5 Cara Mendapat Manfaat Dari Local Guides

Ketika kita ingin pergi ke suatu tempat pasti lewat jalan kan? Asalkan kita naik kendaraan darat. Kalau naik kapal lewat laut, kalau naik kapal terbang ya lewat udara Hehehehe.

Aku pergi ke suatu tempat yang belum pernah aku kunjungi sebelumnya, tentunya aku belum tahu jalan mana yang akan aku lewati. Jika kamu pernah mengalami atau ingin mengalami kejadian seperti yang aku alami, gak usah khawatir, kan ada aplikasi Google Maps.

Dengan menggunakan bantuan Google Maps kamu bisa mendapat petunjuk jalan yang akan kamu lewati suapaya sampai tujuan, hati-hati di jalan biar selamat ya.

Ngomong-ngomong soal Google Maps kamu bisa juga kok berkontribusi membantu para pengguna Google Maps untuk menemukan tempat-tempat di sekitarmu. Seperti Tempat ibadah, restoran, tempat wisata, dan lain-lain.

Caranya gimana San?

Bagi kamu yang punya smartphone bisa langsung daftar menjadi Local Guides atau pemandu lokal.

Apakah Local Guides?

Local Guides adalah program dari Google yang memberikan bonus kepada kamu yang ikut membantu memberikan informasi tentang daerah sekitarmu di Google Maps, nantinya orang yang membuka Google Maps dapat menemukan tempat yang belum pernah dikunjungi sebelumnya.

Bisa digambarkan seperti ini, kamu adalah putra daerah di suatu desa, nah kebetulan ada orang dari luar daerah yang berkunjung dan ingin tahu apa saja yang ada di daerahmu, sebagai penduduk asli tentu kamu lebih tahu dan bisa berbagi informasi kepada orang yang dari luar daerah.

Sudah paham kan dengan penjelasanku. Kalau belum ya dipahami pelan-pelan, memang semua itu butuh proses, gak semudah mendapatkan cinta dari dirinya. Hahaha malah jadi baper gini sih.

Cara menjadi Local Guides:
  • Pertama, kamu harus punya akun Google+ yang valid.
  • Kedua, kamu harus berumur minimal 18 tahun.
  • Ketiga, mendaftar jadi local guide melalui Google Maps.
  • Keempat, mengikuti dan menyetujui syarat dan aturan-aturan dari Google Local Guide.
   Baca dong: (Review) Smartfren Andromax A2, Baterai Besar 4000 mAh

Cara mendaftar menjadi Local Guides:
  • Pertama, buka aplikasi Google Maps di smartphone kamu.
  • Kedua, pilih menu Kontribusi Anda. 



  • Ketiga, isilah kotak pendaftaran dengan menulis kota tempat tinggalmu, jangan lupa centang syarat dan ketentuan dan klik Mulai.



Setelah berhasil kamu akan dapat ucapan selamat bahwa kamu sudah terdaftar menjadi pemandu lokal. Nah, langkah selanjutnya mulai berkontribusi membantu orang lain agar mudah menemukan tempat-tempat penting di sekitarmu.



Selanjutnya kamu bisa mendapat bonus dari Google dengan cara berikut ini:

1.Tulis Ulasan.

Kamu bisa menulis ulasan tentang suatu tempat untuk memudahkan orang lain memahami tempat tersebut.

2.Tambahkan Foto.

Tambahkan foto pada tempat-tempat yang sudah ada di Google Maps, terkadang ada tempat dengan foto versi lama, kamu bisa menambahkan dengan foto terbaru tempat tersebut. Contoh sekolahan, tempat ibadah, tempat wisata.

3.Tambahkan Tempat.

Nah, kamu bisa menambahkan tempat yang belum ada di Google Maps, jadi jika ada tempat penting di daerahmu bisa kamu tambahkan untuk mempermudah orang lain menemukannya.

4.Edit Tempat.

Bukan hanya bisa menambahkan tempat saja, kamu juga bisa mengedit tempat yang sudah ada, seperti jam buka, nomer telepon, dan foto. Jika kurang lengkap kamu bisa melengkapi dan memperbaiki informasi tempat tersebut.

