Mudahnya Membuat Sate Pentol

Siapa yang masa kecilnya suka makan sate pentol? Atau bahkan sampai sekarang masih suka aja nyegatin abang-abang yang jualan sate pentol di depan rumah.

Memang jajanan yang satu ini selain harga murah juga bisa bikin kenyang, anak-anak kecil sampai dewasa juga suka makan jajanan yang bentuknya bulat ini.

Biasanya abang-abang penjual sate pentol mangkal di tempat yang ramai anak-anak, seperti di depan sekolah dasar bahkan di sekolah menengah atas juga banyak ditemui penjual sate pentol.

Aku waktu kecil juga sering makan jajanan ini kok, kalo ada suara "tuliiiit!!  tuliitt!! " bisa dipastikan aku langsung lari sambil teriak "Lek!! Pentol lek!!", hahaaha memang begitu caranya biar lebih greget.

Kalo kamu gimana cara manggil abang-abang sate pentol? Teriak-teriak juga gak? 

Pernah suatu hari temanku yang agak nakal teriak-teriak manggil abang pentol, eh pas abangnya berhenti dia lari ngumpet, haha dasar anak kurang ajar dia. 

Tapi harap maklum masih anak kecil, sukanya bercanda dan gak mikir dulu sebelum bertindak, untung abangnya sabar dan gak marah.

Beberapa hari yang lalu tanggal 5 Oktober 2016, aku lagi maen di rumah temanku sekitar ada 6 orang, daripada iseng kita mau bikin sate pentol ala anak-anak cowok yang kurang kasih sayang ini. Hahaha kasian ya kita.

Ets, jangan kamu kira kalau cowok gak bisa masak lho, sebagai anak cowok yang ngganteng dan manis aku bisa juga masak yang gak kalah enak sama masakan cewek. Ya paling kurang asin dikit lah ya heee. 

Oke,  langsung saja aku jelaskan cara-cara mudah bikin sate pentol. Disimak baik-baik lho, kalo kamu bacanya teliti pasti bisa kok, jangan takut mencoba.

Langsung saja.

Bahan-bahan :

1. Tepung kanji setengah kg
2. Tepung terigu 1 kg
3. Telur 4 butir

Bumbu-bumbu:

1. Bawang merah 10 butir
2. Bawang putih 8 butir
3. Merica
4. Garam secukupnya
5. Masako 2 bungkus
6. Micin (penyedap rasa)

Oke, langkah membuat adonan :

Pertama, campur tepung kanji dan terigu jadi satu, tambahkan air secukupnya.

Kedua, campurkan juga irisan daun seledri agar lebih sedap.

Ketiga, aduk-aduk pakai tangan biar merata dan lihat hasilnya seperti gambar di bawah:

Adonan tepung terigu yang dicampur tepung
kanji dan dicampur irisan daun seledri.

Setelah adonan jadi bisa dibuat bulat-bulat ukuran sesuai keinginan. Jangan lupa masukan irisan telur yang sudah diceplok kedalam adonan yang sudah bulet.

Jika sudah selesai adonan bisa dilihat sebagai contoh gambar di bawah :

Adonan yang sudah dibikin bulet-bulet.

Setelah selesai membentuk adonan, rebuslah air di panci sampai mmendidih, lalu masukan semua adonan ke dalam rebusan air dan tunggu sampai adonan sate pentol mengambang.

Jika sudah mengambang semua kemudian pindahkan ke dalam panci untuk dikukus, tunggu beberapa menit sampai sate pentol benar-benar mateng.

Jika semua sudah matang silahkan pindahkan sate pentol di piring atau wadah lainnya. 
Oke, sate pentol siap dinikmati :

Sate pentol siap disantap bersama keluarga
atau bisa juga dengan pacar kamu.

Mudahkan cara buat sate pentol, jika kamu minat bisa buat sendiri di rumah. Caranya mudah kok, bahannya juga mudah dibeli di toko dekat rumahmu.

Daripada beli kan lebih asyik kalo bikin sendiri, lebih ada seninya gitu. Jadi anak muda jangan bisanya cuma nongkrong dan bikin rusuh, mbok ya sekali-kali lakukan hal positip.

Mungkin jika suatu hari kamu lagi (nyidam pentol) kan bisa bikin sendiri, bisa bikin ibumu bangga heee.

Sudah ah tulisan aku hari ini, masih banyak yang ingin aku bagikan ke kamu, jangan khawatir pokoknya tunggu tulisanku selanjutnya ya.

Buat kalian yang mau dukung aku bisa tulis komentar di kolom yang tersedia, bisa kan caranya komentar heee.

Selamat menjalani hidup!!







43 Responses to "Mudahnya Membuat Sate Pentol"

  1. Tutorialnya yang bermanfaat mas, bisa saya praktekan di rumah'.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oke, silakan dipraktekan di rumah ya, biar jago bikin pentol.

