Antara Tivi Error vs Sleepwalking



Aku pengen cerita.

Gini aku punya tivi di kamarku, ukurannya 14 inch, tergolong ukuran layar yang kecil dibandingkan tivi masa kini yang layarnya itu lebar kayak layar yang untuk menjemur gabah, bentuknya tabung, ada speakernya, dan ada tombolnya di bawah layar.

Tiviku ini emang sudah lama dari aku masih suka nonton Power Ranger di minggu pagi waktu SD, sehingga remot aslinya udah rusak deh, aku belikan remot yang bisa untuk segala merk tivi baru dua minggu udah rusak, aku beli lagi baru seminggu rusak.

Kemudian aku memutuskan untuk membawa remot tivi yang rusak tadi ke tukang servis elektronik, siapa tahu masih bisa dibenerin, tapi kata abang tukang servis emang kwalitas remotnya jelek.

Aku malah disuruh beli lagi remot di tokonya.

What??

Padahal pemakaian remot juga wajar, gak aku ketok-ketok kayak ibu-ibu kalo mau mindah chanel, (tapi kenapa ya kalo remot tivi gak bisa, terus remot tersebut diketok-ketok, dan criiing ajaibnya langsung bisa berfungsi) hmmmb masih menjadi teka-teki sampai sekarang. Mungkin ada yang tahu?

Oke, fine aku sudah muak, aku sudah nyerah dengan yang namanya remot tivi, aku putuskan buat gak beli lagi remot tivi yang aneh itu.

Aku masih bisa nonton tivi dengan memencet tombol yang ada di bawah layar tivi kok. Tiap mau mindah channel aku harus bangun dari tiduranku dan mendekati sebuah benda kotak yang berjarak sekitar 1,5 meter dari kasurku, demi memindah channel yang lain, tapi kamu tahu kenapa setiap channel satu iklan, channel yang lain juga ikutan iklan? Apa emang stasiun tivi udah bekerjasama ya?? Masih menjadi teka-teki.

~~~~~

Oke, kebiasaan nonton tivi tanpa remot udah aku lalui selama dua bulan, ya menurutku sih ada baiknya juga aku jadi harus banyak gerak dan gak tiduran mulu kalau sedang nonton tivi.

Bisa sambil olahrga gitu, jadi aku gak akan jadi anak yang mager (males gerak).

Tapi akhir-akhir ini aku mengalami kejadian yang aneh, dan kadang menjadikan aku ini berfikir apakah di kamarku ada mahluk lain yang ikutan nonton tivi ya?

Biasanya kan aku nonton tivi tanpa remot dan tiap ganti channel harus mendekat ke tivi, aku akhirnya terkena juga yang namanya mager, sekarang lebih suka nonton satu channel itu-itu aja tanpa aku pindah kalau pas lagi iklan.

Sampe aku lupa mematikan tivi karena aku ketiduran, tapi anehnya setiap aku bangun pagi tiviku yang mungil itu sudah dalam keadaan mati, dan matinya itu seperti dimatiin pakai remot.

What the mpret??

Iya, karena lampu indikator (standby) kecil itu masih nyala merah, biasanya kan aku matiin dengan cara mencet tombol yang bulet itu tivi mati dan lampu indikator juga ikutan mati.

Lalu siapakah yang mematikan tivi tersebut?

Ibuku = Gak mungkin kalo ibuku, soalnya aku kalo tidur pintu kamarku tak kunci, dan pada kejadian itu pintuku juga masih terkunci rapat.

Timer = Ini juga gak mungkin, emang sih biasanya aku suka kasih timer mati otomatis biar tivi mati sendiri, tapi itu pas masih punya remot, lah ini kan aku gak pake remot, apa jangan-jangan tivinya perhatian sama aku dia matiin dirinya sendiri?

Tivi rusak = kalo emang tivinya yang rusak kenapa saat ini masih bisa nyala, gak mati mendadak juga pas aku lagi nonton.

Mahluk lain = #@/?/#@% (hah?? Kok tiba-tiba keyboardku tadi gak bis buat nulis)

Setelah beberapa kali mengalami hal yang aneh tersebut, aku mencoba mengerjai tiviku tadi, aku nyalakan tiviku dan aku tinggal tidur di kamar sebelah, kamarnya berada tepat di samping kamarku.

Sekitar jam 22.00 WIB aku masih bisa mendengar kalo tivi tersebut masih menyala, semakin malam semakin mencekam (hehe gak gak), aku berharap tiviku mati sendiri dan menjawab pertanyaanku selama ini, tapi apa yang terjadi? Ya terjadilah.

Sudah 2 jam aku memantau tivi tersebut dari kamar sebelah dan tivinya masih menyala, kok gak mati-mati ya, akhirnya aku tertidur dan keesokan harinya aku bangun langsung mengecek kamarku.

Apa yang terjadi? Kamu tahu?

Tivi tersebut masih nyala, dan aku makin bingung kenapa kalo aku tidur di kamarku tivinya tiba-tiba mati, tapi kalo tak tinggal tidur di kamar sebelah kok masih nyala.

