Tips Menjaga Pasien di Rumah Sakit


Gambar dari Pixabay.com

Sudah 5 hari saya tidak membuat artikel, bukan apa-apa saya lagi menjaga ibu yang sakit di RSUD yang berada di kota Purwodadi.

Ibuku kemarin pas di rumah seharian gak bisa tidur karena mual dan muntah, perutnya nyeri kemudian dibawa ke rumah sakit, sampai saat ini sudah 5 hari.

Saya harus mengawasi ibu saya yang sedang dirawat, mulai dari menyuapi makan, mengantar ke kamar mandi, bahkan seharian tidak tidur dan telat makan. Memang jika menjaga pasien harus ekstra sabar, tidak boleh emosi, dan tidak boleh ditinggal seenaknya, nanti kalau terjadi apa-apa bisa repot.

Jika kamu diminta menjaga orang tuamu yang sedang sakit berikut tips dari pengalaman saya :

Pertama, kamu harus siap lahir dan batin untuk menjaga orang yang sakit, karena jika kamu tidak ikhlas maka kamu akan emosi dan itu bisa membuat pasien terganggu dan semakin kacau pikirannya.

Kedua, jika kamu punya saudara mintalah mereka untuk bergantian, terkadang kamu juga butuh istirahat, sempatkan makan dan minum juga, jangan abaikan kesehatanmu. Jangan sampai jika kamu mengabaikan kesehatan kamu bisa sakit sendiri, malah jadi nambah-nambahin aja.

Ketiga, selalu ada di dekat pasien itu akan membuatnya merasa senang, ajaklah ngobrol dan cerita yang membuatnya tertawa agar dia bisa sedikit lupa akan sakit yang dideritanya. Semangati pasien dan beritahu kalau sakit itu termasuk nikmat juga, dan bisa sembuh.

Keempat, jangan sering meninggalkan pasien sendirian terlalu lama, jika sewaktu-waktu membutuhkan pertolongan, kita sudah siap dan pasien akan merasa senang. Berikan perhatian yang tulus dan jangan kamu menunjukkan wajah kesal dan emosi.

Kelima, jangan lupa berdoa agar pasien cepat sembuh, karena selain berusaha kita juga harus berdoa. Doakan agar diberi kekuatan dan ketabahan menjalani sakit yang sedang dilaluinya.

Keenam, jagalah juga kebersihan dirimu dan kebersihan lingkungan pasien, ketika hendak masuk dan keluar kamar pasien sebaiknya cuci tangan dulu. Buanglah sampah pada tempat sampah, memang sudah ada petugas kebersihan tetapi kita juga harus ikut menjaga kebersihan agar lingkungan terasa nyaman.

Ketujuh, jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan segera hubungi perawat yang sedang jaga, agar bisa segera memberi pertolongan, jangan sungkan untuk membangunkan perawat yang sedang tidur, karena memang sudah jadi tugas mereka.

Kedelapan, jika ada pengunjung yang menjenguk pasien mintalah mereka agar tenang dan jangan mengganggu pasien yang sedang tidur, terkadang kalau dari desa pengunjungnya ramai-ramai naik truk dan seringkali ngobrol di kamar pasien kayak ngobrol ketika sedang berada di warung. Hal itu bisa mengganggu pasien, dan juga jangan bertanya hal-hal yang membuat pasien takut dan emosi.

Kesembilan, jika ada dokter yang berkunjung, tanyakan apakah kondisi pasien sudah membaik dan boleh pulang. Beritahu juga keluhan pasien ke dokter agar segera ditangani.

Kesepuluh, jika kesehatan pasien sudah mulai membaik mintalah ijin untuk pulang dan urus semua pembayaran rumah sakit, kamu tidak pengen kan pasien berlama-lama di rumah sakit padahal kondisi sudah membaik.

Intinya menjaga pasien itu harus sabar dan ikhlas, karena jika kamu ikhlas akan mendapat pahala dan semoga selalu diberi kesehatan ;)

32 Responses to "Tips Menjaga Pasien di Rumah Sakit"

  1. Khusus point terakhir, biasanya justru pasien yang minta cepet-cepet pulang (pengalaman berkali kali)

    BalasHapus
  2. @Khaerul A,
    Iya bener mas, tapi terkadang yang jagain juga ingin cepat pulang. Terimakasih kunjungannya.

    BalasHapus
  3. Lumayan pengalamannya bersama Ibunda gan. Pengalaman seprti ini sangat dibutuhkan semua orang tanpa mengenal usia. TerimakAsih telah berbagi pengalaman baiknya & semoga ibunda Sehat selalu.

    BalasHapus
  4. @Zalmaen Zaluchu,
    Iya mas, sama-sama ya

    BalasHapus
  5. FarANGGI Eva Lutvika21 September 2016 01.49

    Cepet sembuh ya buat ibumu. Semoga diberi kesehatan terus.

