Rasakan Ketangguhan Yamaha R15, Jagonya Motor Sport


Suatu hari di desa yang tentram dan damai, hidup seorang anak muda tampan dan keren bernama Slamet, ditambah dengan tunggangannya kuda besi yang begitu keren dan kencang yaitu Yamaha R15.

Siapa si Slamet? Gak penting banget deh bahas si Slamet. Tunggu dulu ada yang ingin aku bahas kok, kali ini kakak Santoz mau ngebahas soal motor sport yang keren dan kencang itu lho? Yak betul Yamaha R15.

Motor sport yang satu ini adalah keluaran dari Yamaha pada tahun 2014 di Indonesia. Kamu tentu sudah gak asing lagi dengan Yamaha, yaitu produsen motor asal negeri Sakura yang fokus pada produk sepeda motor, dengan tagline "Revs Your Heart". 

Revs Your Heart 


Memang tidak bisa dipungkiri, akhir-akhir ini banyak anak muda yang mengidamkan motor sport yang tangguh dan gagah, untuk memenuhi kebutuhan tersebut Yamaha mendesain motor R15 dengan mengadopsi teknologi MotoGP dan menyasar segmen motor sport.

Yamaha R15 ini hampir mirip dengan New V-ixion, terbukti dengan spesifikasi yang sama-sama menggunakan mesin 150cc dan rangka Delta Box yang kokoh. Yang menjadi pembeda adalah full fairing yang menjadikan R15 semakin gagah dan sporty.

Desain gagah dan sporty terlihat dari body luar, motor sport pertama kali di Indonesia yang menggunakan Alumunium Banana Swing Arm, dan untuk dapur pacunya menggunakan mesin SOHC (Single Over Heat Camshaft) berkapasitas 149.8cc yang memberikan daya dorong lebih gesit dan lincah.

Banana Swing Arm


~~~~

Gimana makin penasaran sama motor yang satu ini?  Oke kita lanjutkan pembahasan ke desain.

Untuk desain seperti yang kamu ketahui R15 mengusung tema full fauring ala MotoGP, menggunakan dual headlamp yang menambah kesan gagah. Jangan kaget jika kamu punya motor ini dan lampu depan hanya menyala satu saja. Itu memang pada mode jarak dekat, jika ingin keduanya menyala gunakan mode jarak jauh.

Tangki yang berukuran 12 liter dan di samping kanan kiri terdapat logo garputala khas Yamaha mempercantik tampilan motor sport ini. Tak hanya itu tutup tangki model rata juga menjadi ciri motor sport Yamaha, seperti tangki milik new v-ixion.

Tutup tangki model rata


Di bagian jok memang dibuat terpisah antara pengemudi dan penumpang, di mana posisi penumpang lebih tinggi daripada pengemudi, jika kamu ingin mengubah menjadi single seat, bisa membeli aksesoris tambahan untuk penutup jok penumpang.

Dengan stop lamp yang menggunakan lampu LED menjadikan lampu makin terang dan terlihat sporty yang paling penting lebih awet daripada lampu bohlam.

Untuk desain body memang terlihat seperti motor balap khas Yamaha, dengan model stang jepit yang mempernyaman saat berkendara jarak jauh dan cocok untuk menyalip dan menikung.  

~~~~

Lanjut aja ke bagian spedometer, pada bagian ini terdapat beberapa indikator yang mempermudah pengguna motor ini. Terbagi menjadi 2 model, yaitu analog dan digital.

Untuk model digital berada di sebelah kiri yang terdapat lampu indikator Netral, Turn Indikator, Lampu Tembak (hi beam), MIL (Malfuntion Indicator Lamp) dan Indikator Overheat. Di bagian bawahnya terdapat layar digital indikator kecepatan km/jam, odometer dan bahan bakar.