5.Jawab Pertanyaan.

Dalam menjawab pertanyaan kamu disuruh menjawab tentang bagaimana keadaan dan detail suatu tempat, seperti jam buka, pengunjung khusus pengguna kursi roda, akses ke tempat tersebut, dan masih banyak pertanyaan lainnya. Tentunya kamu harus menjawab sesuai yang kamu ketahui ya, jangan dijawab ngawur. Hehehe.

Nah, kelima cara di atas yang bisa kamu lakukan sebagai pemandu lokal dan kamu bisa mendapat manfaat dari Google tentunya. Dalam Local Guides setiap kamu mengulas, mereview, menambahkan tempat dan foto kamu akan mendapatkan beberapa point yang berbeda.

Setiap point yang terkumpul bisa menaikkan level pemandu lokalmu. Semakin tinggi levelmu maka semakin banyak manfaat yang kamu dapat.

   Baca dong: Info Lomba Blog Desember 2017, Berhadiah Motor Matic

Manfaat apa sajakah itu?

Ada 5 level yang mempunyai manfaat berbeda-beda.

Level 1: 0+ point

  • Mendapat informasi ekslusif melalui buletin Google.
  • Berpartisipasi dalam lokakarya dan Hangouts yang diselenggarakan oleh Google.
  • Di negara tertentu kamu dapat mengikuti kontes ekslusif yang diadakan Local Guide.
  • Bergabung dalam percakapan Local Guides Connect.


Level 2: 5+ point

  • Mendapatkan akses awal ke produk dan fitur baru Google.
  • Mempromosikan pertemuan yang kamu selenggarakan sendiri di kalender Local Guides.


Level 3: 50+ point

  • Membuat semua orang melirikmu di Google Maps dengan Lencana Local Guides atau Badge Local Guides.
  • Berpeluang untuk memenuhi syarat untuk menerima promosi.


Level 4: 200+ point

  • Menerima penyimpanan Google Drive gratis selama satu tahun.
  • Berpeluang memenuhi syarat untuk ditampilkan di saluran resmi seperti: Facebook, Google+, Twitter, dan lainnya.


