUNGAN BAIK DENGAN KONSUMEN
Pada umumnya hubungan antara salesman dan konsumen berhenti setelah konsumen melakukan pembelian produk, jika anda melakukan hal tersebut anda bisa saja kehilangan konsumen yang loyal, mungkin jika konsumen ingin membeli produk kembali anda tidak mengetahuinya. Anda bisa memberi informasi tentang produk baru, atau sekedar mengingatkan untuk melakukan servis sepesa motor, supaya konsumen ingat dengan anda.

Menjalin hubungan atau komunikasi dengan konsumen juga bisa menambah keuntungan anda, mereka biasanya akan merekomendasikan saudara, tetangga, atau teman untuk membeli produk kepada anda. Maka jalinlah hubungan yang baik dengan konsumen.

5. JALIN HUBUNGAN BAIK DENGAN SALESMAN PRODUK LAIN
Sesama salesman boleh saja berkompetisi, apalagi dengan salesman produk pesaing. Meskipun berbeda perusahaan tidak ada salahnya melakukan kerjasama, misal salesman A bertemu dengan calon pembeli yang membutuhkan produk B, maka salesman A bisa menghubungi salesman B, dan sebaliknya.

Dengan melakukan cara tersebuat akan lebih menguntungkan dibanding bersaing secara tidak sehat.

6. BERIKAN BONUS KEPADA KONSUMEN SETIA
Mempunyai konsumen yang setia adalah dambaan bagi setiap salesman, karena mereka akan melakukan pembelian kembali (Repeat Order) karena percaya dengan anda. Namun anda juga harus bisa menjaga kepercayaan mereka, berikan potongan harga atau sebuah hadiah menarik yang membuat mereka semakin percaya kepada anda.

7. PROMOSI
Promosi merupakan hal yang harus dilakukan seorang salesman, untuk mendapat pembeli yang banyak lakukanlah promosi secara rutin. Anda bisa melakukan promosi dengan cara memasang banner di depan rumah, membagikan brosur langsung di tempat yang ramai, atau bisa juga menempelkan brosur di depan warung-warung makan.

Sekarang sudah bayak orang yang menggunakan sosial media, ada baiknya juga anda melakukan promosi melalui sosial media, seperti BBM, Facebook, dan Instagram.

8. TETAP SEMANGAT
Dan tips yang terakhir adalah semangat, terkadang salesman akan putus asa jika berhari-hari tidak kunjung mendapat konsumen, belum lagi tekanan dari atasan yang membuat semakin pusing. Jika anda ingin sukses jangan gampang putus asa, tetaplah semangat dan berpikir positif, yakin bahwa diri anda bisa.

Teruslah konsisten hingga akhir bulan, bayangkan jika anda mencapai target akan mendapat bonus, bahkan menjadi sales terbaik setiap bulan.

Mungkin masih banyak tips lain yang belum anda lakukan, jangan malu untuk bertanya kepada salesman yang lebih senior, dan teruslah belajar.

26 Responses to "8 Tips Menjadi Sales Motor yang Hebat"

  1. Yang jelas menjadi sales motor yang hebat tuh harus punya kecakapan yang bagus

    BalasHapus
  2. @Atep Setiawan,
    Harus tetap semangat mas, karena gaji tergantung hasil penjualan.

    Terimakasih sudah berkomentar

    BalasHapus
  3. Muhammad Fathoni6 September 2016 03.08

    kunbal sukses sob :D

    BalasHapus
  4. @Muhammad Fathoni,
    Terimakasih mas

    BalasHapus
  5. Menjdi salesman itu harus teguh sabar, ganteng, cakep berbicara. Supaya banyak yang tertarik dgn produk yang ditawarkan. Tapi dari pada itu, betul kata lo di poin pertama, harus kuasai produk yang dijual

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wih berbakat jadi salesmn juga kamu hehe

      Ya harus dong kalo gak nguasai produk nanti susah menjelaskan kepada calon pembeli.

      Hapus
    2. yha.....ku memang memiliki bakat-bakat terpendam.
      nanti klo nggk nguasain produknya, bakalan gelagapan.....muahahahaha :v

      Hapus
    3. Ntar kalo udah gelagapan calon pembeli malah gak jadi beli, dan milih beli ke orang yang lebih propesional.

      Hapus
  6. Emang susah jadi sales.. tapi ng tau jg sih soalnya bukan sales.. Hahahaa... :D

    Tapi apapun pekerjaan itu, maupun sales kek, ya harus melakukan yg terbaik.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbk, harus target biar dapet bonus dan gak diomelin atasan.

