5 Usaha yang Cocok Saat Musim Hujan

Air turun dari langit, disertai petir yang menyambar-nyambar, menandakan bahwa saat ini adalah musim penghujan.

Kata guruku waktu SD musim hujan di Indonesia berlangsung antara bulan Oktober sampai April, disebabkan oleh berhembusnya angin Muson Barat dari Benua Asia menuju ke Benua Australia, dan saat ini adalah bulan Desember pastinya masih dalam kondisi musim hujan kan.

Ngomongin soal hujan, pasti dulu kalian waktu kecil sering main hujan-hujanan, main sepak bola di lapangan depan SD saat hujan deres biar bisa sleding tackle kayak di Captain Tsubasa wekekekek.

Ada juga yang suka main air, berenang layaknya perenang profesional, main njebur ke kali yang arusnya lumayan gede, tanpa khawatir semua itu dilakukan dengan gembira.

Namun dibalik kegembiraan itu kamu harus siap-siap kena menu spesial langganan dari Ibu yaitu omelan dan nasihat yang setiap habis main menembus telingamu wekekek.

Lupakan sejenak masa kecil yang penuh suka dan omelan, kali ini aku akan membahas sebuah bahasan khusus orang dewasa hehehe.

Anak kecil yang belum cukup umur sebaiknya belajar dan main aja, nikmati masa kecil kalian. Lho kok jadi ngomong sama anak kecil gini to san. Ya gak apa-apa siapa tahu ada anak kecil nang mampir ke blogku ini, kan sekarang anak-anak SD udah pada main internet.

Kali ini Kakak Santo menulis sebuah artikel mengenai (baca judul udah ketahuan) usaha yang cocok saat musim hujan.

Horeeeee!!

Menurut analisaku usaha yang cocok saat musim hujan sedang berlangsung yaitu :



1. Cuci Kendaraan

Kalo usaha yang satu ini pasti kamu sudah tahu kan, itu lho tempat yang buat nyuci kendaraan (motor, mobil, truck, dll). Biasanya kalo hujan kan kendaraan yang dikendarai pasti kotor kena lumpur, kena cipratan air hujan yang menggenang di jalanan.

Nah, ketika banyak kendaraan yang kotor, otomatis orang-orang butuh tempat yang bisa mencuci motor mereka, kalo bahasa kakak Beta (Ok Clean) dikasih bersih gitu wekekek.

Jika kamu ingin membuka usaha, salah satunya tempat cuci kendaraan ini, modalnya juga gak terlalu gede, sekitar 10.000.000 sudah bisa jalan, soalnya temen di desaku juga udah buka tempat cuci kendaraan kok.

Biasanya kalo musim hujan gini pelanggan bertambah dibanding musim kemarau, kalau kemarau paling kendaraan cuma kena debu, tinggal dilap kan beres, beda kalau udah kena lumpur, kena air kan harus dicuci, biar kinclong seperti baru.

Silakan dipikirkan dulu kalau mau buka tempat cuci motor, pilih tempat yang setrategis dan bisa juga dengan mempekerjakan 2-3 karyawan biar kamu gak kecapekan. Untuk sekali cuci biaya Rp 7.000 (motor) dan Rp 20.000 (mobil)



2. Laundry

Buat yang males umbah-umbah (nyuci baju) biasanya akan mengumbahkan baju kotornya ke laundry kan, apalagi saat musim hujan saat ini, pakaian kadang gak kering sempurna dan menjadikan baju bau apek. Kan jadi malu kalo pas lagi kencan baju bau apek wekekek.

Tidak ada salahnya kamu mencoba usaha laundry, sekarang di Desaku juga banyak kok usaha laundry, kalau di kota besar sih udah buuuanyak ya, gak peduli musim hujan atau musim kemarau tetep rame.

Laundry di desaku juga cukup rame, aku dulu sebelum punya mesin umbah-umbah juga sering ke mbak-mbak laundry yang ada di desaku. Cukup menunggu 1-2 hari pakaian kotor udah jadi bersih, rapi, dan wangi hehehe.

Kalau sekarang aku udah jrang ke laundry, paling kalau pengen mencuci bed cover sama kemul (selimut) yang tebel baru tak serahin ke mbak-mbak laundry. Soalnya washing machine yang ada di rumahku cuma muat 6 kg baju kotor, pernah tak paksa buat nyuci selimut sampai gak muter, kan kasihan dipaksa kerja gak sesuai ukuran wekekek.

Kok aku malah jadi curhat ya, jika kamu minat bisa buka usaha laundry saat musim hujan, kalau musim kemarau juga masih bisa kok soalnya semakin banyak orang yang males umbah-umbah semakin ramai usaha laundryanmu. Untuk sekilo laundry biaya Rp 3.500.



