Langkah Awal Bisnis Jualan Pulsa Elektrik

Ilustrasi
Hape merupakan alat komunikasi jarak jauh yang memudahkan manusia untuk berkomunikasi, tak pandang seberapa jauh, jika berkomunikasi lewat hape akan terasa dekat.

Pengguna hape dari tahun ke tahun terus meningkat, dari jaman hape jadul sampai era smartphone sekarang.

Meskipun hape jaman sekarag memiliki fitur canggih, tapi kurang lengkap tanpa adanya PULSA.

Ya, buat apa punya hape kalau gak ada pulsa.

Ngomongin soal pulsa, aku ingin bercerita sedikit mengenai bisnis pulsa yang sudah aku lakoni sejak SMA.

Memang sempat jatuh bangun, karena kurang maksimal dalam mengelola bisnis.

Terkadang modal habis karena pulsa lebih banyak dipakai sendiri.

Apalagi kalau ketemu tukang hutang, dan orang itu temen deket kita sendiri, Haaaaah!! rasanya pengen marah campur gak tega pas mau nagih.

Oke, lupakan soal teman yang suka ngutang pulsa.

Bisnis pulsa elektrik memang kelihatan sedikit untungnya, tapi kalau dikelola dengan baik bisa menjadikan pemasukan tambahan.

Biasanya untung jualan pulsa antara Rp 500 sampai Rp 1.000, tergantung harga dari dealer dan harga jual kita sendiri.

Nah, jika kamu tertarik untuk memulai bisnis pulsa, bisa baca langkah-langkah yang aku sampaikan di bawah ini:

LANGKAH AWAL MEMULAI JUALAN PULSA

1. Pilih Dealer (Server) Pulsa Terpercaya

Dalam membangun bisnis, tentunya kamu harus bisa membangun kepercayaan kepada setiap calon pembeli, untuk itu pilihlah server pulsa elektrik terpercaya.

Jangan memilih server yang sering down, terlambat ngirim, dan terkadang pulsa gak masuk.

Server pulsa yang baik dan terpercaya memberikan layanan yang mudah dan cepat, produk yang disediakan juga lengkap seperti pulsa hape dan token listrik, memiliki contact untuk komplain.

Karena pembeli akan memilih penjual pulsa yang melayani dengan cepat.

Kamu tidak mau kan hidupmu dikejar-kejar pembeli gara-gara beli pulsa gak masuk-masuk?

Padahal kesalahan bukan dari kamu, tapi dari server tempat kamu kolakan pulsa.

Tapi jika kamu beruntung, akan mempunyai server yang punya layanan cepat dan memberi hadiah kepada para agennya, contohnya kalender, gelas dan lainnya.

2. Tentukan Harga Yang Menarik

Hal penting yang harus kamu perhatikan sebelum menjual pulsa adalah menentukan harga jual yang terjangkau.

Jangan menjual di atas harga pasaran, kalau bisa jual di bawah harga pasaran, asalkan tidak terpaut terlalu jauh.

Bukannya untung malah jadi buntung hehehe.

Meskipun kamu jual dengan harga yang murah, yang harus kamu utamakan adalah pelayanan.

Pembeli lebih mengutamakan pelayanan yang cepat daripada harga murah tapi prosesnya lama, ibaratnya pulsa sudah dibayar tapi dua hari baru terkirim.

Jika modelnya seperti itu, aku yakin semua pelangganmu akan kabur ke penjual lain.

Jadi, utamakan pelayanan.

3. Siapkan Semua Peralatan Pendukung

Peralatan atau alat tempur utama penjual pulsa adalah hape dan sim card, pastikan kamu mempunyai sim card yang sudah terdaftar sebagai agen pulsa elektrik.

Untuk bertransaksi kalau boleh aku saranin pakai aja hape jadul, yang penting bisa buat ngirim sms.

Kenapa?

Karena mudah pengoperasiannya dan batrenya lebih awet.

Tapi kalau kamu pilih pakai smartphone, no problem kok, yang penting kamu bisa saat bertransaksi.

Intinya pilih alat tempur sesuka hatimu.

4. Tentukan Lokasi Yang Strategis

Lokasi yang strategis menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi jalannya bisnis pulsa, bayangkan jika di daerahmu jauh dari keramaian, bisa dipastikan pembeli hanya sedikit.

