Alay adalah sebuah istilah buat anak-anak remaja atau anak sekolahan juga sering disingkat "anak lebay" atau juga "anak layangan". Berarti anak yang suka main layangan di sawah juga disebut anak alay dong? Yo gak lah, itu namanya anak tukang main layangan.

Suatu hari saya lagi asyik membuka pesbuk dan iseng buka status waktu SMA, dan ketika melihat bahasa dan status pesbuk saya, tiba-tiba saya kaget campur ketawa :D, ternyata dulu saya pernah alay juga, aseeem tenan.

Kayak gak percaya kalau yang nulis itu saya, seperti ada yang membajak akun pesbuk saya, karena beda jauh sama yang sekarang. Tulisannya kayak plat nomer angka campur huruf dan sama sekali tidak enak dipandang. Contoh: H4Lo 4p@ KaB4rR?

Entah siapa orang yang menciptakan model tulisan seperti plat nomer itu? Sampai sekarang aku juga belum tahu. Pokoknya jaman dulu itu bisanya cuma ikut-ikutan aja :D.

Ada juga tulisan yang tidak ada spasinya contoh: HaiApaKabar? Mungkin tujuannya buat menghemat karakter kali ya, atau jangan-jangan tombol spasinya lepas, tapi saya heran tulisan kayak gitu apa gak pusing dibaca ya?

Apa kata ibu saya kalau beliau melihat anaknya yang imut dan ganteng ini pernah jadi anak alay.

Ya, kan memang begitu proses anak muda diwaktu itu, saya yakin kamu dulu juga pernah jadi anak alay kan? Heeee :D

Setelah saya baca status dan komentar di pesbuk saya jaman alay, rasanya ingin sekali menghapusnya. Tapi karena cukup banyak saya membatalkan niat untuk menghapus, itung-itung buat kenangan lah. Siapa tahu suatu saat kalau saya tua bisa dibaca lagi biar bisa ketawa bersama cucu saya. :lol:

Jika kamu pernah jadi anak alay jangan malu atau panik, karena teman seumuranmu dulu juga alay hahaha :D. Kalau belum jadi anak alay rasanya belum jadi anak hitz gitu, merasa ketinggalan jaman atau kuper. Padahal kalau diingat-ingat ya lucu campur malu juga sih.

Tapi apa masa alay itu akan terus ada?

Ya, sepertinya akan terus ada di setiap perjalanan anak sekolah, namanya juga anak remaja semua ada siklusnya. Semua yang dianggap keren akan diikuti, nanti kalau sudah lulus dan dewasa juga hilang seiring bertambahnya umur (wah sok bijak kamu san).

Karena masa-masa SMA adalah masa mencari jati diri, mau jadi apa nantinya kalau sudah lulus, mau nglanjutin ke jurusan yang mana? Semua itu butuh proses dan didalam proses tersebut ada masa "alay" seorang siswa.

Jadi, jangan malu pernah jadi alay, karena pernah jadi alay itu menandakan kalau kamu peka dan tidak ketinggalan jaman 8-) saya juga pernah jadi alay, kalau kamu?

27 Responses to "Masa-masa Alay"

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    BalasHapus
  2. Anak muda pasti pernah kok alay. Kayanya itu masa masa transisi yang emang lumrah dilalui. Tapi dulu aku nggak sealay gitu deh, punya fb pun jarang update status. Update statusnya malah quote bijak.

    BalasHapus
  3. @anggi,
    Ya memang beda mbk, di masaku alay ya gitu tulisan gak jelas trus pakai pakaian yg gak jelas juga. Heee :D

    BalasHapus
  4. Hah4... J4d1 49an p3rn4h 4l4y jU64 ya...

    Lha, malah ikut2an alay nih

    BalasHapus
  5. @Nowhere Man,
    Haha dulu pernah mas, tapi sekarang udah gak.

    BalasHapus
  6. jadi malu kalau ingat zaman alay n lebay
    haha lubay

    BalasHapus
  7. @Ukhty Nur Maya,
    Mbk juga pernah ya heee

    BalasHapus
  8. eh pak, asal bapak tau ya, alay itu suatu proses jalan bagi remaja menjadi dewasa loh. Ah, aku juga dulu alay. Alay dulu baru bisa mikir dewasa. Muehehehehe :grin:

    BalasHapus
  9. @Rizky Imanul,
    Iya makanya semua orang kayaknya pernah mengalami masa alay.