3. Pande Besi

Bagi kamu yang hidup di daerah pedesaan dan mayoritas penduduk bekerja sebagai tani pasti gak asing dengan yang namanya pacul (cangkul). Ya senjata utama pak tani buat mencangkul sawah.

Biasanya kalau musim hujan gini para petani di desa mulai mencangkuli sawahnya yang nantinya akan ditanami padi.

Terkadang cangkul yang umurnya sudah tua akan mengalami ketumpulan, jika buat nyangkul hasilnya gak maksimal deh.

Untuk itu para petani akan menyervis cangkulnya biar performanya maksimal lagi, dan yang bisa memulihkan performa cangkul yaitu pak pande besi. Kalo bahas inggrisnya ironsmith hehehe.

Di desaku juga ada pak pande besi yang sampe sekarang masih eksis di dunia perpandean. Kalo lagi musim hujan gini garapannya banyak, bukan hanya dari dalam desa bahkan luar desa juga mempercayai keahlian pak Kardi.

Terkadang jika beliau sedang bekerja aku memperhatikannya, momen yang aku tunggu ketika beliau sedang melakukan penggerindaan pada ujung pacul, dan menghasilkan percikan api seperti kembang api.

Aku kira jika kena percikan api tersebuat kulitku akan terbakar, ternyata tidak, wekekek.

O iya untuk satu pacul biasanya dibanderol Rp 7.000 sampi Rp 10.000 tergantung lama dan tingkat kesulitan.

Kalau kamu pengen buka usaha ini sepertinya harus latihan dulu deh, harus punya skill biar hasilnya maksimal.



4. Jual Jas Hujan

Buat yang malu kalau pakai jas hujan, siap-siap aja basah kuyub dan kedinginan. Karena jas hujan sangat penting bagi pengendara motor ketika musim hujan seperti saat ini.

Tapi kalau bagi pengendara mobil sih gak perlu pakai jas hujan, karena sudah aman di dalam mobil gak kepanasan dan gak kehujanan, makanya beli mobil hehehe.

Jika kamu tertarik untuk buka usaha jual jas hujan, maka inilah saat yang tepat, karena para pekerja yang naik motor akan meembutuhkan jas hujan.

Beda dengan anak sekolah, mereka lebih seneng kalo naik motor sambil ujan-ujanan apalagi kalau udah boncengan sama gebetan, waah gak peduli besoknya terkena penyakit pilek wkekekek.

Untuk usaha jas hujan kamu bisa menambah jual helm, sarung tangan, cover bag (jas hujan versi tas), untuk harga jual jas hujan sekitar Rp 50.000 - sampai Rp 150.000 tergantung jenis dan merk, kan ada yang model kelelawar dan model baju.

Model kelelawar itu cuma atasan aja, gak ada celananya, jadi ketika dipakai akan membentuk seperti sayap kelelawar (bener gak aku ya)  hihihi.

Kalau model baju ya kayak kamu pas pakai baju ada atasan dan ada celana.



5. Jualan Gorengan dan Minuman Hangat

Usaha yang satu ini juga banyak muncul ketika musim hujan. Biasanya kan hawanya dingin dan butuh kehangatan. Apalagi jika mau beli makanan males keluar rumah.

Kamu bisa memanfaatkan situasi tersebu buat berjualan gorengan dan minuman keliling. Tenang gak usah mikir capek kalo jalan kaki, kan bisa muter pakai motor.

Ketika sore-sore sekitar jam 15.00 sampai jam 18.00 kamu bisa muter keliling desa buat memasarkan produk gorenganmu, apalagi masih dalam kondisi anget pasti banyak yang beli.

Di desaku juga banyak kalau menjelang sore sampai magrib banyak abang-abang yang keliling jualan gorengan dan minuman. Ada bakso mini, sate, gorengan dan lain-lain, terkadang ada juga penjual tahu bulat yang digoreng dadakan di mobil wekekek.

Untuk modalnya juga gak terlalu gede, cukup Rp 1.000.000 udah bisa jalan kok, asal jangan dimakan sendiri aja, pasti untung daganganmu.

Kamu bisa menjual Rp 500 per satu gorengan. Kalau ukuran yang gede jual Rp 1000 juga gak masalah. Yang penting saat cuaca dingin anget-anget datang hehehe.

Sepertinya hanya itu yang bisa kakak Santo sarankan, mungkin masih banyak lagi usaha yang cocok pas musim hujan.

Baca juga: Bangun Bisnis Onlinemu dengan ArdHosting

Hujan adalah berkah dari Tuhan, tetapi terkadang juga menjadi musibah, jadi sebagai manusia harus bisa menjaga alam ini supaya mau berteman dengan manusia.

