Cara Mudah Membersihkan Bunga Es Di Kulkas

Contoh Bunga Es
Kulkas adalah salah satu perlengkapan rumah tangga yang sudah dimiliki setiap rumah, kalau dulu sih yang punya kulkas di daerahku cuma pedagang es ceput (es mony)

Selain untuk bikin es batu, kulkas berfungsi sebagai penyimpan makanan jadi ataupun makanan yang masih mentah.

Seperti sayuran, buah-buahan, telur dan berbagai minuman.

Udah tahu kalau itu San!

Bagus dong, aku kan ngasih informasi bagi yang belum tahu, hahahaha.

Aku pernah dengar tetanggaku ngomong "Kalau orang punya kulkas bisa jadi pelit, soalnya makanan yang biasanya dikasih ke tetangga disimpan sendiri di kulkas."
  
Kalau kamu gitu juga nggak?

Itu cuma bercanda ya hehe.

Suatu hari cucacanya sangat panas dan aku ingin minum es susu, berhubung aku anak yang mandiri langsung saja aku bikin es susu sendiri.

Ketika aku mau ngambil es batu di freezer, rasanya ada yang aneh.

Pintu freezer susah dibuka.

Setelah tak amati ternyata pintunya terhalang oleh bunga es yang menggunung.

Maklum sudah satu bulan aku lupa membersihkan kulkas.

PENYEBAB MUNCULNYA BUNGA ES

Bunga es (Frost) muncul akibat uap air yang membeku di dalam freezer, kejadian ini sering terjadi pada jenis kulkas satu pintu, karena belum dilengkapi defrost.

Penyabab lain munculnya bunga es karena kesalahan saat mengatur suhu, biasanya kalau suhu diatur dalam posisi maksimal akan cepat menimbulkan bunga es.

Bisa juga karena pintu freezer kulkas rusak atau kurang rapat saat menutupnya, hal itu disebabkan karena uap air dari makanan yang disimpan di kulkas mengalami pembekuan.

CARA MEMBERSIHKAN BUNGA ES

Melihat ada tumpukan bunga es di freezer, rasanya aku ingin segera memusnahkannya.

Tapi kalau aku melihat bunga desa yang cantik dan baik, rasanya aku ingin memilikinya.

Opo sih!

Kamu pernah mengalami kejadian seperti aku gak?

Kalau kebetulan pernah dan ingin memusnahkan bunga es, mari kita praktek bersama.

Siapka alat :

Lap kering
Kipas angin
Ember

Untuk prakteknya silakan disimak:

1. Buka pintu kulkas dan pintu freezer, jangan lupa matikan kulkas dengan cara mencabut colokan, bisa juga dengan cara memutar suhu ke minimal.

2. Keluarkan semua isi yang ada di dalam kulkas, jika ada makanan sebaiknya di hangatkan atau disimpan biar tetep segar.

3. Colokkan kipas angin ke stop kontak, taruh di depan puntu freezer, nyalakan kipas angin dan tunggu beberapa menit sampai semua bunga es rontok.

Kipas angin mempercepat proses pencairan bunnga es, bisa juga pakai air hangat tapi menurutku lebih aman pakai kipas angin.

4. Jika bunga es sudah mencair, buang airnya ke dalam ember yang sudah kamu siapkan, tujuannya biar tidak mengotori lantai.

5. Setelah bunga es musnah, bersihkan seluruh bagian kulkas, jangan cuma freezernya ya hehe.

6. Selamat, kulkas kita sudah bersih kembali.

Note :
  • Cara membersihkan bunga es di atas biasanya aku terapkan saat membersihkan kulkas.
  • Jika kamu punya cara lain yang lebih efektif, bisa kok kasih saran atau bikin tutorial sendiri.
  • Jangan menggunakan benda tajam, seperti obeng, pisau, atau lidah yang kadang tajam hehehe.
  • Jika thermostat sudah rusak, sebaiknya diganti.
  • Rajinlah membersihkan kulkas.
Meskipun mudah biasanya orang tidak begitu peduli dengan keberadaan bunga es, padahal kalau dibiarkan bisa mengurangi kinerja kulkas.

Oh iya, mumpung kamu masih di sini, baca juga ya Cara Memperbaiki Kipas Angin Yang Mulai Melambat.

Nah, setelah membaca cara mudah membersihkan bunga es di kulkas, bagaimana pendapatmu?

Kalau punya kritik dan saran bisa ditulis di kolom komentar ya.

Sek yo!

2 Responses to "Cara Mudah Membersihkan Bunga Es Di Kulkas"

  1. Kalau bunga es tidak tidak dibersihkan aibatnya ya min?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pintu freezer susah dibuka dan kulkas jadi kurang dingin.

      Hapus