12 Hal yang Bikin Kangen Masa SMA

Suatu hari aku sedang melakukan perjalanan ke kota Purwodadi, seperti biasa aku menunggangi kuda besi matic merahku, setelah berkendara melawan asap polusi, cuaca yang panas, dan membuntuti mbak-mbak seksi dari belakang, sampailah aku di depan bangunan megah.

Bangunan yang berdiri di sebelah selatan tugu simpang 5 Purwodadi itu adalah tempat waktu aku muda dulu mengukir sejarah, dan banyak kenangan yang aku ingat sampai saat ini.

Ya, namanya SEKOLAHAN.

Aku bersama ribuan siswa lain pernah tercatat sebagai murid Madrasah Aliyah Negeri Purwodadi selama 3 tahun.

Meskipun gak banyak prestasi yang aku torehkan atau bahkan aku gak berprestasi sama sekali (itu dimata orang yang gak suka sama aku)

Aku tetep bangga pernah menjadi bagian dari MAN, dan terkadang membuatku ingat kenangan masa sekolah dulu.

APA SAJA YANG BIKIN KANGEN MASA SMA?

1. Berangkat ke Sekolah

Hal pertama yang aku kangenin masa SMA adalah berangkat sekolah, kan gak mungkin kalau aku gak pernah sekolah kok kangen masa SMA hahaha.

Mulai dari bangun pagi, mandi dan siap-siap sebelum berangkat rela gak makan demi mengelapi atau membersihkan tungganganku dulu biar makin keren.

Jarak rumah dan sekolah sekitar 20 km dan ditempuh 20 menit, aku harus berangkat dari rumah jam 06.00 pagi, soalnya kalau telat biasanya kena hukum guru BP.

2. Upacara Bendera di Hari Senin

Entah apa yang bikin aku kangen sama kegiatan yang satu ini, upacara bendera pagi-pagi di setiap hari senin. Meskipun cuaca panas tetep khusuk mengikuti upacara.

upacara bendera
Walau terkadang ada-ada aja ide licik temen-temen kampret yang sok-sokan semaput saat upacara, biar bisa tiduran di UKS ditemenin mbak-mbak UKS yang cantik.

Jangan mikir yang aneh-aneh. 

Meskipun banyak godaan yang bergelantungan di dalam otakku, aku tetep mengikuti semua rangkaian kegiatan upacara bendera.

Ya, ini menjadikan kita latihan disiplin dan sabar.

3. Bolos

Bolos adalah kegiatan terpopuler di kalangan anak sekolah, terutama di kalangan siswa yang mbandel dan ndablek, mereka pasti hobi yang namanya mbolos.

Aku sendiri dulu juga pernah mbolos, aslinya sih bukan dari lubuk hatiku yang paling dalam, ini gara-gara ajakan temen-temen.

Pernah suatu hari kami melakukan kegiatan bolos pelajaran tertentu, lha pas mau lompat pagar tangan salah satu temenku tercantol kawat berduri, alhasil lengannya tergores kawat dan berdarah.

Meskipun begitu kegiatan favorit yang satu ini masih terjadi hingga sekarang, padahal pihak sekolah sudah mengantisipasi dengan memasang kawat berduri dan tinggi pagar juga sudah lumayan sekitar 3 meter.

Tapi yang namanya niatan buruk ada-ada aja akal brilian yang keluar dari otak hahahaha.

4. Ngerjain Temen

Di dalam satu ruangan kelas pasti terdapat beberapa tipe siswa, ada tipe pinter, baik hati, pemalu, bengal, dan tipe sasaran bully.

Nah dari semua tipe di atas, cuma tipe sasaran bully yang mewarnai suasana kelas.

Biasanya tipe siswa target bully bukan orang yang lemah, tapi orang yang suka berbuat tidak sesuai dengan aturan kelas.

Contoh : Semua siswa yang pinter di kelas harus mau mengajari siswa lain saat ulangan, nah kalau ada siswa pinter tapi pelit, siap-siap ja jadi target pebulyyan wkwkwk.

Tapi bukan dengan kekerasan, paling cuma dengan sindiran dan ejekan.

Biar dia nyadar kalau punya ilmu itu dibagi bukan pelit.

Ada juga contoh ngerjain massal, soalnya di kelasku menerapkan sepatu harus dilepas di depan kelas, dan ada temenku yang punya ide gokil.

Ini cuma berlaku jika sekolahmu menerapkan sistem the nyeker in the classroom.


Semua sepatu yang berada di rak sepatu, di tukar dan di talikan dengan sepatu lain, alhasil pas pulang sekolah semua siswa kelabakan nyari pasangan sepatu yang asli, wkwkwkwk emang gila tuh temenku.

Itu masih mending, pernah semua sepatu sudah berubah menjadi buah mangga, lha kok iso?

Ya soalnya semua sepatu yang ada talinya digantungin di pohon mangga, jadi seperti buah mangga berbuah sepatu deh.

Tapi semua itu dilakukan cuma buat seru-seruan dan iseng kok, gak ada dendam di antara kita semua.