Jangan sering merusak alam karena jika sudah marah, alam ini bisa mengamuk dan manusia akan rugi sendiri. Sedikit nasihat dari kakak Santo.

Jadi, tunggu apalagi kalau kamu sudah siap dan mau jadi pengusaha bisa pilih salah satu usaha di atas. Jika sukses jangan lupa beri kabar bahagia sama aku ya.

Kakak Santo capek, mau istirahat dulu sambil dengerin kicauan burung, wekekekek.

Selamat mencoba usaha saat musim hujan.



58 Responses to "5 Usaha yang Cocok Saat Musim Hujan"

  1. Yang paling mantap yg terakhir tuh, gorengan laris manis model murah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, karena jika sedang dingin gorengan jadi favorit masyarakat hehehe.

      Apalagi kalo disantap dengan kopi.

      Hapus
    2. Iyap betul, apalagi dihidangkan bersama kopi hangat.

      Hapus
  2. Iya bener tuh, cuci kendaraan di kota saya ramai sekali. Saya sampai bingung mau cuci di mana. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena banyak orang punya kendaraan, maka munculah usaha cuci kendaraan hehehe.

      Hapus
  3. kalo ditempat gue yang paling laku itu gorengan sama jas hujan

    kalau laundry disini normal normal aja masih hihih

    tambahin lagi.. usaha ojek payung :D
    cocok buat musim hujan tuh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ojek payung? Cocok tuh buat kamu zhie, wekekekek.

      Daripada nganggur, kan siapa tahu ada mbk mbk yang butuh ojek payung.

      Hapus
    2. gue kan kagak nganggur san :D

      wah kalo mbak mbak nya cakep..
      gue payungin sampe pelaminan juga oke :D

      Hapus
    3. Maunya menang banyak hihihi.

      Laporin bu satpam loh. :v

      Hapus
  4. kalo tempat ku cuman gorengan sama londry

    itu klo car wash sama loundry berarti sekalian mandi ujan dong wkwkkw :v terus masuk angin hahaha

    by the way klo gua pribadi selama musim ujan itu males main kerumah rumah, cuman main hape doang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah ngpain di rumah, takut kehujanan ya. Bukannya kamu suka main hujan hujanan. Wekekek

      Hapus
    2. suka sih, tapi karena udh gede, jadi malu klo dilihat org lain ujan ujanan

      Hapus
    3. Knp harus malu, tutupin dong hihihi

      Hapus
  5. kalo di sini gorengan sama laundry. Banyak banget jasa laundry di sini, sudah banyak yang malas mencuci hahaha.
    Tetapi lima tips usaha yang kamu sebutin itu bagus juga. Tapi kalau pande besi? ituu... ehem... kayaknya agak gimana gitu. Di sini para pande besi banyak yang ganti profesi. Sudah nggak pandelagi. Mungkin butuh sekolah lagi. Loh?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya soalnya aku udah menemui usaha tersebut di desaku mbk.

      Kalo pande besi masih ada kok di sini.

      Hapus
  6. Eh, jangan lupakan ojek payung! Tapi sekarang udah jarang sih ojek payung begitu2, sepertinya tersingkirkan oleh zaman. Btw, sepertinya Pande Besi ngga cuma khusus di musim hujan. Tapi di semua musim hehehe kan kalo kemarau biasanya untuk nanam jagung (?)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya emng ada ojek payung, tapi udah jarang ada, karena orang memilih pakai jas hujan. Atau kalau bisa juga pakai jasa taksi online hihihi.

      Hapus
  7. Wah, emang cocok banget hujan-hujan gini cari yang anget-anget. Boleh juga nih ide usahanya.

    BalasHapus
  8. Saran donk ka santo.. Gambarnya taro dibawah judul jangan di atas judul.. Aku jadi gagal paham antara judul sama gambar hehhe..

    Emang cocok bgt tuh jualan jas hujan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oke saran diterima.

      Ya km coba jualan jas hujan kali aja sukses.

      Hapus
    2. Siap thank :D

      Waduhhh, Ku ngga ahli dalam bejualan hehhee

      Hapus
    3. Semua orang harus bisa menjual kemampuan dirinya wekekekek.

      Hapus
  9. Makan gorengan memang ccocok di saat hujan.. Trlebih lg laundry sngt membantu disaat hujan... Jas hujan jg sangat cocok apalagi bagi org yg sering berpergian...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cocok semua berarti mas, wah jadi pebisnis aja dong.

      Hapus
  10. laundry sangat cocok menurut saya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apalagi kalo di area perkantoran, kos kosan pasti banyak yg melaundrykan baju.