      Karena sales adalah ujung tombak perusahaan.

      Hapus
  7. Saudara pernah jadi sales motor. Dan tahu sedikit perjuangannya dapatin calon pembeli itu sudah bnget karena ditarget.

    Tulisan ini pasti nanti akan banyak dicari orang. Percaya deh... Pageviews di tulisan ini bakal laris manis :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang susah mbk, dan target yang bikin sales motor harus kerja mati-matian demi target dan dapet bonus tentunya.

      Wah amin mbk, semoga semangat yang diberikan mbk vindy berguna bagi blog ini.

      Hapus
  8. Iya tuh yg paling penting menurutku jangan kayak sales banget. Ya kalo ke rumah konsumen agak kayak lagi silaturahmi gitu, aja. Gak melulu ngomongin tentang produk yg dijual. Jadi kan kunjunganpertama kenal, kunjungan selanjutnya paham, kunjungan kesekian kali udah kayak teman atau sodara sama konsume sediri. Itu yang paling penting

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mbk, dengam cara seperti itu konsumen akan merasa aman dan jika ingin beli produk pasti akan menghubungi lagi, dalam dunia marketing disebut juga RO (repeat order)

      Hapus
  9. Yang penting niat dan semangat serta kepercayaan, pasti bakalan banyak customer yang merapat beli motornya dah. Apalagi kalo diiming"i sama bonus, yang penting bonusnya jangan boongan, dari pada panjang urusannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang penting itu konsumen puas dengan pelayanan dan kalo lagi beruntung konsumen beli lagi deh.

      Karena pembeli adalah raja.

      Hapus
  10. aku pernah jadi sales, tapi sales kerudung gitu haha.. susah sih, apalagi aku anaknya kurang suka pekerjaan yang ditarget gitu dan pekerjaan yang 'nawar-nawarin' ke orang.. kunci utama sih bisa tetep bawa mood baik ke konsumen, kadang ada sales yang auranya suram anjir kayak males gitu kalo ngomong ama dia, nyebelin kayak maksa.. terus yg kedua product knowledge.. kadang suka sebel sm sales yg kalo ditanya, mbak ini bedanya sama ini apa gatau, trus pernah ada sales yg malah nanya balik ama aku, e kampret yg kerja sapeee -,- wkwkwk.. tp sejak mengalami jadi sales aku jd sedikit bisa menghargai mereka, dulu sblm tau gimana rasanya jd sales, kadang klo mrka nyamperin suka dicuekin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah hebat mbk, berapa lama mbk jadi sales kerudung?

      Jadi sales kalo target dapet bonus lumayan mbk, gajinya gak menentu tergantung hasil penjualan, kalo bisa konsisten sih pasti dapet bonus dan kalo beruntung bisa naik jabatan.

      Hapus
  11. tetep ya harus promosi dan terus jalin hubungan dengan sales lain. terus yng penting jangtan langsung nawarin harga, bisa kabur pelanggan
    makasih sharingnyaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbk, walaupun bersaing tapi kalo ada konsumen produk lain kan bisa kerjasama mbk, yang penting cair hehe

      Iya semoga bisa memberi motivasi pada sales di luar sana.

      Hapus
  12. wlopun gue nggak berminat jadi sales motor, tpi berguna juga ini bro infonya...mungkin juga beberapa poinnya bisa dipake buat jadi sales yang lebih general kali ya..bukan hanya motor doang. :D karena gue sales tas. hihihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sis, kan intinya menjual, dan caranya hampir sama.

      Menarik minat konsumen dan menjadikan konsumen loyal pada produk yang dijual.

      Semoga sukses ya sis jualan tasnya.

      Hapus
  13. Gak hanya buat seles motor aja... untuk di terapkan di produk lain juga bagus nih tips....
    Garis besarnya emang hampir seperti itu.. Dan bener banget tuh, sebelum ngomongin harga mending jelasin produk sampe bener2 calon konsumen faham. Berapapun harganya kalo konsumen gak ragu pasti dibeli..
    Nice infoh :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya soalnya kebanyakan sales itu langsung ngomongin harga, belum tentu kan calon pembeli butuh.

      Nah kalo udah bisa menjelaskan tentang produk dan calon pembeli ingin membeli, kan harga berapapun dibayar, karena emang butuh.

      Hapus
  14. Bisa buat masukan dan memotivasi diri saat sedang down...

    BalasHapus