~~~~~

Sebenernya sih aku juga gak terlalu mikirin kejadian itu, tapi memang sangat aneh, kemudian suatu hari aku berfikir apakah diriku yang ganteng dan imut ini tidur sambil jalan (sleepwalking) ya?

What??

Tidur sambil jalan?

Gangguan tidur berjalan atau somnabulisme (sleepwalking) adalah suatu kondisi dimana seseorang bangun dan berjalan saat sedang tidur.

Ada juga yang mengalami pas tidur kemudian mengambil handphone dan membuka chat, bahkan membalas chat seseorang dengan keadaan setengah sadar.

Penyebab gejala sleepwalking salah satunya kurang tidur.

Apa mungkin gara-gara aku kurang tidur ya, kan aku kalo malam sering pertandingan PS sama temenku, mulai jam 19.00 sampai jam 01.00, terus aku kurang tidur akhirnya aku tidur sambil jalan, ya entahlah aku juga tidak tahu.

Atau mungkin ketika aku harus beranjak dari kasur untuk memindah chanel dan mematikan tivi menjadi kebiasaan yang menjadikan aku tidak sadar, kalau sebenernya aku sendiri yang mematikan tivi tersebut.

Kalo emang tiviku itu yang matiin aku sendiri dalam keadaan setengah sadar berarti gak ada mahluk lain yang mematikan tiviku.

Semenjak kejadian itu aku sebelum tidur mematikan tiviku dulu biar pas bangun gak kaget karena tivi mati sendiri.

*****

Aku juga punya tetangga bernama Lek Pin yang punya kebiasaan tidur, katanya beliau juga pernah mengendarai sepeda dengan setengah sadar (tertidur), karena udah banyak yang bilang begitu. Ya aku percaya dong, hehe.

Ya udahlah memang kita ini manusia hidup di dunia penuh dengan kejutan-kejutan dan kejadian yang aneh-aneh, biar hidup kita makin berwarna kayak motif bunga yang ada di pakaian dalam siapa ya? (waktu itu pas aku lewat aku lihat di jemuran)

Itulah cerita yang ingin aku sampaikan kepada kamu.

Apakah kamu pernah mengalami kejadian seperti yang aku alami?

Kalau pernah silakan share di kolom komentar di bawah ini ya?

Selamat menjalani hidup.

19 Responses to "Antara Tivi Error vs Sleepwalking"

  1. hahahhaha remot diketok langsung hidup itu karena baterainya yang kurang pas dengan posisinya.

    yha.....mungkin pas lo tidur lo nggk sadar klo lo mencet tombol off dalam keadaan mengantuk, karena itu sudah menjadi kebiasaan lo mencetin tombol TV tanpa remot saat lo sadar.....hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berarti kamu juga ngetok-ngetok remot juga kalo pas lagi error ya mas hahaha

      Iya aku harap juga gitu, masak tv tiba-tiba mati sendiri kan gak masuk akal.