      Hapus
  11. jaul jas hujan pasti jos banget sumpah :D

    BalasHapus
  12. Car wash cocok buat usaha semakin banyak kendaraan di jalan akan semakin banyak orang yg cuci mobil

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas, usaha yg menjanjikan ya hehe

      Di desa juga banyak usaha cuci motor.

      Hapus
    2. Iya mas, apalagi musim hujan seperti sekarang, laris deh.

      Hapus
  13. dr pilihan di atas yg paling enak itu yg carwash tuh klo menurut saya :D
    lebih cepat menghasilkan, hehe dan tidak musiman juga... sebab pas kemarau pun bakal cuci mobil karena banyak debu. duh jd pngen buka carwash, wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silakan dicoba mas, bisnis yang menjanjikan nih.

      Hapus
  14. cocok nih kayanya dagang gorengan sama minuman hangat hehe
    soalnya yang paling cocok saat hujan itu makan gorengan sambil minum kopi wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali mas, modalnya juga gak terlalu gede udah bisa buka usaha dagang gorengan dan minunan hangat.

      Hapus
  15. Wah yang terakhir tuh recomended banget menurutku. Kalo ujan kan emang bawaannya laper, baper, pengenya ngemil mulu, gorengan anget sama segelas susu anget, beuhhh surga dunia itu udah! Gak ada yang bisa ngalahin nikmatnya

    BalasHapus
  16. mantap, jual jas ujan sama dagang gorengan recomend bgt tuh, wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah kalo mantab bisa dicoba tuh mbk, modalnya juga gak terlalu gede udah bisa buka.

      Hapus
  17. intinya selalu da hikmah disetiap kejadian xD

    BalasHapus
  18. Seperti gak ada beban pikiran ya mbk, nikmat pokoknya hihihi.

    BalasHapus
  19. Buka warung gorengan boleh juga apalagi ditambah bisa delivery order. wih asik kan? atau nggak bisa pesan melalui go-food dan semacamnya. dijamin laris-laris dah tuh hehe. Anyway, medok banget ya mas bahasanya, ada kata umbah-umbah segala lagi. Unik dan keren :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ide bagus itu bisa ada layanan delivery wkwkwk.

      Ya aku kan orang jawa mbk, biar otang tahu kalo aku itu bisa bahasa Jawa wekekek.

      Hapus
  20. Wahahaha agak kesel juga itu ada 'pandai besi'. Sama sekali nggak kepikiran.
    Ada satu lagi sebenernya yang bisa jadi usaha saat hujan: jasa pemberi pelukan.

    Halah. Baper.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya emng ada kok di desaku pandai besi kalo musim hujan rame orderan mas, wekekekek.

      Kalo pemberi pelukan kayaknya belum ada deh hehehe

      Hapus
  21. kayakny yang paling laku itu jasa cuci mobil sama laundry ya :D
    kalau aku jajan gorengan sama minuman anget bisa tiap hari soalnya, gak tergantung musim lol :D #doyan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pantesan km gendut, makan gorengan mulu sih hihihi

      Hapus
  22. Sesungguhnya usaha yg paling baik disaat hujan yaitu tidur~

    BalasHapus
  23. Sangat inspiratif sekali ya mas wqwq.
    Desamu itu dimana toh? Udah modern ya, ada tukang laundry segala.
    Kalo aku sih mendingan ngirit pake baju pad musim hujan, supaya nggak kehabisan baju.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jawa tengah, Purwodadi mbk.

      Yah udah ada dong, dibilang kota ya gk kota, tapi juga gk terlalu ndeso hihihi.

      Hapus
  24. Masih bingung nih... kok usaha Pandai Besi bisa cocok di Musim Hujan??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya kan kalo musim hujan banyak yang mau nanam padi, jadi cangkul harus diservis ke pandai besi.

      Hapus
  25. Jas hujan tuh, dibutuhin kali sama orang yang banyak bepergian ke luar, karena ga semua orang nyediain mantel di dalam motor atau dirumah.

    Makan gorengan di kala musim hujan, unch sungguh enak. Tambah lagi kan segelas kopi creamy, oh sungguh, nikmat tuhan mana lagi yang engkau dustakan~

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nikmat sekali mas, ya yang punya mobil sih gak perlu jas hujan hahaha.

      Berhubung banyak yang punya motor, jas hujan masih laris.

      Hapus
  26. Wah kalo jas hujan udah sangat pasti tuh hahaha.Ada satu lagi yang kurang,TUKANG OJEK PAYUNG dulu gue sering ngeliat dan itu lumayan menguntungkan.

    Kalo laundry ada bener juga nya ya , soalnya kan kalo hujan bingung jemur dimana,dan pasti akan kebanjiran orderan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo ojek payung di daerahku aku belum pernah lihat hehehe

      Ya kalau laundry udah pasti laris, soalnya kan cepet kering dan wangi.

      Hapus