    Asem manggil bapak tua bener aku ya. Heee

    BalasHapus
  10. gapapa alay, yg penting nggak melambai :D

    BalasHapus
  11. @Ryan Maharudin,
    Melambai kayak daun kelapa di pinggir pantai ya mas heee

    BalasHapus
  12. Belex dipelupukmata30 September 2016 06.01

    k4lo ane 4lhmdulilah ngGak pRnah 4lay" 4m4t, gan :D

    BalasHapus
  13. @Belex dipelupukmata,
    Nah itu apa mas, tulisannya kok begitu. Heee

    BalasHapus
  14. Kalo liat "On this day" di facebook pasti gue ngecheck duluan status dahulu kala :D
    Kalo ada yang menurut gue bikin jijik ya gue hapus kwkwkw :'D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwk pasti pernah alay juga kan? Hihihi

      Wajarlah karena banyak juga temen yg alay.

      Hapus
  15. :D jadi inget dulu waktu SMP dan masih super duper alaynya gue. Dulu waktu SMP pengalaman alay yang paling ngebikin gue geli itu ketika gue ngeupload foto tapi foto itu editan yang foto gue di sandingkan dengan foto orang cantik. Syukurlah sekarang udah sedikit sedikit kkeluar dari masa alay hehehe. Di Indonesia sendiri Alay adalah proses pertumbuhan, kalau diluar kan dari bayi, anak anak, remaja, dewas, tua, tapi kalau di Indonesia bayi, anak anak, remaja, alay, dewas, tua. Jadi intinya, alay adalah proses menuju kedewasaaan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kebanyakan mausia melewati masa alay pas jaman sekolah SMP maupun SMA hehehe

      Disitulah masa menuju kedewasaan sedang dimulai, aku kira aku sendiri yang pernah alay hehehe.

      Hapus
  16. HHAHAHHAHA ancur dah. suka keringet dingin kalo scroll facebook masa lalu. kayak upload foto dengan pose masya allah gak patut banget, bikin status 5 menit sekali dan ya tuhan statuse kui lhoo.. jan, curhatan ra mutu, ndumel2 ga jelas. Moga Allah ngampuni masa laluku. Saiki aku wis tobat hahaha..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha ya begitulah anak muda pasti melewati masa yang alay, entah siapa yang menciptakan trend alay di bumi ini.

      alay akan selalu ada di setiap generasi, mungkin ya heheh

      Hapus
  17. Semua ada masa kejayaannya menurut gue. Yang dulu tampak keren bebrrapa tahun mendatang tampak amat nista. Macem foto, kita mersa hri ini hasil foto dan gaya keren mampus, beberapa tahun mendatang duh berasa pengen bejek2 muka sendiri, kenapa bergaya seaneh itu haha

    Ya tapi seperti kata radit, alay itu kan proses menuju kedewasaan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya juga ya, alay proses menuju kedewasaan, kalo belum alay belum bisa dikatakan dewasa dong.

      Meskipun alay, harus tetep sewajarnya dong hehehe

      Hapus
  18. Hhahha, yang lebih alay lagi nama facebooknya dimodif tingkat tinggi misalnya Agkoe y@n9 tercawkiwtiw wkwkwk, dulu sering ejek"an nama FB waktu SMA buru" dah namanya diganti, kasian ada yang gak bisa diganti, mungkin udah sering diganti tuh nama yang akhirnya ditutup facebooknya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya aku dulu juga pakai nama alay pas SMA hehehe

      tapi untung cuma sekali dan masih bisa diganti dengan nama yang asli weekekek

      emang ada-ada aja anak SMA itu pasti dari tahun ke tahun ada aja alaynya.

      Hapus
  19. Semua anak muda pasti pernah alay kok, cuma kadar alaynya aja yg beda-beda. Suka geli sendiri ya kalo liat kenangan pas alay dulu -_-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ya hehe
      Kadang suka jijik kalo lihat orang alay, padahal dulu aku sendiri juga alay wekekek

      Hapus
  20. Wah kaloo alay mah gua yakin semua orang pernah ngelewatin fase itu bro. Gua juga pernah ngelakuin hal hal alay. Sekarang malu malu sendiri bacanya. Gak sadar kalo dulu pernah kayak gituu wwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha emng fenomena yang aneh ya, dari masa ke masa selalu eksis menghantui anak-anak SEkolah khususnya SMA.

      Hapus