Cara Mengatasi Tombol Tongsis Yang Tidak Berfungsi



Tongsis adalah sebuah alat berbentuk tongkat yang digunakan untuk selfie yang bisa dipanjangkan dan terdapat tempat (Holder) untuk menaruh hape atau gadget lain di bagian ujung.

Tongsis disebut juga Tongkat Narsis, Tongkat Eksis, Tongkat Ajaib, atau Tongkatnya Pak Sis hehehehe.

Kalau Si Slamet (tetanggaku) menyebutnya Selfie Stick.

Untuk ukuran tongsis biasanya sekitar satu meteran, dan pada bagian gagang ada lapisan karet atau busa agar makin nyaman saat digunakan.

Dengan bantuan tongsis kamu bisa mendapatkan hasil jepretan yang lebih bagus, lebih melebar, dan bisa foto bareng temanmu.

Biasanya kalau selfie gak pake bantuan tongsis hasilnya kurang maksimal, ketika mau foto bareng keluarga, eh cuma sebelah badan yang tertangkap kamera.

Makanya pakai tongis biar makin gaul hehe.

Tapi jangan sekali-kali menggunkan tongsis pada hape yang belum dilengkapi kamera lho ya, bisa-bisa kamu jadi emosi deh hehe.

Saat awal muncul di pasaran, tongsis belum secanggih seperti sekarang, dulu belum ada fitur key shutter maupun bluetooth.

Sehingga saat kamu mau selfie harus mengatur timer yang ada di hapemu, wah agak ribet juga ya.

Tapi semakin berkembangnya teknologi, tongsis sudah dilengkapi dengan tombol atau key shutter sehingga mudah digunakan dengan satu klik, jadi deh.

Meskipun mudah, terkadang ada-ada aja permasalahan yang muncul, pernah suatu hari aku mencoba menggunakan tongsis tombol.

Dan ada sedikit problem, tombol pada tongsis sudah aku tekan berkali-kali tapi hape tidak bisa menangkap gambar tapi malah ngezoom.

Jika kamu pernah mengalami hal seperti yang aku alami, gak usah mumet dulu ya, karena aku akan kasih solusi biar tombol tongsis bisa berfungsi saat digunakan untuk selfie.

Ternyata tongsis kabel memanfaatkan fungsi tombol volume yang ada di hape untuk mengambil gambar, ketika kamu menekan tombol pada tongsis, sama saja kamu menekan tombol volume pada hapemu yang memberi perintah untuk mengambil gambar.

Nah, untuk lebih jelasnya silakan baca tulisan yang sudah Santoz Ahmad sajikan di bawah ini :

CARA MENGGUNAKAN TONGSIS KABEL

1. Pasang hape tau gadget lain pada holder Tongsis.

2. Sambungkan port kabel tongsis ke hape kamu

3. Buka aplikasi kamera, dan coba ambil gambar dengan menekan tombol tongsis, jika tidak bisa kamu harus menyetting tombol volume sebagai tombol shutter / mengambil foto.

4. Cara settingnya silakan buka pengaturan kamera kemudian pilih tombol volume dan terakhir pilih sebagai shutter / capture. 

5. Jika di hapemu tidak ada pengaturan tombol volume sebagai shutter, kamu bisa download aplikasi Camera 360 atau aplikasi kamera lain yang mendukung tombol volume sebagai tombol capture, cara settingnya sama seperti dai atas.

6. Sekarang coba kamu tekan tombol pada tongsis, dan selamat berselfie ria.

Nah, sekarang kamu sudah gak mumet lagi kan?

Sudah minum obat kok ya hehehe.

Tapi jika kamu sudah mempraktekkan cara di atas dan tidak berhasil, kemunngkinan ada beberapa masalah seperti berikut :
  • Hape yang kamu gunakan tidak mendukung dengan tombol tongsis, tapi masih bisa digunakan dengan menyetel timer pada hape.
  • Kerusakan pada port jack tongsis, atau ada kabel yang putus.

Kalau kamu mau beli Tongsis model terbaru bisa beli di toko online seperti Lazada, bisa bayar di rumah lho.



Sudah dulu ya tulisanku hari ini, semoga bisa menjawab masalah yang kamu alami pada tongsis, kalau kamu sudah paham bisa kok share tulisan ini ke temenmu.

Karena berbagi itu indah bro hehe.

Baca juga boleh :
Jika kamu kurang paham bisa mengajukan pertanyaan di kolom komentar.

Sek yo!

4 Responses to "Cara Mengatasi Tombol Tongsis Yang Tidak Berfungsi"