Gara-gara Tombol Merah

Ini postingan apa sih?  Judul kok gara-gara tombol merah, emang ada apa dengan tombol merah?

Emang siapa yang mau baca postingan tentang tombol merah? 

Yang penting hari ini aku posting,  weeek!! 

Tombol merah yang aku maksud adalah tombol Engine Cut Off (ECO) yang biasanya terdapat pada stang sebelah kanan motor laki, dan warnanya merah.

Posisi tombol ECO saat dimatikan (saat mesin motor nyala)




Kalo di motor matic seperti tombol ISS (Idling Stop System), fungsinya sama yaitu mematikan mesin dengan menekan tombol tersebut.

ECO berfungsi untuk mematikan mesin tanpa memutar kontak (kunci) motor, jadi pada saat di bangjo tinggal tekan tombol merah dan mesin motor mati, tapi lampu tetep nyala dong, kalo mati bisa dimarahin pak pulisi, karena wajib menyalakan lampu saat berkendara.

Posisi tombol ECO saat dinyalakan (mesin motor mati, kelistrikan tetep hidup)



Kan lumayan bisa ngirit bensin pas nunggu detikan lampu yang lama banget, seperti nunggu pacar pas mau nge-date.

Jika lampu sudah warna hijau, tinggal tekan tombol starter dan yak, lanangsung gas pol seperti  pembalap motor heee.

Ngomong-ngomong soal ECO si tombol merah ini aku jadi teringat sama mantan temenku yang agak katrok.

Ceritanya kan dulu aku disuruh nganterin temenku beli motor, pagi-pagi jam 07.00 WIB ujuk-ujuk dia udah nongol di rumahku.

Kan aku jadi njumbul (kaget)

Maklum lah mau beli motor baru ya harus semangat gitu, kalo perlu dealernya belum buka udah dateng duluan ke dealer, hahaha gak-gak, gak segitunya juga kali ya.

Langsung aja aku dan temenku meluncur ke dealer yang jaraknya lumayan jauh, jarak tempuh sekitar 30 meenit dari rumahku, aku boncengan sama temenku.

Whuuuuzzzzz!! 

Oke, udah nyampek dealer yang dituju dan temenku lagi asyik memilih motor yang akan jadi tunggangannya, setelah bla bla bla sama mas-mas salesnya, terpilihlah si vixi hitam yang beruntung.

Setelah deal dan proses pembayaran selesai, kami langsung pulang dan sesampainya di rumahku, temenku yang agak katrok tadi memutuskan untuk pulang.

Ketika aku lagi liyer-liyer mau tidur, tiba-tiba hapeku bunyi, "tululiiit, tululiiit!! (bunyi khas ringtone samsung)" 

Aku jadi kaget dong dan melihat layar ponselku yang sedang berdering, ada nama temenku yang barusan pulang menelponku.


Aku langsung membatin "wah ada apa iki bocah kok telpon" 

Temenku: "San, motorku mogok cuk, wancuk tenan kok.

Aku: "lho, mogok neg endi? Motor anyar mosok mogok."

Temenku: "iyo iki cedak lapngan, pas enggok-enggokan (tikungan)"

Aku langsung saja mau nyamperin temenku, tapi pas lagi mau nyetater motor aku berpikir "hmmm, ki bocah mesti mencet tombol abang."

Terus aku telpon temenku lagi.

Aku: "Jek Mogok gak motore?"

Temenku: "ijek woe, tak pancal, tak setater raiso muni."

Aku: "Kuwi ora mogok, cobo diperikso tombol abang sebelah kanan."

Temenku: "Motor mosok diperikso, emange loro opo pye?" O iyo iki tombole abang kepencet, wes iso muni saiki, sorr y yo ngrepotke."

Aku: "hmmm, yowes ndang muleh ojo mampir-mampir ngko neg mati meneh."

Itulah salah satu kejadian jika orang belum paham apa itu tombol ECO dan apa kegunaaannya, makanya sebelum berkendara baca buku panduan biar gak kayak temenku.

Masak gara-gara salah pencet jadi bingung kan gak lucu, heee padahal motor baru kan aneh ya.

Tapi bukannya aku ini juga gak katrok lho, aku juga pernah mengalami hal yang sama dengan tombol merah.

Waktu itu pas aku kelas 2 SMA aku pinjem motor vixi masku, pas mau tak setater kok gak bisa, bensin tak isi 2 liter masih gak bisa, setelah tak otak-atik ternyata gara-gara tombol merah.

Sebenernya ulahku sendiri sih, naruh helm di spion dan gak sengaja kepencet tombol ECO, hahaha

MEMALUKAN!!

Namanya aja gak tahu, motor juga minjem, kamu juga pernah kan mengalami hal yang sama kayak aku? Hayo ngaku aja.

Tapi kalo kamu gak pernah ya syukur deh, berarti kamu cerdas dan beruntung, hahaha.

Apa jangan-jangan kamu gak punya motor laki, atau jangan-jangan lagi kamu gak bisa naik motor kopling?  Hihihihi.