Level 5: 500+ point

  • Mendaftarkan diri untuk menghadiri konferensi tingkat tinggi local guides level 5.
  • Berhak dan berkesempatan mengakses produk dan fitur terbaru Google sebelum diluncurkan ke publik.
   Baca dong: Harga dan Spesifiaksi WiFi M5, Bisa Jadi Power Bank

~~~~

Banyak kan manfaat yang didapat kalau kita ikut menjadi pemandu lokal. Sebagai warga yang ngganteng dan peduli aku sendiri juga sudah bergabung jadi pemandu lokal, dan aku saat ini sudah di level 2 Hehehe.



Setiap kali aku menambahkan tempat yang ada di daerahku, biasanya direview dulu beberapa hari dan jika disetujui tempat tersebut akan ditampilkan di Google Maps, wah keren kan bisa membantu orang lain.

Setelah membaca tulisanku di atas apa kamu tertarik untuk gabung menjadi Local Guides atau pemandu lokal? Kalau tertarik silakan langsung daftarkan dirimu segera, dan dapatkan manfaatnya.

Terimakasih sudah mau meluangkan sedikit waktumu yang berharga untuk mampir dan membaca tulisanku ini, kalau bermanfaat datanglah kembali, kalau tidak bermanfaat share kepada orang lain yang membutuhkan.

Referensi: Google Local Guides

Sek yo!

51 Responses to "5 Cara Mendapat Manfaat Dari Local Guides"

  1. hahahah entar gue coba san, nambahin rumah gue digoogle maps :D
    biar tambah kece... jadi kalo ada yang nanya rumah lu dimana zi ?
    gue tinggal jawab, cari digoogle map :v

    wih udah level dua aja nih santo :v
    selamat yah :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi kamu harus ndaptar dulu zhi, kalau pengen rumahmu nongol di Google Maps.

      Hapus
  2. yha.......aku belum 18 tahun. tapi lumayan juga tuh klo dilihat lihat bonus dari googlenya. nanti aku buat akun yang itulah.......wkwkwkwkw :v

    btw....umur ka santo skrng berapa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belum bisa km tar, minimal 18tahun.

      Umurku 20tahun ke atas wkwkwk

      Hapus
    2. kan bisa ubah tanggal lahir :v

      Hapus
    3. Bisa gitu juga ya hahaha.

      Hapus
    4. Nanti aku buat klo sudah liburan, kan aku nanti libur panjang pasca UN.....hehe

      Hapus
    5. Liburan panjang bisa gunakan waktu buat ngeblog nih hihihi.

      Hapus
    6. Lumayan bisa sekalian ber blogwalking ke beberapa blogger....hehe

      Hapus
    7. Dan jangan lupa berblogwalking ria ke blog Santoz Ahmad hihihi

      Hapus
  3. Belakangan ini aku selalu dapet notif dari google tantang local guide juga nih.
    kalo lagi ga ada kerjaan biasanya aku mau aja ngereview lokasi yang pernah aku kunjungi.
    tapi seringnya aku malas ngumpulin poin.

    padahal bener juga katyamu mad, aplikasi sangat bermanfaat karna bisa membantu banyak orang :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya kalau bisa membantu sesama rasanya senang mas, apalagi dengan cara membantu menunjukkan tempat-tempat yang belum pernah mereka kunjungi sebelumnya.

      Hapus
  4. hmm boljug nih, etapi gue bukan penduduk asli sih. Malahan sekarang lebih bisa dibilang sebagai penduduk rantau. Iye sekarang gue merantau ke kota orang untuk mencari ilmu (halah). Gimana dong ya? bisa gak sih ikutan kaya gitu? dan notabene juga gue masih belum terlalu hapal sama daerah gue yang baru

    BalasHapus
  5. Iya dihafalin dulu dong biar paham hehehe.

    Wah mbk yang satu ini jadi anak rantau ya, demi menuntut ilmu, bagus sekali.

    BalasHapus
    Balasan
    1. di hapalin? oke gue bukan tipikal orang yang sanggup mengingat dengan baik dan benar terkecuali mengingat kenangan antara aku dan dia sih :| #apasihdit

      Hapus
    2. Banyak laki-laki di luaran sana, bertebaran dan kamu masih ingat kenangan bersama si dia? Helllooohhhh

      Hapus
  6. Hah ya ampun kok aku baru tau ada local guide ini? Keren juga ya bisa beri ulasan n review dan pastinya jadi tur guide hahaha
    Sepertinya syaratnya gak susah. Aku punya akun g+ dan usia lebih 18

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya daftar aja mbk, biar bisa membantu orang lain juga.

      Iya mumpung umur udah di atas 18 tahun, hehehe

      Hapus
    2. Udah ketahuan umur dah tua hehehe

      Hapus
    3. yang penting jiwa masih muda mbk hehehe

      Hapus
    4. Betul sekali. Mantab jiwa hahaha

      Hapus
  7. Udah tau lama, tapi males aja sih, atas banyak alasan ini.

    Tapi, fitur ini keren banget. Bisa jadi guide di daerah sendiri.

