Menulis Sesuai Topik yang Kamu Sukai

sumber gambar: pixabay
Tak terasa besok hari sabtu kita sudah memasuki bulan puasa, aku ucapin selamat menunaikan ibadah puasa bagi yang menjalankan ya, hehe.

Oh iya aku mau sedikit curhat, blog yang sekarang kamu singgahi ini dulunya sepi pengunjung lho, dan sampai sekarang masih tetep sepi pengunjung sudah lumayan pengunjung organik dari search engine.

Blog Santoz Ahmad sudah hadir sejak September 2016, ya belum pernah merayakan ulang tahun dong haha, dengan umur yang ibarat seumur jagung, aku merawat rumah keduaku ini dengan sabar serta menggunakan hati.

Aku berusaha menyuguhkan (halah bahasane) artikel yang bisa membuat pembaca nyaman dan sedikit menarik bibirnya kedalam (senyum) meskipun kadang ada yang terpaksa senyum hahaha.

Dulu sebelum aku tau tentang dunia blog (masih SMA), aku suka memperbaiki hape android temenku yang bootloop (mati suri), biasanya ditandai dengan hape yang cuma mentok pada logo saja, tidak bisa masuk ke homescreen.

Setelah percobaan pertama berhasil, aku dikenal sebagai penyembuh hape android yang sakit, haha. Soal imbalan aku gak minta kok, kalau ada yanng ngasih ya tak terima, karena kata ibuku gak baik menolak rejeki.

Karena rejeki (nama orang) cantik dan pintar masak hahaha.

Aku bisa memperbaiki hape yang rusak, ilmunya juga dari blog-blog yang sudah membagi ilmu kepada semua orang yang mau belajar, hehe. Waktu itu aku hanya mengunjungi blog mereka dan mempraktekkan tutorial yang mereka sajikan.

Belum kepikiran membangun blog seperti sekarang.

Terkadang aku mikir, orang-orang kok pada ngeblog, menulis artikel panjang banget dan jumlah artikelnya udah ribuan, apa yang mereka dapat dari blog?

Aku kira ngeblog itu ya cuma nulis, berbagi informasi dan buang-buang waktu di depan komputer, tapi setelah aku pelajari, eh ternyata eh ternyata ngeblog bisa menghasilkan uang hihihihi.

Nah baru sadar aku sekarang.

Meskipun gak semua orang yang ngeblog tujuannya untuk uang sih, ada yang ngeblog tujuannya buat mengekpresikan diri, biar eksis gitu lho.

Seperti aku yang waktu ngeblog juga belum mikir bisa dapet uang, tapi setelah kenal dengan blogger lain yang lebih senior, gabung ke komunitas blogger, sekarang jadi paham kalau ngeblog itu bisa menghasilkan uang.

San, kamu sudah dapet uang banyak dari ngeblog ya?

Alhamdulillah sudah dapet penghasilan kok dari ngeblog, pokoknya bersyukur hehe. Cukup buat membeli paketan biar internet tetep jalan.
Kali aja mengisnpirasi Perjuangan Awal Ngeblog Sampai Keterima Adsense 
Masalah nominal itu belakangan, karena kalau mikir nominal, biasanya jadi gak fokus dan ngeblog udah gak enjoy dan asyik lagi hehe.

Serius ini.

Kalau kamu mau membaca saranku, sebaiknya awal ngeblog dinikmati aja, sambil belajar dan mengasah teknik menulis. Nanti kalau sudah kenal blogger lain pasti kamu tahu sendiri gimana asyiknya ngeblog hehe.

Punya banyak temen sesama blogger, saling tukar ilmu dan mendapat pacar baru ilmu baru.

Awalnya blog ini berisi tentang hal-hal pribadi yang aku alami, berhubung aku orangnya nggantheng sedikit hobi dengan yang namanya gadget, aku mulai tertarik untuk membahas tentang teknologi.

Artikel pertamaku tentang teknologi yang sekarang nangkring di page one berjudul Cara Mudah Memperbaiki Kipas Angin Seret Dalam 5 Menit.

Artikel tersebut berisi tentang memperbaiki dan membersihkan kotoran pada kipasa angin yang mengakibatkan perputarannya tidak maksimal.

Kalau gak percaya ketik aja di kolom pencarian dengan kata kunci "Kipas Seret" atau "Kipas Angin Seret" dan criiiiiiing!! lihat artikel paling atas, tapi kalau gak paling atas seenggaknya page one lah hahaha.


Tergeser oleh persaingan, pasang surut seperti cintanya padamu wkwkwkwk.

Sudah kamu cari belum, kalau belum silakah dicari, aku tunggu lho.

Meskipun artikel tentang cara memperbaiki kipas angin tersebut nangkring di page one, ada artikel lain yang sering dibaca orang dan muncul juga di halaman satu dan dua hehe.

Penasaran ya?

Pada Oktober 2016, aku kan beli MiFi dan aku membuat artikel tentang Cara Membeli Paketan Unlimited, dan pengunjungnya sedikit, hahaha.

Akhir-akhir ini aku sering membahas tentang produk dari Smartfren, seperti hape dan MiFi. Kenapa aku membahas produk Smartfren? Alasannya sederhana, dulu waktu SMA hape android pertamaku adalah Andromax C haha.

Sekarang aku kan pakai MiFi, jadi aku sering membahas tentang MiFi dan harga paketannya, karena hal tersebut kebanyakan kata kunci menuju blogku tentang MiFi dan harga kuota.