Pokoknya kalau kamu mau berkendara, cek dulu kondisi motormu, seperti tekanan ban, rem, bensin dan lain-lain, usahakan kamu dalam keadaan waras ya.

Kata pak polisi gak boleh berkendara dalam keadaan mabok lho? Beneran deh aku gak bohong.

Berkendara selamat sampai tujuan itu emang yang diinginkan pengendara, makanya safety riding ya kamu.

Jangan lupa berdoa juga, supaya selamat sampai tujuan, dan jangan ugal-ugalan di jalan. Lebih baik hati-hati yang penting nyampek dengan selamat.

Ingat, keluarga menanti dirimu di rumah.

Selamat menjalani hidup!!

20 Responses to "Gara-gara Tombol Merah"

  1. Wah bang motorku ga da tombol merahnya
    Adanya tombol kuning
    Kok beda y?
    Apa jgn2 motornya g sama?
    Sumpah dah g ngerti dialognya bang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang kok bisa jadi kuning apa kesiram kutek kuku ya om.

      Maklum aku orang jawa om, jadi pakai dialog jawa.

      Ya nanti tak perbaiki biar semua orang paham deh.

      Hapus
  2. punya ane kok gak ada ya gan tombol merahnya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf, khusus motor laki om,

      Kalo matic ya gak ada, apalagi bebek. Heee

      Hapus
  3. Gue juga sering nih mainan tuh tombol bhahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lho ngapain dimainin mbk,

      Ntar bahaya lho
      Hahaha

      Hapus
  4. gue juga salah seorang pengguna motor laki
    pernah kejadian dulu waktu gue bonceng cewe gue...
    cewe gue nagih minta ajarin... pas gue turun dari motor gue selalu kebiasaan matiin motor pake ntu tombol... pas cewe gue coba dianya kebingungan knp motornya kagak bisa hidup...
    dan pas gue baca ni post.. gue baru tau kalo gue punya cewe katrok hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkakakak cewekmu katrok? makanya diajarin biar gaul.

      Emng ni tombol bisa bikin orang pinter jadi mendadak hilang ingatan.

      Hapus
  5. aku malah baru tau ttng tombol itu, katrok bgt nih :D
    habis selama ini motor nya bebek mulu, nda pake motor laki, hehe

    saya belum pernah ngendarain motor laki, jd paling blm paham jalanin motor kopling tuh gmn, wkwk parah nih.. latian ah :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi sekarang udah tau kan fungsi tombol merah itu?

      Ya kayaknya kamu harus latihan deh mas biar gak naik bebek terus hehe

      Hapus
  6. Haha, belum pernah nglamin sih. Tp waktu awal" blajar naik motor laki, seringkali mati" gara" telat masukin kopling atau gasnya kurang, apalagi pas disetopan lampu merah, panik dah. Yg belakang pada nglaksonin kayak mau ngedemo

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berarti belum canggih tuh naik motornya, main koplingnya harus pas saat masukin gigi biar gak mati, ntar malu dong pas boncengin pacar di jalan tiba-tiba mesin mati gara-gara salah mainin kopling. Heee

      Hapus
  7. gw gatau motor dan gw gangerti motor hahhahah.. but, nice info XD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo gak ngerti ya belajar mbk, biar ngerti.

      Kalo perlu ajaran naik motor sekalian biar merasakan serunya mengendarai motor di jalannan.

      Hapus
  8. HAhaha, aku ngakak pas di bagian dialog, 'wancuk tenan kok', kamu orang mana bro?

    Jujur aku sampai sekarang aja juga belum tahu loh apa fungsi tombol merah itu. Yaa baru tahu dari baca postinganmu ini juga. Soalnya aku juga jarang pake motor cowok, jadi agak nggak familiar. Berarti aku sama ndesonya dengan temenmu itu yaa haha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku orang jawa tengah mas, tepatnya Purwodadi Grobogan.

      Ya sebelume aku juga gak tau fungsinya, tapi setelah beli motor vixion jadi tau deh fungsinya hehe

      Hapus
  9. gue pernah ngalamin pas pake kopling, karena gue nggak tau peraturan kopling gitu, pas gue lagi naik ke atas, eh koplingnya kebanyakan harusnya cuman 2 apa ya, gue pakenya 4.alhasil, si motor cuman ngeden doang kagak jalan...udah gitu lagi macet lagi. kan maluuuu bingits. yah, namnaya juga pas itu motor boleh pinjem alias bukan punya sendiri. hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sini mbk tak ajarin, biar gak malu di jalan hahaha

      Iya harus pas mbk, jangan asal lepasin kopling ntar motornya gak jalan lagi haha

      Hapus
  10. Wah baru tau kalo motor jaman sekarang udah secanggih itu. Motor gua motor Honda Bebek tahun 2005 soalnya, hahaha, udah ketinggalan jaman banget. Dari dulu pengen belajar bagaimana cara nyetir motor kopling, cuma belom ada kesempatannya nih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. dicoba aja mas, kalo mau latihan pasti bisa. ya semakin tahun motor semakin canggih aja hehehe

      Hapus