5. Tempat Nongkrong yang Asyik adalah Kamar Mandi

Kalau yang satu ini sih kerjaan siswa laki-laki, sering menggunkan kamar mandi sebagai tempat nongkrong dan tempat mengasah kemampuan merokok.

Lha kok iso?

Ya biasanya siswa laki-laki sembunyi di kamar mandi buat ngerokok, dan terkadang saling adu skill membuat asap rokok berbentuk bulat.

Aku dulu sih juga ikutan ngrokok, tapi sekarang udah enggak lho hehe.

Padahal sudah jelas di sekolahan gak boleh ngrokok, tapi tetep aja bisa kan hehe.

Pernah juga sih ngerokok di kamar mandi ketahuan guru, ya jelas di marahi dan dibawa ke ruang paling menakutkan yaitu ruang BP.

6. Makan di Kantin

Setiap siswa yang sekolah pasti pernah merasakan makan di kantin sekolah, biasanya kalau di kantin ada aja siswa yang curang.

Makan gorengan 5 ngakunya 3 wkwkkw, kan bikin rugi ibu kantin dan yang pasti dosa.

Kalau makan di kantin bayarlah sesuai apa yang kamu makan, biar berkah.

7. Melakukan Hal-hal yang Konyol

Pernah gak sih kamu punya satu temen sekelas yang konyol, kalau dia gak masuk tuh serasa hampa rasanya.

Aku juga punya temen yang konyol, dia itu kalau pelajaran suka tidur, dan pasti milih tempat duduk di belakang.

Pernah juga pas akhir kelas 12, menjelang perpisahan dia membuat rekaman video ala catatan akhir sekolah.

Padahal udah disiapin dari awal, kamera sudah di setting, dan semua siswa sudah action sesuai gaya masing-masing, eh tombol rec kameranya lupa dipencet, wkwkwk.

Hal terkonyol yang pernah aku lakukan bersama temen sekelas adalah ketika ingin memberi surprise ulang tahun wali kelas, tapi berakhir dengan air mata. hmmmmmb sampai sekarang masih teringat Bu.

8. Belajar Kelompok

Mungkin ini salah satu kegiatan positip yang bikin kangen sekolah, ketika sedang dikasih tugas dan tugas itu bisa dikerjakan secara kelompok.

Pasti kalian pernah kan pilih kelompok yang isinya oranag-orang aktif dan pintar, dan kamu cuma jadi pelengkap dan nitip nama aja, hehehe.

Ada juga tipe yang milih satu kelompok dengan orang yang dia sukai, wah bisa jadi cinta lokasi nih.

Tapi kalau aku sendiri gak milih milih teman kelompok, yang penting semua aktif dan terlibat dalam mengerjakan tugas, meskipun cuma sebagai pengamat sih hahhaha.

9. Ketemu Guru Idola

Wah ini nih yang bikin semangat masuk sekolah, selain ketemu gebetan atau pacar kita bisa ketemu dengan guru idola.

Biasanya guru yang masih muda, cakep, dan murah memberi nilai tentunya.

Pasti di sekolahmu juga ada kan guru yang masih muda dan menjadi idola, biasanya laki-laki nih.

Kalau ada guru perempuan masih muda dan cantik itu sudah biasa bagiku sih, entah kalau menututmu.

Intinya itu hal yang membuat kangen masa SMA.

10. Nyontek Saat Ulangan

Wahahaha, kalau ingat nyontek saat ulangan rasanya tuh kangen banget, apalagi saat ujian hmmmb.

Jadi ingat waktu bersama-sama menghadapi ujian akhir sekolah, segala sesuatu dilakukan biar bisa lulus semua dan bareng-bareng.

Yang biasanya musuhanpun bisa jadi baikan, karena perjuangan ujian akhir sekolah bisa menyatukan segalanya.

Dalam hal contek-mencontek ada aja ide yang muncul saat kepepet, emang sangat membantu nih yang namanya the power of kepepet.

Gak peduli ketika pengawas sedang fokus mengawasi, yang penting kita semua bisa lulus dan mendapat hasil yang terbaik.

Dalam pikiran "halah, paling kalau ketahuan ya dimarahi."

Kalau kamu dulu juga sering nyontek gak?

11. Menginap

Kebanyakan siswa di sekolahanku dulu rumahnya jauh-jauh, ada yang ngekos, naik motor, dan naik kendaraan umum.

Menginap di rumah teman menjadi salah satu hal yang bikin kangen, keseruan saat menginap, belajar masak bareng temen-temen, dan melakukan kegiatan menginap secara bergilir.

Ya sebelum lulus aku pernah merasakan menginap di rumah beberapa temenku, tujuannya biar saat lulus nanti bisa main dan gak lupa.

Kamu juga pernah gak menginap di rumah temen? Tapi ingat jangan temen lawan jenis lho.

12. Mengukir Prestasi

Sepertinya hal ini juga bisa membuat kamu kangen sekolahan, meskipun gak semua orang bisa berprestasi saat sekolah dulu.

Bisa mengharumkan nama sekolah dan membanggakan orang tua tentuanya menjadikan kepuasan tersendiri.

Kalau prestasimu apa San?

