Cara Mudah Mengendarai Motor Matic bagi Pemula

Bagi masyarakat Indonesia sepeda motor merupakan salah satu alat transportasi yang paling banyak digunakan, hampir setiap rumah sudah mempunyai sepeda motor.

Motor mempunyai fungsi bagi kehidupan masyarakat, contoh buat berangkat dan pulang kerja, buat jualan baju keliling, dan buat mengangkut hasil pertanian.

Ada dua jenis sepeda motor yaitu manual, dan matic.

Kalo motor manual cara mengendarainya harus memasukan gigi kedepan dan kebelakang, sedangkan matic tinggal gas aja, tapi kali ini aku akan membahas tentang motor matic, cara mudah mengendarai motor matic.

Motor matic mempunyai sistem penggerak yang dinamakan CVT (Continously Variable Transmission) yang di dalamnya ada gear dan dihubungkan dengan v-belt, berhubung aku bukaan ahli mesin jadi hanya itu yang aku tahu.

Akhir-akhir ini motor matic mulai menjadi primadona masyarakat, di desaku juga lagi booming, dan banyak yang membeli motor yang katanya khusus buat wanita ini, dulu jika ada orang naik matic katanya orang tersebut wegahan, pemalas karena naik motor aja tinggal gas rem, gak mau mikir masukin gigi.

"Yah Jaman kan semakin maju, ngapain harus ribet kalo ada yang praktis, think smart please.

Matic yang lagi laris manis saat ini yaitu keluaran dari Honda, terutama Vario dan Beat, emang sih Mio lebih dulu mengaspal dibanding Beat, tapi kenyataannya sekarang masyarakat lebih memilih Beat, aku sendiri juga punya Beat dan Mio GT, emang sih lebih nyaman naik Beat kalo di jalan pedesaan yang jalannya masih agak nggronjal-nggronjal.

Aku bisa mengendarai motor pas kelas 6 SD, tapi masih motor manual. Sebenernya belum boleh ya, jangan dicontoh, kan harus punya SIM (Surat Ijin mengemudi) dulu biar selamat di jalan. Oh iya kalau bikin SIM jangan nembak ya, harus melalui tes dulu biar apa? Biar paham rambu-rambu dan gak seenaknya melanggar tata tertib saat mengendarai motor di jalan.

Meskipun di desaku jarang ada rambu lalulintas tapi kan aku juga harus paham. Buat keselamatan diri sendiri dan orang lain juga kan.

Mengendarai motor matic itu susah-susah gampang, lebih gampang daripada menebak isi hati wanita pastinya hahaha.

"Ah yang bener San?"

"Ya iyalah, emang gampang nebak isi hati wanita?"

Mari lanjut lagi ke topik utama, jika kamu bisa mengendari matic belum tentu kamu bisa mengendarai motor manual, itu sih kata orang-orang yang aku wawancarai hehehe.

MANA INI TUTORIALNYA?? KOK MALAH CURHAT!!

Oke Oke silakan simak tutorial dariku di bawah ini:

  • Pertama, pastikan kamu punya motor matic, kalau belum punya bisa beli secara cash dan kredit di dealer terdekat di Kotamu.
  • Kedua, sebelum mulai mengendarai pastikan keamanan sudah lengkap kamu pakai, mulai dari helm, baju, celana dan sepatu. Carilah tempat yang strategis bisa di lapangan atau di jalan asal lagi sepi.
  • Ketiga, Pastikan kunci sudah tertancap dan sudah kamu putar ke mode ON, dan jangan lupa berdoa. Karena usaha tanpa doa kurang lengkap.
  • Keempat, mintalah bimbingan orang yang sudah mahir saat belajar mengendarai motor matic, mulai nyalakan mesin dengan cara menyetater dengan tombol atau bisa juga dengan cara memancal dengan Kick Starter yang ada di samping bawah. 
Gambar Kick Starter pada Mio GT

  • Kelima, setelah mesin nyala mulai gas pelan-pelan dan jaga keseimbangan saat motor sudah melaju, jagak jarak pandang dan tetap konsentrasi.
  • Keenam, jika kamu sudah agak bisa menguasai motor, cobalah untuk mengendarai sendiri tanpa bimbingan orang lain, perhatikan saat mengerem dan menambah kecepatan, jangan suka mengerem mendadak karena nenek bilang itu berbahaya.
  • Jika kamu sudah mahir mengendarai motor matic, jangan lupa berterimakasih kepada orang yang sudah meluangkan waktunya untuk mengajarimu naik sepeda motor, kalau perlu traktir dia makan atau belikan rokok.
    Nah, sudah cukup jelaskan caranya belajar mengendarai motor matic, dan yang terpenting kamu harus punya SIM dulu, jangan malas mengurus SIM, kan sudah ada tata caranya. Jika berkendara taatilah rambu-rambu dan jangan suka ugal-ugalan.