    Banyaknya apalagi di tempatku masih daerah yg jarang dijamah teknologi. Nanti deh, kalo udah jadi traveller, gue coba fitur ini. Nice share..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya dicoba saja mas, biar bisa mempermudah orang lain dan memperkenalkan daerah sendiri kepada orang banyak, cocok buat traveller blogger.

      Hapus
  8. mantap nih kang Santo, bisa eksis di google karena sering share tempat2 di daerahnya. gue harap sih lo nggak ngeshare tempat mesum di daerah elo to. bahaya nanti temen2 lo pada nyari haha

    banyak juga ya keuntungannya, nanti lah gue coba

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya gak lah mas, masak ngeshare tempat begituan, gak usah di share juga udah pada tahu sendiri mas, otomatis kalau hal yang kayak gitu hahahaha.

      Hapus
  9. Fiturnya keren mas, bisa lah dicoba nanti.. hehe
    Kalau mau nambahin seperti alamat rumah harus dftar dulu gitu ya ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas, bisa nambahin rumah kita ke Google Maps, biar mempermudah orang lain menemukan rumah kita.

      Hapus
    2. Betul juga ya, selain orangnya yang eksis rumahnya juga gampang dicari ya.. hehe

      Hapus
    3. Iya mas Andi, eksis semuanya.

      Hapus
    4. Setahu saya nambahin rumah nggak bisa. Bisa aja sih.. Tapi yang bisa melihat di daftar pencarian hanya kita sendiri.

      Hapus
    5. tambahin di pin bisa kok mas, ntar kalau ada yang nyari tinggal masukin alamat tujuan dan akan muncul gambar rumah kita mas.

      Hapus
  10. brau tau kalau ternyata ada fitur kayak gini di gugel. tapi gimana ya, gue kayaknya lebih sreg kalau nanya sama orang lain. ketimbang harus buka gugel map. ngabisin batre heheh.
    tapi kayaknya nggak ada salahnya kalau nanti gue coba. itung'' amal jariyah.
    ini di itungnya kayak ngasih informasi kan ya? hahaha
    smoga pahalanya juga dapet gitu. wlehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener juga mas, dapet pahala ya, selagi masih ada yang menggunakan jasa kita, kita masih terus dapet pahala hehehe

      Inilah yang namanya indahnya berbagi ilmu yang bermanfaat.

      Hapus
  11. wah keren nih kayaknya tapi awalnya aku kira bisa dapet uang juga dr ini ternyata lebih ke ikut lomba dan dapat fasilitas lebih ya dr google, cm kalau pribadi masih pusing dan kurang paham kalau main ginian hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Buat bantu sesama gak harus selalu dapat imbalan uang kan mas, kalau masih bingung bisa dipahami tulisanku diatas.

      Hapus
  12. Wah ini sih gue tau, udah lama tertarik sama fitur google ini, tapi umur gue belum 18 bang hehehe..

    Tapi lumayan juga bonus-bonusnya bang. Tar deh kalo umurnya nyampe boleh deh dicoba fitur ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya harus nunggu umur 18 tahun dulu, dicoba aja biar bisa dapet bonus dari Google.

      Hapus
  13. Aku baru tau ada beginian, soalnya emang jarang banget pake maps sih hehehe :D

    Aku tertarik pengen nyoba sih, tapi di daerahku tempatnya gitu-gitu aja, ga ada yg seru.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sambil traveling sambil berbagi to mbk, masak di rumah aja. Hahahaha

      Hapus
  14. google itu emang keren, selalu memberi karya yang inovatif. local guides ini nunjukkin kalau google nggak cuma bekerja bersama team nya sendiri, tapi juga mengajak penggunanya untuk berkontribusi.. dapet bonus pula.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sangat keren ms, kita pun bisa ikut berkontribusi melengkapi Google Maps.

      Hapus
  15. Wah masa aku baru tau sekarang Gmaps punya fitur baru kek gini. Ketinggalan banget ya, emang jarang pake Gmaps juga sih sekarang.

    Tapi beneran loh, fitur ini keren. Selain ngebantu orang, juga kita bisa dapet poin dan manfaat lainnya. Asik banget nggak sih.

    Biasanya itu kalo habis ngereview atau lainnya, dapet poinnya gede nggak? Pengin coba ah lumayan juga kan itu ya. Thanks infonya :D

    BalasHapus
  16. semangat2, ane baru level 6 otw lvl 7,
    seru bgt berbagi tempat2 baru. ane tkp lembang, bandung barat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selalu semangat berbagi kebaikan bang hehe

      Hapus
  17. Aku udah jd local guide level 4, dan malah baru nyari manfaatnya apa

    BalasHapus
  18. jarang sih dapatin manfaatnya, tapi seru aja menambah info manatau berfaedah :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya seru banget dan dapet pahala juga kan, bisa membantu orang lain :)

      Hapus
  19. Level 5 : itu cara dapetin penyimpanan gratis 1 TB itu caranya bagaimana ya.. Ada tips?

    BalasHapus