Wah gak perlu disebutkan lah, hehehe.
Kalau seandainya waktu bisa diputar aku ingin sekali meraih beberapa prestasi di sekolahan, tapi semua sudah berlalu, tinggal kenangan dan kebanggaan bisa menjadi bagian dari sekolah yang sudah mendidikku hinggat aku lulus.

Dari beberapa hal di atas, pasti kalian pernah mengalaminya juga kan?

Atau jangan-jangan kamu waktu sekolah gak melakukan apa-apa, cuma dateng, duduk, pulang.

Ayolah, sekolah adalah tempat kita membentuk karakter dan menemukan jati diri, banyak kejadian dan teman yang bisa memberi pelajaran.

Jadi, apa yang kamu lakukan kalau tiba-tiba kangen masa SMA?

Kalau aku sih melihat foto waktu SMA dan selalu berkomunikasi dengan teman seperjuangan.

Daripada galau mending baca tulisanku tentang salah satu wisata yang ada di Grobogan Agrowisata Kebun Belimbing.

Atau baca juga Mudahnya Bayar Pajak Di Samsat Grobogan. 

Sudah dulu ya kangen-kangenannya, semoga bisa mengingatkan memory masa kejayaan dulu.

Jika ada yang kurang bisa kamu kasih saran di kolom komentar.

Sek yo!

Sumber gambar : 
infopurwodadi.org
muchammadabdunnafi.blogspot.com

16 Responses to "12 Hal yang Bikin Kangen Masa SMA"

  1. Enak y bang bisa ketemu guru idola yg cantik, baik
    Pas SMA saya dlu tuh kagak ada guru kayak gitu
    Ibu2 semua yg ceweknya
    Hiks

    BalasHapus
    Balasan
    1. masak gak ada mas?

      Biasanya tiap SMA ada tuh guru-guru muda.

      Tapi kalau beneran gak ada bisa kok lihat guru muda di SMA lain wkwkwk.

      Hapus
  2. Balasan
    1. wah bener juga ya mbk, aku juga rindu jam koskng hahaha.

      Hapus
  3. yang ngangenin adalah kompak nyonteknya sekelas hahaha..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbk, kalau gak nyontek rasanya belum merasakan keseruan masa sekolah hehe

      Hapus
  4. Baca postingan ini, bikin gua kangen masa SMA. Gua ngerasa dulu waktu SMA tuh gua kurang nakal, terlalu alim, jadinya ga begitu banyak hal-hal gila yang bisa diceritakan hahaha. Nakalnya baru pas semasa kuliah nih, telat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. jangan sampe mengalami nakal yang terlambat mas, hehe

      Soalnya nakal masa SMA lebih bisa dikenang daripada waktu kuliah hehe.

      Hapus
  5. cuman upacara di hari senin aja tuh, di tempat gue nggak ada. upacaranya cuman pas 17 agustusan doang. namanya juga pondok, ada praturannya sendiri. klo mau bolos ataupun nyontek, hukumannya terlalu berat. skorsing. skorsingnya setahun malah. hahaha ngulang lagi.

    ngomongin masa'' sekolah emang nggak akan ada matinya sih. serasa ngetawain hidup sendiri gitu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kamu dulu mondok ya mas, sama aku waktu SMP juga pernah mondok sama sekolah,

      wah upacara cuma pas 17 Agustus ya mas, yang penting pernah mengikuti upacara ya.

      Hapus
  6. Wah gue gak nyangka lo anak madrasah mad. Haha

    Yang paling gue kangenin adalah ketemu cewek idola sih hehe.. Kalo soal mengukir prestasi gue rasa waktu gue sma kagak gitu2 amat hahaha gue malah ngukir meja tmpat duduk gue mad biar ada unsur seninya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. emang kalau anak madrasah kenapa mas? gak cocok ya hahaha

      ya kalau ketemu sama cewek idola sih gak usah ditanya lagi mas, pasti juga bikin kangen, tapi sekarang sudah gak jadi idola lagi, lha wong sudah punya suami kok.

      hahahaha

      Hapus
  7. Kangen sekolahan... masa-masa paling indah ya emang masa SMA. Bener-bener ketemu 6 hari seminggu dari pagi sampai sore, ngelakuin apa-apa bareng. Pas SMA inget banget pengen ngerasain kuliah, dan sekarang pas kuliah jadi kangen masa SMA. Sumpah dah banyak banget kenangan pas SMA, seru-seruan bareng temen yang bener-bener temen :')

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas, masa kuliah emnag masa yang paling indah dan mas dimana kkita masih mencari jati diri.

      sekarang sudah waktunya berpikir dewasa dan berperilaku layaknay orang dewasa.

      Hapus
  8. yak, sebagai mabat tahun pertama, gue juga beberapa kali dilanda kerinduan dengan kenangan saat masih sekolah. Kalau gue sih nggak pernah kangen upacaranya, 3 hal yang paling gue kangenin adalah berangkat ke sekolah, ngumpul bareng temen, dan... classmeeting.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kalau pas classmeeting memang seru mas, apalagi pas ada banyak kegiatan seperti lomba dan kegiatan positif lainnya.

      Hapus