    Kalo kamu suka ngebut saat naik motor bisa juga ikut event balap motor atau Drag Bike yang resmi, dan ingat pesenku jangan suka balapan liar ya. Karena sangat berbahaya bagi nyawa kamu.

    Dan yang paling penting safety riding kalau misalnya kecelakaan bisa mengurangi resiko yang diakibatkan saat kecelakaan.

    Itulah sedikit tentang cara mudah mengendarai motor matic bagi pemula. Aku yakin jika kamu bersungguh-sungguh dalam belajar pasti bisa kok.

    Selamat menjalani hidup.

    52 Responses to "Cara Mudah Mengendarai Motor Matic bagi Pemula"

    1. nambahi ya mas, pelajari juga cara pake lampu reting yang benar. :)

      BalasHapus
      Balasan
      1. Iya makasih om, makasih saran dan tambahannya.

        Berguna buat memperbaiki blog yang aku kelola.

        Hapus
    2. kok kalo menurutku lebih gampangan motor bebek ya.
      tinggal atur-atur gigi doang pas lagi dijalan.
      lebih enak lagi kalo pas diturunan, tinggal pindah ke gigi 2, gak perlu ngerem lagi. wqwq kalo di jalan aspal pake gigi 4.
      jujur aja, aku sendiri masih kaku pake motor matic, berat.

      BalasHapus
      Balasan
      1. Ada-ada aja km mbk.

        Haha jadi teringat kalo lagi diturunan gigi tak masukin 5 ( motor sport) trus tak gasss pol kayak naik roller coster hahaha.

        Kalo sekarang kan lagi ngetrend matic mbk. Beli ayo beli.

        Hapus
    3. hahahahha sedih gw baca postingan ini. soalnya gw belajar naik motor kerjaannya celakain orang yang bimbing mulu. tp gw ga kenapa2.. skrg gw gak mau lagi belajar motor

      BalasHapus
      Balasan
      1. Lho, kalo mau kemana mana naik apa dong mbk.

        Naik motor itu seru lho, coba deh.

        Hapus
    4. Hhehe Nambah Pelajaran juga Yh Ka :)

      Makasih Udah Ngeshare hhehe.. Jujur Sih Aku lagi Belajar Kopling Ka:)

      BalasHapus
      Balasan
      1. Kopling juga gampang kok, asal bisa maenin kopling aja.

        Yg penting taat peraturan lalu lintas aja ya.

        Hapus
    5. jadi keinget dulu waktu pertama kali belajar motor matic, bingung staternya gimana, 15 menit ak bisa". ternyata oh ternyata, harus direm sekalian kalau mau nyetater motornya wkwk

      BalasHapus
      Balasan
      1. Iya emang kalo mau nyetater harus ditarik salah satu tuas remnya.

        Beda sama motor bebek, tinggal pencet laangsung jalan.

        Pasti jamannya punya motor matic baru ya, apa jangan jangan minjem?

        Hapus
      2. itu waktu lagi maling motor gan wkwk
        ya gak lah, emg seblumnya blm pernah naik motor sendiri, masih SMP dulu

        Hapus
      3. Sebenernya belum boleh anak.SMP naik motor, kan belum punya SIM.

        Tapi kenyataannya anak SD di daerahku juga udah bisa naik matic, mana ngebut gak pake aturan lagi.

        Hapus
    6. Jadi inget dulu saat mau belajar bawa motor, saya belajar naik motor matic diajarin teman saya, saya langsung bonceng 3 saat belajar hahaha, sudah gitu belajarnya di jalanan yg banyak polisi tidurnya pula :D

      BalasHapus
      Balasan
      1. Untung gak jatoh om, kalao jatoh kan bahaya banyak polisi tidurnya.

        Wah seperti apa ya bonceng motor bertiga, wkwkwk macam cabe-cabean aja kau ini.

        Hapus
    7. sama gue juga ka bisa naik motor dari kelas 6 sd tapi baru bisa bawa kejalannya waktu smk beberapa kali jatuh bikin trauma sih tapi lanjut lagi ahahhahaha

      BalasHapus
      Balasan
      1. Ya berhubung jarak sekolah sama rumahku jauh, aku sekolah naik motor, dari SMP, SMA, nyampek kuliah ini.

        Soalnya masih jarang angkutan umum di daerahku.

        Anak kecil aja udah jago naek motornya.

        Hapus
    8. Malah dulu kemarin aku belajar matic langsung bisa sih, lihat-lihat cara kawan mengendarainya, jadi paham. Temanku bilang, kalau udah mahir mengendarai sepeda, pasti sangat mudah nantinya untuk mengendarai matic.

