Lakukan 5 Hal Ini Jika Kamu Karyawan Baru



Sebagai mahluk sosial dan mempunyai kebutuhan hidup, manusia harus bekerja, kecuali yang gak kerja tapi bisa dapet pemasukan, entah siapa itu.

Ngomongin soal kerja pasti ada yang namanya bos dan anak buah (karyawan), kalau punya usaha sendiri itu namanya bos, dan kalau yang bekerja itu namanya karyawan.

Untuk menjadi seorang karyawan aku rasa gampang-gampang susah, dibilang gampang kalau kamu kerja di perusahaan bapakmu sendiri, dibilang susah kalau kamu gak punya ketrampilan dan skill.

Baca juga: 5 Usaha Yang Cocok Saat Musim Hujan

Kali ini aku akan membahas tentang apa saja yang harus dilakukan saat menjadi karyawan baru.

Kalau saat ini kamu sedang menjalani masa-masa jadi karyawan baru, bisa dicoba tips berikut ini:

1. Disiplin

Kata-kata yang wajib dipraktekkan oleh semua karyawan baru dimanapun engkau berada, Hahaha. Kalau jadi karyawan baru harus disiplin waktu, disiplin pekerjaan, dan disiplin libur, kecuali ada lembur ya gak libur.

Bukan berarti karyawan lama gak disiplin lho ya, tetep disiplin biar kerjaan lancar.

2. Atur Jam di Rumah seperti jam di Kantor

Ini nih, kelihatannya sepele tapi kalau tidak diperhatikan, bisa-bisa baru hari pertama kerja kamu kena marah, bahkan kena pecat. Bahaya sekali.

Bayangkan jika pagi-pagi jam dinding di rumahmu pukul 07.00 tapi jam kantor sudah pukul 07.30, bisa terlambat masuk kantor dan kena marah pastinya, kamu gak mau kan jadi karyawan baru hari pertama masuk tapi udah telat aja.

Mulai sekarang atur jam di rumah seperti jam di kantor, dan jangan lakukan sebaliknya, itu perbuatan yang sangat bahaya.

3. Jangan Pamer

Kalau hari pertama pasti kamu harus memperkenalkan diri kepada karyawan lain kan? Nah, pesenku jangan pamer dan jangan melebih-lebihkan diri, ya kata lainnya jangan sombong. Biarkan peestasimu yang bicara kepada semua orang di kantor, gitu kan lebih mantab.

Baru pertama masuk kerja udah sombong dan udah sok jago, mau jadi apa kamu? Ingat, lebih baik punya temen banyak daripada punya musuh banyak.

4. Hemat

Terkadang hal ini sering diabaikan oleh karyawan baru, padahal hemat itu penting lho, kan karyawan baru belum dapet gaji, gajian juga baru bulan depan harus bekerja dulu.

Buat beli bensin, buat makan, bahkan buat ngekos kalau tempat kerja jauh dari rumah. Aku saranin buat hemat dulu lah maksimal sebulan, nanti kalau sudah gajian aku ditraktir baru boleh agak boros dikit. Tapi jangan lupa nabung, kan buat rencana nikahin si dia Hahaha.

5. Terus Belajar

Sudah jadi karyawan kok belajar, emangnya anak sekolah? Belajar itu kan gak harus di sekolahan, dimana aja bisa kok jadi tempat belajar.

Begitupun juga di tempat kerja, kamu juga harus belajar, jangan merasa puas dengan kemampuan yang dimiliki, kamu boleh saja bisa mengoperasikan komputer, tapi kamu belum tentu bisa mengoperasikan mesin foto copy.

Lha wong kalau mau foto copy biasanya kan nyuruh mas office boy kan, makannya mumpung masih jadi karyawan baru latihan foto copy sendiri, biar gak malu-maluin.