Sebaiknya cari tempat yang ramai, biasa buat nongkrong dan dekat jalan utama.

Tapi jika kamu belum punya modal untuk bikin toko fisik, jangan khawatir.

Manfaatkan toko online.

Kamu pasti punya sosial media kan? itu lho yang contohnya facebook, instagram, BBM dan lainnya, manfaatkan sosial media yang kamu punya.

Lakukanlah promosi sebanyak-banyaknya agar orang lain tahu kalau kamu jualan pulsa elektrik.

Buatlah promosi semenarik mungkin agar orang tertarik membeli pulsa di tempatmu, pancinglah dengan promo dan layanan lebih dari penjual lain.

Contoh: Jika penjual lain buka dari jam 08.00 - 21.00, kamu bisa buka dari jam 08.00 - 24.00 atau bahkan lebih, intinya jika ada yang membutuhkan pulsa secara mendadak, kamulah tujuan utamanya.

5. Jangan Lupakan Pembukuan

Sebagai orang yang mempunyai usaha, kamu harus rajin mencatat pemasukan dan pengeluaran.

Hitunglah laba yang masuk, meskipun jumlahnya kecil tapi sangat berpengaruh bagi kelangsungan bisnis pulsa elektrik yang kamu kelola.

Begitu juga dengan pengeluaran, kamu harus bisa menekan biaya operasioanal sehemat mungkin.

Kalau saranku, manfaatkan paket sms untuk mengirim setiap transaksi, terkadang hal ini sering dilupakan para penjual pulsa, mereka tidak sadar kalau setiap pengiriman juga membutuhkan pulsa.

Jadi, lakukan pembukuan untuk mengetahui berapa keuntunganmu perhari atau perbulan.

Untuk memaksimalkan pendapatan, tidak ada salahnya kamu baca Tips Mengembangkan Bisnis Jualan Pulsa.

Itulah langkah awal yang harus kamu lakukan jika ingin membuka bisnis jualan pulsa elektrik, menurutku langkah di atas sudah cukup, tapi jika kamu masih punya cara yang lain bisa ditambahkan.

Intinya dalam membangun sebuah bisnis harus sabar dan mempunyai pembukuan yang baik, jangan sampai usaha yang susah payah kamu bangun, malah tumbang ditengah jalan.

Selamat mencoba berbisnis pulsa elektrik.

Sek yo!

12 Responses to "Langkah Awal Bisnis Jualan Pulsa Elektrik"

  1. Dengan kelima poin di atas usaha pasti berjalan lancar, setidaknya bisa berkembang meski untung sedikit. Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. untung jualan pulsa kan emang sedikit mbk, tapi kalau bisa dikelola dengan baik bisa jadi penghasilan yag lumayan.

      Hapus
  2. Dari dulu pengen buka nyang beginian.... tapi belom aja kesampaian....

    BalasHapus
  3. paling susah kalau ada temen yg ngutang, pas ditagih pada banyak alesan
    padahal sini juga butuh buat kulakan lagi hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini emang jadi penyakit yang harus dihindari para pedagang pulsa mas hehe

      Hapus
  4. Bang boleh g jual pulsa misalnya pulsa 10ribu dijual seribu?
    Pasti laku bang
    Saya yakin

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh mas, kalau emang lagi gak waras haha.

      Hapus
  5. Huwaaaa...aku jualan pulsa bangkrut mulu nih. Yaitu diutang sama saudara sendiri. wwkwkwkwkwk Mau nagih nggak tega. Eh, mereka malah keblabasan. Ya sudha wassalam deh. Tapi, ada sih keinginan untuk jualan pulsa lagi meskipun untungnya juga nggak seberapa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. harus pinter ngelola dan kadang harus tega juga mbk, kalau soal bisnis jangan bawa nama keluarga atau temen, yang utama adalah profit hehehe.

      Hapus
  6. kalo usaha pulsa gini, apalagi anak sekolahan atau kuliahan itu pasti rentan diutangin temennya. Belum sempet dibayar, eh saldonya habis. :'))

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas Yog, sama kejadian yang aku alami dulu, eh sekarang juga masih deng, tapi lebih selektif aja kalau ada yang ngutang.

      Hapus