Sementara itu di panel bagian kanan yang berbentuk bulat terdapat angka-angka dan jarum indikator warna merah berfungsi sebagai petunjuk RPM, dengan adanya kombinasi kedua panel tersebut menjadikan pengemudi mudah memahami spedometer R15 yang dirancang canggih dan sporty.

~~~~

Rangka delta box yang ringan namun kokoh masih menjadi pilihan untuk motor sport Yamaha. Delta box sendiri terbuat dari baja ringan, jadi jangan heran jika motor sport ini terasa ringan dan bisa melaju kencang meskipun tampilannya berbobot.

Ngomong-ngomong soal bobot, R15 mempunyai bobot 136 kg (tangki kosong), dan dimensi panjang 1.975 mm, lebar 660 mm dan tinggi 1.070 mm, motor ini tidak terlalu tinggi masih ideal buat konsumen di Indonesia.

O iya hampir lupa, kalau jarak terendah ke tanah (ground clearance) motor ini adalah 160 mm, jadi sangat cocok untuk medan aspal maupun aspal yang sudah rusak dan berlubang, jangan khawatir kalau nantinya akan kepentok tanah.

~~~~

Nah, pada sektor kaki-kaki menggunakan dua jenis suspensi yang berbeda, untuk bagian depan menggunakan suspensi Teleskopik dan bagian belakang menggunakan suspensi Link Type Monocross sehingga nyaman saat dikendarai, meskipun di jalan yang berbatu dan bergelombang. Untuk menambah kenyamanan saat dikendarai motor ini mempunyai velg racing tapak lebar dan menggunakan ban tubeless (tidak menggunakan ban dalam) dengan ukuran ban depan 90/80-17 dan ban belakang dengan ukuran 130/80-17.

Dengan ukuran ban yang cukup lebar menjadikan pengendara lebih stabil dalam bermanuver di tikungan tanpa takut tergelincir. Untuk sistem pengereman menggunakan dua cakram depan dan belakang. Untuk piringan depan meenggunakan ukuran berdiamaeter 245 mm dan cakram belakang berdiameter 220 mm. Wah lebih aman saat melakukan pengereman.

~~~~

Wah, kali ini Kak Santoz akan membahas mengenai mesin yang digunakan R15, meskipun kencang tapi tetap irit. Apa sih rahasianya? Kalau rahasia ya gak dikasih tahu ke orang lain. Aku hanya ingin memberi informasi saja hehehe.

Yamaha membekali R15 dengan mesin SOHC 4 valve (katup) berkapasitas 149.88cc dan berpendingin cair. Dengan mesin tersebut mampu mengeluarkan tenaga yaitu 12.2 kw setiap putaran 8.500 rpm (Revolutions Per Minute), dan mencapai puncak maksimum torsi 14.5 Nm (Newton Meter) setiap putaran 7.500 rpm.

Kemudian tenaga yang dihasilkan akan disalurkan melalui sistem transmisi kopling manual yang mempunyai 6 percepatan (6 gigi). Meskipun gesit dan cepat tapi jangan khawatir untuk bahan bakar gak bikin kantong bolong, karena sudah menggunakan teknologi Fuel Injection yang irit bahan bakar. Semakin keren kan motor Yamaha R15 ini. Sudah keren, gagah, gesit, irit lagi.

Belum bisa beli, cuma bisa numpang foto


~~~~


Untuk harga Yamaha R15 dibanderol Rp 31.050.000, harga yang cukup terjangkau untuk motor sport keren dan kencang seperti R15. Jika kamu ingin memiliki motor keren ini bisa hubungi dealer-dealer terdekat di kotamu. Dan rasakan ketangguhan Yamaha R15, jagonya motor sport.

Sumber gambar: nmaxriders.wordpress.com
Foto pribadi.

72 Responses to "Rasakan Ketangguhan Yamaha R15, Jagonya Motor Sport"

  1. motor moge yang sangat gua idam idamkan dari dulu yaitu R15.....hehe

    desainnya yang sportif, sangar, banter yang membuat gue tergila gila ama motor yamaha R15.

    terimaksih kak santo atas informasinya ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Manntap pokoknya, serasa naik motor balap.

      Tapi janngan ugal-ugalan ya. Bawa SIM sama helm.

      Hapus
    2. R15 masih menjadi angan anganku karena aku masih smp ^_^

      Hapus
    3. Ya semoga kalau udah SMA bisa tetwujud.