      Hapus
  2. Balasan
    1. Kalo pengen buat sendiri, carane gampang kok kalo niat heee :D

      Hapus
  3. Hooo itu pentol ya namanya. Kalo di tempatku cilok. Hehehehe. Enak emang tuh sore-sore pas dingin abis hujan gituu. \(w)/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kalo tempatmu daerah mana mas? Kok namanya cilok, biasanya bikin sendiri atau beli hayo?

      Makan pas hujan ditemani teh anget.

      Hapus
  4. enakan beli mas, tinggal lheeep

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ni yg bikin temenku, aku juga tinggal lhebb

      Hapus
  5. Eh ada typo tuh di paragraf 3 agak fatal nilainya hehe. Kok di depan sdku dulu gak ada yang jualan sate pentol2 gini. Apa sdku ada di planet mars, jadi beda?

    Dan kenapa nyebutnya sate pentol ya? Aku agak nganu aja dengan kata pentol. Ini semua gara2 waktu aku mau ke jogja naik bus AKAP yang sepanjang jalan muter lagu ala2 dangdut pantura. Dan di sana si biduan sexy nyanyi lagu dangdut yang judulnya ngidam pentol. Itu ternyata sangat merasuk psikisku. Aku jadi ngeri tiap denger kata pentol.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwk maap iya itu tulisane malah sate pentil, jadi ngilu nih bacanya.

      Biasanya yg ada itu di depan SD pedesaan, kalo SD kota jarang ada sih.

      Sama makanan enak kok ngeri sih.

      Hapus
    2. Anu aku bukan ngeri sama makananya, tapi namanya. Ternyata nama juga menentukan selera haha
      Mungkin kalo satenya ada di depanku, tanpa membahas namanya aku akan makan dengan enak enak ajasih

      By the way sate pentol itu sejenis cilok bukan sih, yang makannya enak kalo pake bumbu lacang gitu

      Hapus
    3. Beda mbk, ini isinya telur kok mbk.

      Yg pasti enak jika dimakan pakai sambal kacang.

      Hapus
  6. Pentol? Aku Biasa Nyebutnya Cilok Ka :)
    Pass Pertama Liat Sih Aku Kaya kenal Eh Pass Udah Baca Sampe Selesai Ternyata Aku Tau Klo itu Cilok hhehe

    Tutornya Berguna Bgt Ka :) Jgn"an kaka Tukang Cilok lagi Wkwkkw *Pesen 1 ka hhehe*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo di Desaku namanya Pentol,

      Aku gak jualan cuma iseng bikin bareng temen-temen aja kok heee

      Beli bisa bikin juga bisa.

      Hapus
  7. Anjay, jajanan favorit sampe sekarang nih. Apalagi yang udah pake bumbu pedes.
    AKu suka yang tahu pentol, yang luarnya tahu dalemnya diisi pentolnya. Biar lebih maknyuss rasanya haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang ini adalah jajanan favorit anak anak, sampe orang dewasa juga.

      Di sini juga ada tahu pentol, tapi bentuknya segitiga, soalnya udah dipotong kecil-kecil, pake saos extra pedas biar hot.

      Hapus
  8. Wiih masak, ini biasanya cowok-cowok ngumpul buat main entah kmana.. nah ini 6 cowok ngumpul buat masak, hehe luar biasa

    Dari resepnya udh kerasa gurih bgt itu, haha apalagi ada masako dua bungkus ama micin juga... boleh donk sini pentolnya dikirim, mau icip2 rasanya :D

    Namanya pentol yah klo di situ, klo saya pahamnya itu cilok, hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Namanya anak muda kreatif, daripada ngelakuin hal yang gak baik kan mending bikin sate pentol.

      Gak hanya sate pentok, masakan lainpun kami juga bisa hehehe

      Hapus
    2. nah gini donk, anak muda kreatif :D
      btw kan mau tahun baru, kumpul2 lagi aja buat masak yang lain...
      hehe pasti asik tuh

      Hapus
    3. Biasanya bakar bakar ayam kalo malem tahun baru mas, sama makan pentol bakar yg super pedes hihihi

      Hapus
  9. OM ITU TYPO OM JADI PENTIL YA ALLAH...

    wah dari tepung semua nih, kalo di tempat gue namanya sih salome, kalo pentol itu ada campuran dagingnya gak tepung semua :))

    BalasHapus
  10. Wkwkwkw, aku juga gak tau kalo typo cuma beda satu hurup bisa jadi beda arti yang cukup mengerikan hahaha

    Salome itu apa ya? Aku malah baru denger mas.

