Cara Paling Ampuh Belajar Mengendarai Motor Bebek



Motor (Motorcycle) adalah kendaraan yang mempunyai roda dua, satu di depan satu di belakang, supaya bisa bergerak motor tidak hanya membutuhkan bahan bakar, tapi juga butuh pengendara.

Nah, untuk menjadi pengendara motor tentunya kamu harus latihan dulu, gak mungkin baru lahir kamu sudah bisa mengendarai motor, hahaha betul gak? untuk itu aku bikin artikel cara mengendarai motor manual (bebek) ini.

Beda lagi, kalau kamu ingin mengendarai motor tidak harus punya motor, karena bisa minjem atau nyewa motor. Kalau mbonceng itu bukan termasuk mengendarai, itu namanya ya mbonceng, mengendarai sama dengan mengendalikan hahaha.

Apa kamu sudah mulai kesel, marah, bahkan mau close dari blog ini?

Baca dong: Cara Mudah Mengendarai Motor Matic Bagi Pemula

Bagi yang kesel silakan close aja, bagi pembaca yang baik dan butuh ilmu silakan dilanjut.

Sesuai judul di atas, aku akan mengajarkan cara paling ampuh belajar mengendarai motor bebek.

Sebelumnya kamu sudah tahu kan apa itu motor bebek?

Motor yang bentuknya seperti bebek ya?

Atau bebek yang dikasih roda?




SALAH!!

Motor bebek adalah sebutan lain untuk motor manual, bukan motor matic ataupun motor kopling.

Langsung saja simak caranya.

Langkah Belajar Mengendarai Motor Manual (Bebek)

Pertama, pastikan kamu dalam keadaan sehat, tidak terpengaruh miras, dan tidak galau akibat diputusin pacar. Jangan lupa minta untuk didampingi orang yang sudah bisa mengendarai motor, dan jangan sekali-kali minta didampingi mantan.

Bisa CLBK ya?

Bukan!! Bisa gagal move on.

Kedua, siapakan motor bebek yang ingin kamu kendarai, kemudian masukkan kunci ke lubang kunci lalu putar kunci ke kanan, sehingga lampu indikator yang berada di speedometer menyala.

INGAT!! Jangan pernah memasukan kunci ke dalam jok dan menutupnya, karena itu hal yang sangat bodoh dan berbahaya.

Ketiga, setelah itu tekan tombol start (biasanya disebut menyetater) kalau kebetulan akinya tekor bisa kamu coba dengan memancal kick start, dan jika sukses mesin akan menyala.



Keempat, setelah mesin nyala biarkan beberapa menit. Ini bertujuan untuk memanasi mesin, untuk mengetahui mesin panas kamu bisa pegang mesin atau knalpotnya (gak-gak becanda).

Kemudian masukkan ke gigi satu, dan tarik gas pelan-pelan. Untuk menambah kecepatan masukkan gigi kedua dan tambah tarikan gasnya. Untuk pemula aku rasa gigi dua dulu, jangan langsung ke gigi empat karena bisa nabrak tukang somay, kalau di depanmu pas ada tukang somay mangkal Hahaha.

Fungsi gigi pada motor manual untuk menambah kecepatan, mulai dari gigi pertama ditambah ke gigi kedua dan seterusnya, gigi satu dengan gigi enam mempunyai kecepatan yang berbeda, istilah mudahnya sih seperti itu.

Perhatikan juga cara mengoper gigi motor manual, untuk motor manual biasa kamu bisa langsung menginjak tuas bagian depan untuk menambah dan tuas bagian belakang untuk mengurangi gigi, ketika mengoper gigi jangan menarik gas.

Usahakan gas dalam posisi netral, hal tersebut untuk menghindari motor agar tidak lompat-lompat (mecothot) haha.

Kelima, jika kamu sudah yakin bisa mencoba sampai gigi empat, dan cobalah naik sendiri tanpa minta dampingan orang lain.

Keenam, mengendarai motor gak lengkap tanpa adanya pengereman, maka dari itu cara pengereman yang baik pakai rem kaki (bukan pakai kakimu lho), maksudku injak tuas rem pelan-pelan dan jaga keseimbangan motor. Saat mau berhenti turunkan kaki kirimu ke bawah, untuk menopang motor yang sudah berhenti.