      Hapus
  2. Mantap motornya, dari dulu pengen beli mas. Mudah-mudahan suatu saat bisa kebeli.. Terlihat keren naiknya ya mas.. hee

    BalasHapus
  3. Keren dan sporty banget desain motornya! :D
    Asik nih kalau jalan-jalan pakai motor ini. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya emng keren mas hihihi
      Kayak di tipi kan.

      Hapus
  4. anjay... keren nih motor... suka lah...
    rencananya sih pengen ngubah motor vixion gue jadi r15.. tapi apalah daya itunya tidak lebih hanya sekedar cukup :v

    btw nice lah san nih post...
    informasinya lengkap...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tinggal kasih baju tu motor vixion mu zhi, ntar mirip R15.

      Makanya nabung wkwkwk

      Hapus
    2. kasih baju gimana san :D

      nabung sih nabung
      cuman tabungannya buat keperluan yg lain

      astaga... gue semakin ngiler sama r15....

      Hapus
    3. gue sedikit berpendapat...

      lu cocok juga san pake motor r15 :D

      Hapus
    4. Kasih baju (fairing) zhi biar vixionmu mirip R15.

      Dulu aku juga punya vixion kayak punya kamu, wah emng aku ini cocok kalau naik motor apapun, karena aku motorable wkwkwkwk.

      Hapus
    5. udah pake fairing san motorku :D cuman gak yang full
      rencananya sih ada entar lanjut modifikasi, mungkin lanjutnya ke bagian jok dulu. Masih milih antara beli single seater atau yang double :D

      Hapus
    6. Beli aja yg cover single seat zhi, biar ntar binimu gak bisa bonceng, terus tak bonceng pakai matic ku zhi wakakak

      Hapus
    7. njay, kalo aku pakai single, paling kalau istri aku ikut, bakal aku pangku didepan...

      lagian single seat kan bisa bongkar pasang :v

      Hapus
    8. Pangku? Wah jadi pengen nih hihihi

      Hapus
    9. makanya jangan terlalu lama ****l* ahahahaha

      eh udah liat r15 yang terbaru gak, widih keren banget san..
      tambah ngiler
      motor sport dari yamaha yang paling aku suka san

      Hapus
    10. Iya yang sekarang emng lebih kece zhi, lebih garang bodynya.

      Hapus
  5. R15 mah, motornya bikin cewek susah kedip kalo pas kita lewatnya make itu. XD GUe belum nyobain, sih. Soalnya temen belum ada yang punya. Mau beli sendiri duitnya sayang. XD

    Cuman, ngeliat pengalaman mas santo nyobain R15 kok aku jadi pengen juga, ya. XD Semoga bisa nyobain juga, ding. Biar pengen belinya kuat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cewek klo gk kedip kyak apa mas? Haha

      Ya mas heru beli dong biar makin keren. Hihi

      Hapus
  6. Sepekan lalu sempet nyobain naik R-15,tapi cuma bonceng sih. Hehe. Bodynya sih emang keren, tapi aku tetep gak mau beli, soalnya gak bisa naik motor sport. Hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Body nya kayak motor balap mas.

      Klo gk bisa kan latihan dulu biar bisa toh.

      Hapus
  7. Aaah ini bukan tipe motor impian gue, hehe. Gue malah lebih suka sama motor sportnya buatan Honda, tapi itu impian gue di masa depan. Tapi andaikan gue punya uang pun sekarang, gue gak bakalan beli motor sport, karena konsumsi bensinnya cukup gede.

    Btw gue pengen punya temen yang punya R15, biar bisa nebeng tiap hari, dan tau rasanya senasai naik R15, hehe. Infonya keren abis, tapi pas tiba penyebutan harga R15 yang mencapai 30an juta, gue langsung down. Ahaha, itu hanya untuk kalangan atas, anak muda.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harga segitu termasuk.terjangkau buat motor sport sekeren R15 mas, hehe

      Ada yg lebih mahal lagi kok.

      Hapus
  8. Motornya keren sih tapi gue gak suka wqwq .
    Gue orangnya simpel gitu, jadi kalo naek kuda besi macem gini rasanya bakal kerepotan wqwq.

    Ga tau kenapa gue lebih suka motor yang kaya motor bebek atau matic biasa gitu.