    BalasHapus
  6. @FarANGGI Eva Lutvika,
    Amin mbk, terimakasih doanya

    BalasHapus
  7. menjaga pasien apalagi ibunda sendiri sungguh sangat mulia, sabar dan siap lahir batin
    tks tipsnya
    smg ibunda lekas sehat aamiin

    BalasHapus
  8. @Ukhty Nur Maya,
    Amin mbk, makasih ya
    Memang harus ikhlas

    BalasHapus
  9. penjaga rumah sakit wajib baca nih :V

    BalasHapus
  10. @Stafabandz,
    Silahkan dibaca mas

    BalasHapus
  11. Sangat membantu gan. Kalo gak tau bukanya menjaga tapi malah mengganggu.

    BalasHapus
  12. @Titin Wijayanti,
    Oke mas, semoga tips nya bermanfaat.

    BalasHapus
  13. Semoga cepet sembuh dan panjang umur.

    BalasHapus
  14. Tipsnya sangat bermanfaat nih sob., makasih udah berbagi. Kemarin ibu saya juga nginap dirumah sakit selama 5 hari, dan Alhamdulillah sekarang udah baikan.

    Oh ya hampir lupa, semoga ibunya cepat sembuh ya.!

    BalasHapus
  15. Wah tipsnya sangat bermanfaat bro
    siapa tau aja ada yang membutuhkan

    BalasHapus
  16. @Tebak lagu,
    Amin mas

    BalasHapus
  17. @Jeni bachelor,
    Iya mas, semoga sehat selalu

    BalasHapus
  18. @bloger jaya,
    Bagus kalau bisa bermanfaat mas, saling berbagi saja.

    BalasHapus
  19. Nambah pengetahuan nihhh ,Thx infonyaaa, Suksezz slalu :-)

    BalasHapus
  20. @Aldy,
    Oke mas semoga bermanfaat

    BalasHapus
  21. Bener banget tips nya . cocok untuk seorang perawat harus membaca artikel ini nih . Mengurus orang sakit tidak semudah yang kita bayangkan , harus sabar juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya soalnya emosi orang sakit itu gampang berubah ubah, merasakan sakit dan pikiran juga susah.

      Hapus
  22. Mantap mas berbakti banget jadi anak.
    Semoga diberi ganjaran surga mas ..

    Byw makasih tipsnya suatu saat pasti bakal berguna banget buat ane :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya harus itu mas, soalnya kita lahir dari seorang ibu dan dibesarkan orangtua.

      Kan kalo kita ikhlas dapet pahala juga.

      Hapus
  23. Terimakasih kak sudah memberi tips untuk menjaga pasien!, oiya tolong ditambahin tips terakhir. Sering periksa selang infus yang biasa ada ditangan, bila ada gelembung segera hubungi dokter

    BalasHapus
    Balasan
    1. O iya masukan diterima, soalnya aku cuma periksa saat infus mau habis. Manggil perawat buat diganti gitu aja.

      Karena jika gak segera diganti darah bisa keluar lewat selang infus.

      Hapus
  24. Wah, tips ini berguna sekali. Jikalau nanti ada kerabat yang sakit dan kemudian kita yang menjaganya. Point satu itu memang yang paling penting... Nah, kalau memang kita sayang pd orang tersebut, sudah dipastikan akan ikhlas merawatnya.

    btw, bagaimana kabar ibu mu skrng? semoga sehat selalu.. amiin :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semua yang dilakukan dengan ikhlas akan dapat pahala yang setimpal mas.

      Kabar ibuku baik kok.

      Hapus
  25. 10 Tips ini alhamdulillah sering gue lakukan ketika menjaga orang sakit. Tapi, sebisa mungkin untuk membuat yang sakit lebih tenang. Soalnya, banyak yang dalam keadaan sakit justru mereka panik. Berpikir aneh-aneh. Nah, di situlah salah satu peran kita untuk meyakinkan mereka bahwa semuanya akan baik-baik saja.


    Btw, semoga ibumu segera sembuh, ya bro.. AMinnn

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya terkadang orang sakit yang putus asa malah mikir aneh-aneh, kita sebagai pendamping harus bisa meyakinkan kalau sakit itu termasuk ujian yang harus dilaksanakan.

      Hapus
  26. semoga ibunya cepet sembuh cuy...

    kalo jaga pasien gitu kayaknya paling tepat minimal 2 orang, saling gantian. Dulu gue pas dirawat di rumah sakit ya gitu, ibu sama bapak gantian, kakak jaga rumah.

    BalasHapus
  27. Sebelumnya aku mau doain, semoga ibu kamu cepat sembuh dari penyakitnya ya, biar nggak lama-lama di rumah sakit juga.

    10 tips yang kamu cantumkan di atas benar-benar berguna banget bagi orang-orang yang mau menjaga pasien di rumah sakit. karena menjaga pasien di rumah sakit juga nggak boleh sembarangan, harus bisa cermat dan disiplin. dengan 10 tips bermanfaat di atas, aku rasa pasien akan lebih cepat sembuh kalau sang penjaganya menggunakan 10 tips tersebut.

    BalasHapus