INGAT!! Jangan sering menggunakan rem tangan secara mendadak, karena bisa berakibat motor tidak seimbang dan pengendara bisa jatuh.

Ya kalau jatuhnya dipelukan mantan, lha ini jatuhnya di aspal keras dan hitam.

SAKIITTT!!

Ketujuh, jika kamu sudah mahir jangan lupa berterimakasih kepada orang yang sudah mendampingimu, mengajarkanmu naik motor. Berikan dia sedikit hadiah atau bisa dengan mentraktir dia makan.

~~~~

Tips di atas harus dilakukan dengan penuh kesabaran dan keyakinan, karena dalam satu hari belum tentu langsung bisa mahir. Karena keberhasilan itu butuh proses, gak ada yang instan jika ingin sukses.

Hal yang perlu diperhatikan adalah cara menjaga keseimbangan, cara memindahkan perseneling yang benar, cara menarik tuas gas pelan-pelan dan pengereman yang benar.

Jangan takut jatuh ya Coy hehe.

Oh iya mumpung aku ingat, selalu pakai perlengkapan saat berkendara, seperti helm, kaos tangan, SIM dan lain-lain. Dan terakhir aku ucapkan SELAMAT kamu sudah bisa mengendarai motor bebek.

Sepertinya sampai disini dulu tulisanku tentang cara paling ampuh belajar mengendarai sepeda motor bebek. Dan tetaplah utamakan keselamatan daripada kecepatan.

See you.

20 Responses to "Cara Paling Ampuh Belajar Mengendarai Motor Bebek"

  1. Kalo pengen belajar mengendarau motor bebek, apa harus belajar naikin bebeknya dulu?
    Kalo pake sim 2 bisa g? Y kadang2 kan sim 1 sinyalnya jelek

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya gak harus sih, tergantung bebeknya mau gak dinaikin wakakakak.

      Makanya pakai antena biar SIMnya kena sinyal.

      Hapus
  2. Bermanfaat nih untuk pemula mas ?

    Dulu pake tutorial gini gak mas waktu pertama kali belajar..hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dulu aku belum pakai tutorial yg ini mas, soalnya kan baru tahu tutornya sekarang.

      Hapus
  3. Kak santo skrng sudah mulai melawak iya.......hahahahaha

    Aku sudah berpengalaman bawa motor selama 6 tahun, alhamdullilah baru sekali jato, itu aja gara gara diserempet mobil kampret :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lucu ya haha.

      Bisa naik motor kopling gak?

      Hapus
    2. nggk bisa.......hahahah
      btw. itu judul postnya typo, malah ampun

      Hapus
  4. masukin giginya gimana caranya mas, bebek kan gak punya gigi... =))

    *kaboor*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bebek punya gigi mas, tapi kecil dan disimpan di dalam mulut, kalau mau lihat harus pakai alat khusus hahaha.

      Hapus
  5. Hahahaa... gitu toh caranya..
    Aku sih lebih suka matic, tanpa gigi.. ng perlu repot-repot lagi masukin gigi, bisa santai.. :D

    #SalamKunjunganBalik

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya memang seperti itu caranya hehehe, ya kalau kamu suka matic berarti saatnya kamu belajar manual biar bisa manual bisa juga matic hehehe.

      Hapus
  6. Babe gw dulu punya nih. Tapi waktu itu masih kecil, taunya bonceng doang.

    BalasHapus
  7. Hahahah YA SAPE JUGA YANG MO NGEREM PAKE SENDAL JEPIT KAYAK ANAK BOCAH WOOOY?! *gebuk* *kabur naik motor bebek*

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya kali aja ada yang iseng ngerem pake sendal HAHAHAHA

      Hapus
  8. Motor bebek manual emang agak susah.. dulu aku bangga bgt pas uda bs. Kalo matic agak kurang menantang krn cpt bisa hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya kalo aku sih udah bisa semua hehehe,yang penting hati-hati di jalan.

      Hapus
  9. bebeknya legend banget pak, jadi inget motor bebek pertama yang saya punya

    BalasHapus