    Selera gue cetek banget ya wq ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya selera tiap orang beda mas, yang penting bisa naik motor udah bagus hehe.

      Hapus
    2. Iyasi bener tapi gue ngerasa cupu aja gitu ehek

      Hapus
    3. ga mau pokoknya harus gitu titik !
      *lah ngambek

      Hapus
    4. Haha ya nanti tak boncengin pakai R15 mas, haha becanda.

      Hapus
  9. Njir! Yang lagi naek motor itu elo ya? HAHA

    Btw, keren sih!! Tapi agaknya jauh dari gue deh. Gue lebih suka motor yang standar2 aja. hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan kok, itu yang naik motor si Slamet, hehe itu aku deng.

      Gimana udah keren kan, udah bisa gantiin boi wiliyem di sinetron kan hahaha.

      Hapus
  10. Dari kecepatan larinya lumayan cocok buat gue yang doyan ngebut :D bodinya juga keren, cocok lah buat cowok keren kayak gue :v Apalagi suara gas nya, kalau sudah di gas para cewek pun mulai berterbangan menghampiri :v

    Tapi kalau setelah ngelihat paling bawah, harganya kurang terjangkau kantong buat gue. Mungkin gue bakalan mulai menabung biar bisa ngebeli R15.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf cewek sekrang sukanya sama setir bunder, (mobil) wkwkwk

      Gak doyan naik motor panas dan kehujanan hihihi.

      Hapus
  11. Uwaah cakep dah kayak pembalap. Cuma ya motor sport kayak gini pasti nggak murah harganya, pernah liat juga ada cewek yang pake motor ini waktu di lampu merah, kece badai. Emangnya itu nggak berat yaaa? motor sport bukannya berat? diliat dari bodynya sih gitu.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emng keren, aku gitu.

      Ya kalo didorong berat lah, kalau dikendarai enteng dan kenceng.

      Hapus
  12. Haii kak Santos, maafkan daku yang gak ngerti soal motor motor macam ini. Apalagi soal mesin, soal merk juga begitu ngerti.
    Yang penting bensin pul, dan motornya bisa jalan. Sederhana yak?

    Terkait motor motor macam anak jalanan ini aku aku gak minat. Haha. disuruh mbonceng juga gak minat. Udah pasti melorot dan susah naiknya, apalagi kalo pake rok. Hahaha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hay juga kak vera, ya kalau naik motor pengennya simpel ya.

      Ini motor khusus jiwa muda yg suka dengan kecepatan dan geberan yg menggetarkan jiwa haha.

      Hapus
    2. Hahaha aku magh ogah aja, keselamatan nomor satu pokoknya. Sukses lah ya kontesnya.

      Hapus
  13. Sekali lihat harganya. Wow. Kayanya masih betah pake matic aja.
    gak kepikiran ganti motor dulu.

    Baru tau kalo motor model gini. Kalo lampu jarak dekatnya cuma nyala satu lampu. Gue kira motor si boy anak jalanan itu lampunya mati sebelah. Hhaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya jangan kaget ya kalau lampu nyala sebelah. Soalnya mode low beam hehehe

      Hapus
  14. duh bisaan kieu review motor. Gua mah nggak ngerti sama sekali lah soal ginian. Nggak ngerti... Ampun suhu.... Yang pasti, postingan ini bermanfaat dan menambahkan ilmu gua.

    BalasHapus
  15. walopun gue nggak gitu ngerti tentang motor dan gue cuman naik motor matic doang kayak perempuan biasa, tapi dari tamplannya aja udh bisa diliat kalo motor ini keren banget, aplagi buat cowo macho makin macho daahhh yang nggak macho juga jadi macho (dikit) hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih udah dibilang macho mbk. Emang tidak bisa dipungkiri aku udah terlahir ganteng.

      Hapus
  16. Saya akui motor ini keren, walaupun saya adalah orang yang nggak ngerti motor.
    Hehehe. Saya lebih senang naik motor yang simple, Mas. Antara motor matic atau motor bebek. Hehe. Mungkin karena saya baru beberapa kali nyoba motor gede kali, ya? Atau mungkin memang saya bukan pecinta motor.

    Btw, ini review yang bagus. Cukup detail dan membuat saya mengangguk karena 'kagum' dan 'baru tahu'. Mantap.