Hahaha ini kan pengalaman pribadimu san? Aduh keceplosan deh, tapi sekarang aku udah bisa, meskipun belum menguasai wekekek.

~~~~~

Hanya 5 itu yang bisa aku share, mungkin masih banyak lagi hal yang harus dilakukan saat menjadi karyawan baru.

Kalau ada tips yang lain bisa kamu tambahin sendiri di kolom komentar, atau bisa kamu tulis sendiri di blogmu (bagi yang punya blog).

Jika menurutmu tulisan di atas berguna bisa kamu share, tapi jika menurutmu gak berguna bisa kamu share juga kepada orang yang membutuhkan.

Jangan asal share ya, pahami dulu baru share HAHAHAHA.

28 Responses to "Lakukan 5 Hal Ini Jika Kamu Karyawan Baru"

  1. Sebagai orang baru, gua rasa, yang paling penting adalah jadi seseorang yang rendah hati dan ringan tangan. Selalu siap untuk membantu jika dibutuhkan, meskipun itu bukan tanggung jawab kita. Dan banyak bertanya, banyak belajar, jangan mudah takabur.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul mas, yang pasti orang baru harus disiplin dan jangan malas.

      Karena awal kerja yang baik bisa jadi nilai tambah untuk karir kedepannya.

      Hapus
  2. Poin nomor 5 tuh penting banget, pembelajaran terus menerus. Walaupun sudah tidak mengeyam pendidikan lagi, tapi kita tetap harus belajar terus karena ada berbagai kemampuan baru yang tidak dipelajari saat sekolah ataupun kuliah tapi kemampuan tersebut sangat diperlukan untuk menunjang karir kita ke depannya. Jadi, sudah jadi karyawan pun harus tetap belajar :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul mas, karena belajar bisa dimana saja hehehe

      Manusia selagi hidup harus mau belajar.

      Hapus
    2. Yoi bro, belajarlah sebelum dipelajarin (?)

      Hapus
  3. Lebih pandai mengatur waktu juga penting kak ketika baru pertama kali kerja.

    Tapi klo aku, setidaknya kita dapat pengalaman ketika baru pertama kali kerja....hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya penting itu harus bisa mengatur waktu, biar gak kecapekan. Kerjaan kelar badan bugar.

      Hapus
    2. jadi keinget pertama kali punya hape. aku nggk bisa atur waktu sampai sakit, akhirnya aku nggk dibolehin main game. tapi alhamdullilah bisa mengatur waktu.....hehe

      Hapus
    3. Main hape boleh tapi jangan sampe ganggu kewajiban sehari-hari. Waktu itu berharga jangan disia-siakan.

      Hapus
  4. Kalau gue biasanya jam di rumah lebih cepat dari jam di kantor. alasannya buat lebih cepat aja biar ke kantor hehe. Dan kayaknya paling berat diterapin itu yang di sipling deh hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh juga tuh jam di rumah dicepetin dariada jam kantor hahaha

      Disiplin itu wajib mas, biar pekerjaan gak keteteran.

      Hapus
  5. Ah, sebagai karyawan baru agaknya gue pilih nomor 5. Ya gitu, terus belajar untuk menjadi lebih baik baik baik lagi. Hehe

    Jangan sombong juga sama senior. Kualat nanti. Apalagi sombong sama bos. Wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwk iya bisa kualat dan akhirnya dipecat mas. Bisa bahaya kan.

      Hapus
  6. poin yg paling penting sih disiplin, karena biasanya orang lain akan menilai kinerja kita bagus atau gak berdasarkan kedisiplinan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbk, harus disiplin. Itu yang paling penting dalam hal pekerjaan.

      Hapus
    2. Iya karena disiplin adalah sifat yang harus diupayakan, gak hanya saat kerja tapi utk semua hal

      Hapus
    3. Iya mbk dalam semua hal harus disiplin.

      Hapus
  7. Kalo anak baru pasti masih disiplin, nanti kalo udah mulai terbiasa sama lingkungan kerjanya baru deh mulai berkurang disiplinnya hahaha #guebanget. Eh tapi tetep harus disiplin juga sih walaupun udah kerja agak lama, tanggung jawab gak bolej dilalaikan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha biasanya sih gitu mas, tapi kalau tetep jadi orang yang disiplin kan lebih baik mas.

      Hapus
  8. Wahh ini pas banget, gw juga karyawan baru. Hahaha. Gue agak beruntung sih kerja di startup, jadi fleksibel mulai dari pakaiannya, soal waktu juga emang ditetapkan sih, cuma yang penting katanya kualitas dan semua kerjaan selesai. Haaha

    Tapi untuk soal waktu pribadi emang lebih menyesuaikan sih... udah mulai jarang begadang dan bangun lebih pagi biar bisa produktif. hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang utama itu waktu mas, karena kalau manajemen waktu gak teratur bisa keteteran deh pekerjaannya.

      Hapus
  9. Peting nih buat gue, walaupun masih kuliah. Semua cara-cara yang lo paparkan tadi memang berlaku juga buat mahasiswa. Bahkan bukan untuk mahasiswa doang, tapi untuk semua kalangan orang, pekerjaan, dan orang lain juga. Nice info, gaes.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha sama sama, seneng kalau bisa berbagi dengan sesama.

      Hapus
  10. Selain 5 itu juga ada satu lagi yang gue praktekkan saat gue jadi karyawan baru yaitu bersifat unyu gitu, biar keliatan enggak nantangin. Dengan bersifat unyu begitu maka akan mengundang magnet tersendiri bagi teman teman kerja dan akhirnya kita bisa berteman. Behehehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah ada juga ya cara seperti itu hehehe, kalau aku sih pas jadi karyawan baru juga bersikap polod biar senior gak musuhin kita kan.

      Hapus
  11. Ke 6. Mengaku Anak Pemilik Perusahaan.

    Nah pasti walaupun baru gak ada yang usil dehh..

    Bermanfaat nih buat yang baru pindah atau dapat kerja

    BalasHapus