Tips Menggunakan Bor Listrik



Sumber : Pixabay.com
Hal utama yang perlu diketahui mengenai bor listrik adalah Anda dapat mengganti mata bor. Bor listrik yang paling modern dikencangkan dengan pengungkit. Begini cara kerjanya:
1.      Longgarkan (ingat, putar ke kanan untuk mengencangkan, dan ke kiri untuk melonggarkan).
2.      Pasang mata bor ke dalam lubang mata bor (dengan tiga gigi penahan)
3.      Kencangkan. Pastikan sangat kencang. Anda bisa mengencangkannya sedikit lebih banyak dengan menahan bagian melingkar yang besar di belakang mata bor, kemudian tekan pemicu selama beberapa detik. Sebagian besar bor rumahan menggunakan lubang mata bor tanpa kunci. Ini berarti Anda bisa mengencangkannya hanya dengan tangan. Namun demikian beberapa bor membutuhkan kunci untuk mengencangkan lubang mata bor. Kunci tersebut biasanya di simpan di bagian atas bor atau di pegangan bor.
Bor listrik memiliki dua komponen penting lain. Ada tombol di dekat pemicu yang memerintahkan bor apakah akan maju (searah jarum jam) atau mundur. Di kebanyakan bor juga ada pengaturan gaya putaran. Ketika gaya putaran ditetapkan ke pengaturan paling rendah, maka akan mengencangkan sekrup sampai terasa sedikit tegangan, kemudian mulai klik dengan cepat.
Ada tiga jenis mata bor untuk jenis bahan yang berbeda. Mata bor yang paling umum adalah untuk penggunaan umum, dengan mata bor yang sederhana, dan dapat digunakan untuk hampir semua pekerjaan di sekitar rumah. Mata bor lainnya mencakup bentuk waru atau mata bor datar untuk membuat bingkai lubang baut di kayu, masonry untuk beton, mata bor dengan ujung paku untuk memasang paku, dan mata bor dengan ujung karbit intan untuk mengebor porselen atau benda dengan permukaan kuat.
Ketika mengebor lubang untuk sekrup., pastikan menggunakan mata bor dengan ukuran yang tepat. Untuk melakukan hal ini, tahan sekrup dengan mata bor di depannya. Anda seharusnya mampu melihat seluruh ulir sekrup di belakang mata bor. Dengan kata lain, mata bor harus sama ukurannya dengan bodi sekrup, tetapi lebih kecil dibandingkan ulirnya.
Jika mengebor lubang yang besar, terutama pada logam atau dengan titik pusat yang tepat, hal pertama yang dibutuhkan adalah membuat lubang pilot yang lebih kecil untuk membantu memandu bor dan melindungi bahan dari retak. Beberapa mata bor dapat melakukannya untuk Anda, tetapi ini merupakan peralatan khusus, dan Anda kemungkinan belum pernah melihatnya.
Membuat Lubang Paku dengan Bor Listrik
Jika dibandingkan dengan membuat lubang paku menggunakan obeng, peralatan listrik memiliki daya lebih ketimbang peralatan dengan tenaga tangan saja. Namun karena lebih kuat, maka dengan cepat bisa menimbulkan kerusakakan lebih pada sekrup, dinding, tangan, mata dan lain-lain. Makada dari itu hati-hati ketika menggunakannya, pindahkan secara perlahan, gunakan pelindung mata. Jangan pernah pura-pura berkelahi atau menembak teman dengan peralatan listrik Anda. Karena kendati kegiatan tersebut lucu dan menyenangkan, tetap saja berbahaya dan dapat menimbulkan musibah.
Ketika mengebor, perlu diingat bahwa Anda bisa membuat lubang lebih besar, tetapi tak akan pernah bisa membuat lubang lebih kecil. Jika Anda tak yakin dengan ukuran mata bor untuk digunakan, lebih baik salah dengan membuat lubang terlalu kecil.
Juga bila membuat luband di dinding kering, pastikan menggunakan jangkar dinding kering. Ulir tajam kecil dari sekrup terlalu lembut untuk komposisi berkapur yang kasar dari dinding kering. Ulir plastik besar dan bisa direnggangkan, dan akan bertahan di dinding kering ketimbang sekrup telanjang.
Bor Makita
Salah satu merk bor yang memiliki banyak pilihannya adalah borMakita. Rentang harga bor ini beragam, mulai dari Rp 500 ribuan hingga Rp 30 jutaan. Variasi harga bor ini tentu saja berdasarkan kehandalan dan fitur yang ditawarkan.
Bila ingin mengetahui daftar harga bor listrik, maka Anda bisa mencarinya di toko online. Pada toko online tersebut, Anda bisa melakukan perbandingan harga dan fitur sesuai anggaran dan kebutuhan.

10 Responses to "Tips Menggunakan Bor Listrik"

  1. Harganya lumayan mahal, tapi sepadan dengan kegunaannya. Dengan kemudahan menggunakan bor listrik maka pekerjaan lebih cepat terselesaikan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada harga ada barang mbk, semakin mahal semakin bermanfaat bagi pekerjaan manusia hehe.

      Hapus
  2. bolehkah aku mengebor mantan dengan salah satu bor listrik itu? wkwkw

    BalasHapus
  3. mau dibor bagian mana mas? wkwkwk

    BalasHapus
  4. bor makita harganya mahal tapi sesuai dengan kemampuannya ya gan

    BalasHapus
  5. Sebagai pelaku bisnis mebel, saya harus akui keunggulan Makita. Pilihan banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener kan mbk, sudah terbukti kualitas bor Makita ya.

      Hapus
  6. Lagi pengen beli bor, taunya merek2 perkakas yg itu2 aja, makasi info bor makita nya

    BalasHapus