      BalasHapus
      Balasan
      1. Ya sebenernya mudah mengendarai motor matic om.

        Tinggal gas rem, gas rem.
        Tapi jangan lupa jaga keseimbangan biar gak jatuh, trus tiduran di aspal deh. Hahaha

        Hapus
    9. hanya sekedar tambahan mas, untuk ibu2 tolong pelajari cara penggunaan lampu sen, kalau belok ke kanan lampunya sen-nya ke kanan dan begitu sebaliknya. terkadang gw kesel banget jika menemukan ibu2 seperti itu, tapi ya gw maklumin aja, mungkin dia khilaf..wkwkwk

      BalasHapus
    10. Kalo udah lihat ibu ibu naik matic dijalan, wah bisa bahaya juga om.

      Iya kadang aku juga nemu yang sen kanan malah belok kiri, maunya apa coba, heee

      BalasHapus
    11. Mengendarai motor matic mah gampaaaang, udah ga butuh tutorial kaleeee
      Mestinya kamu bikin tutorialnya : "Cara ampuh mengendarai motor matic di jalan tol sambil mengupas mangga" wkwkwk

      BalasHapus
      Balasan
      1. Kan kali aja ada orang yang belum bisa naik motor matic.

        Kalo naik motor mbonceng sambil ngupas mangga mah gampang kali, hahahaha

        Hapus
    12. :D Aku bisa naik motor. Tapi uda lama nggak mengendarai. Trus badan kaku mau naik motor. Hahhaa...
      Kalau baca tutorialnya, ya elaah wkwkwk.. cuma bisa mesem-mesem wkwk

      BalasHapus
      Balasan
      1. Terus kalau mau pergi pergi naik apa mbak? Haha

        Badan kalau kaku perlu dipijit itu, biar lemes.

        Lho baca tutorial kok sambil mesem kayak abis ditembak cowok aja mbk

        Hapus
    13. BOOM! Ini inspiratip banget buat yang belum bisa. wkwkwwkkw *Gue entah kenapa baca ini senyum2 gak karuan. HAHA

      Btw, gue waktu pertama kali naek matic alhamdulillah langsung bisa. *penuh kesombongan. ya karena emang gue udah bisa motor manual. hehe

      BalasHapus
      Balasan
      1. Kok senyum senyum emng lagi jatuh cinta ya om.

        Wah kalo udah bisa jangan ngebut ya, tetep safety riding.

        Hapus
    14. Sama kek si banyol. Entah kenapa gue yang udah bisa mengendari banyak jenis motor kecuali Pespa, ngerasa tutorial ini bikin geli2 aja. Senyum2 nggak jelas. XD

      Lagian, ada kata Menyetater ini bahasa dari mana oy??? :')

      Tapi tutorialnya emang perlu banget, sih, buat yg belum ngerti naik metic. Apalagi buat ibu-ibu. Sekalian ajarkan cara menggunakan sein dan buat tulisan Khusus Ibu-ibu teksnya dibold. XD

      BalasHapus
      Balasan
      1. Menyetater itu mencet tombol start kak. Lha mau pake bahasa apa lagi coba.
        Itu bahasa di daerahku.

        Yah, namanya juga ibuk ibuk seenaknya sendiri kalau pakai lampu sein, hadeeeeh.

        Hapus
    15. Duh , gue jadi inget waktu mengendarai motor matic pertama kali . Kalo gak salah matic itu , kalo dinyalain harus di tarik rem tangan nya ya ? waktu itu gue pernah kebablasan . Jadi ya agak trauma pake matic.

      Kebanyakan yang pake matic sih rata rata pelajar sekolah salah satu nya . Itu sih sesuai dengan pandangan gue .

      Malah kalo gue , sekarang lagi enak enak nya pake motor ber kopling.

      BalasHapus
      Balasan
      1. Ya soalnya matic mudah untuk dikendarai, kalau kopling agak susah, biasanya yg belum terlalu mahir bisa mati tengah jalan motornya kalau koplingnya salah. Hehehe

        Aku Alhamdulillah bisa manual, kopling, dan matic

        Hapus
    16. Hehehe
      Ada juga ya tuttorial buat mengendarai motor matic.. Padahal ngegas ngerem doang.. Hehehe
      Tapi bermanfaat nih buat yang baru mau belajar mengendarai motor matic..

      BalasHapus
      Balasan
      1. Yah ada dong, namanya juga blogger personal, isinya ya gak jauh dari hal-hal pribadi dong.