      Hapus
  2. Saya juga pernah bawa motor sambil setengah tidur. tiba-tiba udah nyampe aja hehe untung bisa selamet.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah mantab sekali mas, kira-kira apa ya yang membuat kita bisa tidur sambil melakukan sesuatu?

      Hapus
  3. Kalo saya biasanya buang air kecil sambil setengah tidur, biasanya kalo kebelet banget tapi masih ngantuk hehehe. Saya juga masih punya tivi seperti itu, udah dari jamannya bapak ibu saya menikah, dan masih berfungsi sampai sekarang (walaupun hanya tombol on/off nya saja yg berfungsi)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo itu aku juga pernah, mungkin udah gak tahan banget sampe kebangun.

      Iya nih tivi dari jaman aku SD masih awet sampe sekarang, kadang tv LED malah gampang rusak hahahha

      Hapus
  4. Hahahaaa... aku sih sering, kalo remotnya ng berfungsi, tinggal diketok-ketok terus, ampe remotnya kadang dikasih karet, udah pada mau copot semua..
    Mending sih beli tivi baru, yg inc-nya besar, sekalian tuh dapat remote baru.. Nggak akan horror lagi, sebelum tidur bisa langsung matiin TV-nya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha iya itu ilmu dari mana ya ngetok-ngetok remot kok jadi bisa berfungsi lagi ya, ini tivi bersejarah haha sampe sekarang belum pernah rusak, sayang kalo diganti yang baru.

      Mau beli belum kerja juga, pake tivi ini aja deh.

      Hapus
  5. Masih selalu jadi misteri. Tapi besar kemungkinan sepertinya sleepwalking deh. Kalau widya sendiri juga pernah ngalaminnya tiba-tiba liat hape sendiri wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya emang sleepwalking mb, hee

      Kadang aku juga suka mencet hp tanpa aku sadar, cz seingatku aku lagi tidur.

      Hapus
  6. itu Diketok" Remotnya Supaya Nyala Lagi Wkwkwkw Aku Sering Tuh ka


    Anjirrr Keren Juga Klo Orang Bener" Ngedarain Motor Sambil Tidur.
    Klo Jalan Sambil Tidur Sih Wajar Wkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya tapi kan gak ada tutorialnya kalo mengetok-ngetok remot bisa berfungsi lagi. Hehe

      Iya sih bisa mengendarai sepeda, bukan motor, bisa kok tetanggaku, karena beliau ngantukan. Hahaha

      Hapus
  7. wew bener juga, siapa tau bisa tidur sambil berjalan
    kan kita gak tau apa yang kita lakukan saat setengah sadar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah iya kak, aku gak sadar apa yang aku lakuin kalo tidur.

      Sekarang kalo malam sebelum tidur aku matiin tivi dulu hahaha.

      Hapus
  8. tu remot kayaknya gagar otak deh, perlu sedikit benturan biar normal kembali haha
    sama kayak tiviku dirumah, tp sekrang udah jarang nonton tv, tp sering streamingan haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau streamingan kan pakai kuora bro haha

      Hapus
  9. Masak remot punya otak, ya emang hampir dimanapun remot pasti jadi korban ketok-ketok haha

    BalasHapus
  10. Kalo menurut saya sih mengenai tipi.. biasanya tipi suka abis program tuh barang sejam atau dua jam di waktu dini hari.nah pas itu biasanya tipi otomatis standby kalo layar tipinya warnawarni ga jelas gitu. Kalo tentang remot di ketok ketok sama ibu2 itu biasanya batrenya longgar jadi pas diketok kembali ke posisi normal akhirnya berfungsi. Dan tentang celana dalam gambar bunga itu punya saya tolong besok jangan liatin kemuran saya lagi. Makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. ternyata channel tivi tersebut otomatis mati sendiri kalau progamnya udah selesai bro haha,

      iya kadang suka heran aja kalau remot dikrtok kok malah bisa lagi hahaha

      Hapus