    BalasHapus
  17. Selera orang beda mas, ya ini emng motor sport yang canggih dan kencang.

    Lha ini aku juga pinjem punya temen mas, tapi naik motor R15 nyaman mas.

    BalasHapus
  18. pernah nyobain naik punya teman, emang asoy sih apalagi buat ngebut wkwkwk. sementara ini bersyukur dulu naik vixion, toh sama2 150cc :'))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas, sama-sama 150cc.

      Ini emang mirip vixion berfairing.

      Hapus
  19. ini yang harus orang tahu tentang motor baru keluaran yamaha..

    menurut gue ini bakal jadi saingan ketatnya CBR 150 saingan ketat lah. kek leging artis dangdut hahaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nih dua pabrikan motor ini saling bersaing di semua segmen, terutama segmen motor sport.

      Hapus
  20. Ga ngerti soal motor, taunya cuma matic sama motor bebek doang aku mah :((

    Tapi misalnya punya pacar yg punya yamaha R15 terus diboncengin kemana-mana juga boleh tuh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan sedih gitu mbk hahaha

      Ya kalo diboncengin pakai motor keren ini tiap sore pasti seru haha

      Hapus
  21. Motorku juga Yamaha sih, tapi bukan R15 hehhee.
    Ini cocok buat para lelaki yang ingin berkendara stylist tapi tetap safety ya. kerenlah pokoknya Yamaha ini. Harganya wow banget huaaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya cocok bannget mbk buat laki-laki berjiwa macho.

      Naik motor yang utama itu keselamatan mbk, meskipun kencang tapi keselamatan prioritas utama.

      Hapus
    2. Cocok buat suamiku berarti, eeeh hehehe
      Iya penting keselamatan nomer 1. Good luck Santo

      Hapus
    3. Iya coccok banget mbak, hahaa

      Iya thanks ya mbk Mei.

      Hapus
  22. Ternyata harga motor sport mahal juga ya. Cuma sebagai anak cewek, ada pertanyaan yang selalu muncul tiap kali aku menemukan cowok cowok naik motor sport, termasuk adikku sendiri yang kebetulan bisa punya motor sport.

    Apa sih yang bikin kalian merasa gganteng saat naik motor sport? Perasaan seperti apa?

    Soalnya kadang nih, sebagai anak cewek, kalo duduk diboncengan motor sport itu pegel lho.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya motor sport kan tampilannya gagah, keren dan sporty.

      Kalau cewek kan ya tinggal mbonceng dibelakang aja hahaha

      Gak bisa merasakan sensasi naik di depan. Coba aja deh coba.

      Hapus
  23. Aku pakai mio GT saja deh....pas gak ketinggian... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga punya mio GT di rumah mas, hehe

      Naik R15 juga oke kok, keren dan irit lagi.

      Hapus
  24. Gue suka model motor ini.Setahu gue kalo bawa motor gede gini,itu harus dibawa dengan "kecepatan" karena kalo dibawa "lambat",itu terasa berat banget.

    Kalo motor idaman gue sih R25 nya,tapi ini bisa jadi alternatif kok.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kalo pelan rasanya berat, apalagi di jalan yg kurang rata dan berbatu.

      R15 juga sudah keren kok mas, tangguh dan lincah.

      Hapus
    2. Nah itu dia,kadang gak enak aja gitu namanya juga MOGE , ya harus di ajak kencang sih ya.

      Hapus
  25. Saya pelanggan setia Honda nih, hehe, selama ini pake motor selalu pake punyanya Honda. Ini postingan buat lomba / berbayar ya? Semoga sukses deh, semangat terus ya nulisnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas, sekali-kali boleh dong pakai Yamaha.

      Biar bisa merasakan ketangguhan motor Yamaha.

      Hapus
  26. 31 juta terjangkau?
    hahaha ini motor impiannya cowoku dari zaman kuliah..
    keren sih tapi gw risih klo naik motor ginian. tempat duduknya tinggi bgt dah, risih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Motor keren kok risih hihihi

      Kalau cowok sih naik R15 merasa keren, kalau cewek kok gak suka kenapa?

      Hapus