    BalasHapus
  11. DEK TOLONG ITU TYPONYA MASYA ALLAH. EDIT GIH, NANTI KEBURU VIRAL :'))))

    aku suka pentol lhoo. BANGET. AKU KALO LAPAR TRUS MALES MAKAN NASI BIKINNYA PENTOL :'))))))))))))
    untuk menghindari typo yang sangat ambigu, enaknya dipanggil cilok aja kayak org sunda yakkkk hahahha

    http://www.fujichan.net/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ekwkwk iya mbk ntar tak edite lah.

      Bisa bikin pentol(cilok) juga ya mbk, apalagi pas ujan ujan gini mbak, bikin rame-rame pasti nikmat,
      Saosnya ditambah saos sambal kacang hehe

      Hapus
  12. Oh... aku kira di jawa gak ada yang namanya 'Pentol', ternyata juga ada ya xD. Aku taunya disini Pentol itu Cilok, jadi Cilok sama Pentol itu sama ya?

    Kalau di Kalimantan dulu sih mamang mamangnya emang nyebut jajanan ini pentol, dan pas nyampe Jawa aku taunya Cilok.

    Hm, jadi inget dulu Ibu di rumah suka bikin Pentol, lumayan lah bisa makan pentol banyak dengan sehat. Dengan adanya resep ini, bisa lah kapan-kapan di kos bareng temen-temen bikin :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di Kalimantan ada juga ternyata, wah pentol udah ada di mana-mana nih hehe

      Ya bikin sendiri lebih irit dan sehat, kan bisa patungan mas, jadi bisa juga menambah skill memasak.

      Hapus
  13. Wah gue baru tau nih namanya sate pentol, taunya pentol korek. Keknya enak ya tuh, pantesan bkcah sd banyak yg suka, recomendedlah buat bikin sendiri.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo pentol korek itu yg buat nyalain api kan.

      Entah apa yg bikin anak-anak suka sama jajanan yg satu ini heee

      Mungkin karena murah dan yg jualan keliling kampung, lebih efisien gitu.

      Hapus
  14. adi laper,

    dulu wkatu kecil makannya cilok. *mungkn beda zaman* lol

    tapi kayaknya simpel buat dicoba~

    BalasHapus
  15. Sate pentol? Baru dengar nih, selama ini aku kemana aja yah?!! Hahahaa... :D

    Maklum, di kampungku ng ada yg jual sate pentol.. yg adanya sih sate biasa atau sate kacang, atau sate padang.. :D

    Kelihatannya enak tuh, pengen nyoba.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah sate padanng enak mbk, sate pentol juga enak yg penting bumbunya pas hehehe

      Hapus
    2. Hahahaa... iya, yang penting tukang buatnya pintar bikin sate.. :D

      Hapus
    3. Kalo gak pinter bikin gak usah dibeli mbk hehehe

      Mending bikin sendiri kalo bisa sih.

      Hapus
  16. kalau pentol di sini pakai campuran daging. Baik daging ayam atau sapi. Dan laris di sini. Pendapatan penjual pentol itu tiap harinya mencapai 300ribu lho. Bisa jadi ladang usaha ciamik kan??

    kalau bikin sendiri aku masih males, kecuali pas idhul adha, kan dapat daging banyak tuh. Hahaha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang penting udah pernah bikin mbk, daripada beli kan ya mending bikin rame rame heheh

      Hapus
  17. Gue juga suka dengan jajanan yang satu ini karena rasanya juga beda gitu.Bahkan sampai sekarang gue kalo lagi olahraga di stadion menyempatkan diri untuk membeli makanan yang satu ini.

    Pentol itu sama dengan cilok kan ? , kadang gue gak terbiasa aja ngomong "pentol" karena sering ngomong "cilok".

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin beda tempat beda penyebutan nama mas, yg penting rasanya enak ya wekekek

      Hapus
  18. Pentooool, jajanan favorite gue pas SD dulu. Selalu, pas keluar maen ini nih yang gue beli terus. Abis beli pentol gue beli dah es tebu, uh jam istirahat yang membahagiakan~

    Kapan kapan ahh bareng nyokap bikin ini juga, tapi kalo beliau lagi gak sibuk hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eemang rumah mu daeeah mna mss? Kok ada penjual pentol juga hehehe

      Emng klo bikin sendiri lebih nikmat

      Hapus
  19. wah, mantep san
    bisa nih dicoba..
    kali aja gue cocok jadi pembisnis sate pentol :D

    tapi itu beneran kan resepnya ?
    lu dah coba bikin ?
    enak gak hihihi

    thanks san infonya
    gue coba deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya bener lah, kan aku pas mau buat mesti beli bahan bahan di warung dulu hehehe.

      Tergantung adonan sesuai keinginan biar rasanya mantab.

      Jualan di deket sekolahan pasti laris

      Hapus