        Ya kan aku nulis tutorial siapa tau ada yg butuh heee

        Hapus
    17. lebih suka manual. Soalnya kalau matic kadang lupa ngerem (kebiasaan pake motor manual, hehe)
      Btw sarannya bisa dicoba mas, tks

      BalasHapus
      Balasan
      1. Kalo aku suka matic tinggal gas mas, kalo manual radak capek.

        Hapus
    18. Wkkwkwkw.. ada tutorialnya juga ternyata .. cara buka jok motornya gimana gan .. belum diajari :v

      BalasHapus
      Balasan
      1. Kalo buka jok tinggal tancepin kunci terus puter deh. Wekekek

        Hapus
    19. Kebetulan adik ane mau belajar motor matic, ane suruh aja dia baca artikel ini biar ane gak cpe2 ngajarin..wkwkwkw

      BalasHapus
      Balasan
      1. Bisa dicoba mas, dengan baca tutorial ini kalo niat pasti bisa kok hehe

        Hapus
    20. Entah kenapa gue lebih suka naik motor manual, meskipun udah bisa 22nya sih. Ngegasnya suka ngagetin abisnya... wkwkwk...

      Baru kali ini ada tutorial cara ngendarain motor, tapi teori dan praktek itu gak semudah itu... :D

      BalasHapus
      Balasan
      1. Kalo aku lebih suka naik matic aja, hehe

        Kalo pakai manual capek gak bisa selonjoran kakinya.

        Hapus
    21. Uhum naik motor matic ya, tambahan nih. Bahwa rem motor matic ada di tangan. jadi bagi yang kebiasan pakai motor koplingan harus diingatkan. Karena percuma aja, kalau nginjak-nginjak motor matic, karena gak bakal berhenti. Hahaha.

      Yang paling harus diperhatukan adalah haluan saat berkendara.. Jangan seenak udel, atau memacu dalam kecepatan tinggi, padahal di tingkungan, jalan bergelombang, atau pas jalanan ramai.

      Dan kalau memang belum punya SIM, jangan nekad bawa motor di jalan raya. Bukan cuma membahayakan diri sendiri tetapi juga orang lain. Sudah banyak contohnya.
      Ini petuah ala kakak yang sering banget nulis kecelakaan di bawah umur.

      BalasHapus
      Balasan
      1. Ya kalau model pengeremannya mirip sepeda, ditangan semua.

        Jangan ugal-ugalan kalo naik motor ntar jatoh nangis, kena razia nangis, bensin abis nangis.

        Hapus
    22. Ciee motornya bagus kak hehehe. aku sih udah bisa naik motor, dan aku juga belajar dari yang manual dulu (karena gk ada motor matic). Memang sih matic lebih gampang, malah smooth. Tapi manual juga ada seni nya hahaha, paling tidak kaki ada kerjaan dikit dibawah :p

      Makasih loh tipsnya, mantap.

      BalasHapus
      Balasan
      1. Ya biarkan kaki beristirhat, niklah motor matic wkekekek.

        Hapus
    23. Yang paling susah itu memancal kickstrarter
      *bener ga tuh tulisannya

      Bisa jengkel sendiri pas mancal tapi ga idup2 mesinnya, rasanya pengen ngebakar motor sendiri pas mancal dan ga idup2 etapi sayang nding heheh

      BalasHapus
      Balasan
      1. Butuh diservis itu motornya biar kalau dipancal langsung nyala hehehe.

        Ya jangan dibakar kan motor sendiri.

        Hapus
    24. Wah ini tutorial yg sangat beguna nih. Hehehehe...tapi gue udah bisa sih motor matic dan manual juga udah pernah nyoba dan akhirnya bisaaa yeayyy..iya bnr kalo uda bisa emang harua berterimakasih sma yg ngajarin. Dulu gue yang ngajarin tuh sepupu gue jadi hus makasih sma dia yaaa...

      BalasHapus
      Balasan
      1. Harusnya sih gitu, jangan lupa berterimakasih sama yg ngajarin. Hehehe

        Hapus
    25. Ternyata tutorialnya gak sebanyak curhatnya ya san haha. iya tuh jangan ditiru yang bawa kendaraan kls 6 sd haha. Jujur saya baca tutorial yg ke-1 itu nyebelin yaa tapi bener haha.

      btw bersih banget kendaraan maticmu san

      BalasHapus
      Balasan
      1. Tutorial yang singkat padat dan jelas dong hahaha

        Kenapa tutorial no 1 kan bener harus punya motor dulu, ya itu abis tak cuci makanya bersih.

        Hapus
    26. Wah tutorialnya gak mainstream nih hehe
      Simple dan mudah dimengerti sama yang awam sekalipun :D
      Nice post...

      BalasHapus
      Balasan
      1. Namanya tutor harus simple dan mudah dimengerti mas.

        Hapus