Hingga membuat artikel tersebut nangkring di halaman pertama pencarian di Google, cari saja kata kunci di bawah ini dan lihat hasilnya.


Note: Kalau hasilnya ada yang di halaman dua atau tiga berarti sudah tergeser hehe.

Mungkin bisa muncul di halaman pertama karena sedikit saingannya ya, aku kan gak begitu mudeng SEO, pokoknya nulis gitu aja, nanti kalau banyak yang mbaca, artikelku bakalan naik sendiri.
Aku mulai membatin "Hmmmmb rasanya aku harus menulis sesuia kata hatiku deh."
Dan sejak saat itulah aku mulai membahas teknologi (sesuai minatku), tapi ya gak semua tentang teknologi, kalau lagi pengen nulis curhat ya curhat, pokoknya fleksibel lah, biar pembaca seperti kamu itu gak bosen.

Tapi kalau masih bosen, aku sarankan kunjungi blogku tiap hari sampai kamu merasa nyaman dan gak bosen lagi hehe (kalau mau sih)

Saat ini aku mulai berusaha untuk menulis sehari satu artikel, dan membuat jadwal artikel apa saja yang harus ditulis hari itu. Namanya manusia biasa terkadang rasa malas mengalahkan semangatku, sudah dapet ide mau nulis kemudian duduk di depan laptop, eh gak jadi nulis gara-gara laptopnya belum tak nyalain hahaha.

Kamu jangan meniru kelakuanku ini ya.

Harapanku saat ini aku bisa nulis sehari satu artikel selama sebulan penuh, jadi tiada hari tanpa ngepos, sekarang harus bisa membalikkan keadaan, semangatku harus bisa mengalahkan rasa malasku.
Karena semangat yang membara akan mengalahkan rasa malas.
Sudah dulu ya, aku rasa hanya itu yang bisa aku munculkan dari unek-unekku, hehe.

Terimakasih aku ucapkan untuk kamu yang sudah mau mampir ke sini, entah itu dari search engine, sosial media, maupun kesasar.

Sek yo!

28 Responses to "Menulis Sesuai Topik yang Kamu Sukai"

  1. Mantap mas. Blog pertamaku malah sudah tak terurus karena lupa passwordnya. Hanya blog yang menggunakan nama pendek saya yang bertahan hingga sekarang karena saya pakai untuk berbagi informasi yang saya ketahui.

    Sepertinya kita menyukai dunia yang sama yaitu gadget dan teknologi. Kalau android aku lebih suka membahas fitur. Kalau soal repair, nyerah deh :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang penting konsisten mas, terkadang kau juga suka bingung mau ngepost apa, padahal teknologi mempunyai bahasan yang luas , saking luasnya malah bingung hehe

      Hapus
  2. Kalau aku sendiri sih ngeblog kalau lagi pengen, bagiku ya tempat untuk berbagi itu di blog. Semacam diary lah, jadi ketika sudah waktunya aku bisa baca-baca. Dan kuharap orang-orang yang membaca bisa termotivasi.

    Haduh soal adsense aku ditolak mulu, efek pas awal bikin blog aku alay mungkin. Isi artikel copas semua, ini lagi mau ngapusin yang copas gak selesai selesai xD

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang semangat mas, maju terus hehe

      Menulis gak harus ditujukan untuk adsense kan? kalau mas suka menulis bisa juga nanti nerbitin karya berbentuk buku, seperti novel atau buku cerpen mungkin. karena ada 1000 jalan menuju sukses dari hobi nulis.

      Hapus
  3. Wuuihh keren, aku dulu klo ngetik suatu post nggk pernah dijadiin draft, makanya bisa selsai dalam waktu kurang dari 3 jam dan kualitas tulisan yang gk enak sibaca......hehehe

    Bicara page one, aku ikut lomba ardhosting pernah sekali masuk page one dan seminggu kemudia malah masuk page 3, aku tersingkirkan. Padahal sudah di klik 50 klik lebih di warnet :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang penting sudah pernah masuk page one ya tar hahaha.

      lha sekarang kamu malah jarang nulis, ayo nulis lagi mumpung masih muda.

      Hapus
    2. Tapi terkadang ada rasa jenuh, aku males ngetik karena takut laptopnya rusak, dan aku juga belum punya wifi rumahan. Internetan aja aku masih tetringan sama adekku......hehe

      Hapus
    3. waw aku tercengang. ngapain takut rusak, kan laptop itu punya keyboard dan fungsinya untuk ngetik, emang ngetikmu pakai palu ya? ada-ada aja.

      Hapus
  4. Cool !
    PAsti salah satu pendapatanblog mas santo dari Adsense ya ehem.
    Tapi adsensku sangat lambat pendapatanya cuma berapa digit aja perbulan.
    tapi tetap disyukuri :)

    Aku juga ada tuh beberapa postingan yang page one.
    Ternyata nyai pageone itu susah wkwk :)
    Y sekarangmah niat tulus buat nulis aja deh sama berbagi informasi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Disyukuri aja mas Khoirul hehe

      soal page one aku juga gak begitu menerapkan SEO, biasanya kalau artikel kita banyak yang mbaca nanti juga bakalan jadi page one sendiri hehe.

      Menulis itu hobi mas, kalau sudah hobi nanti pasti ada peminatnya juga kok.

      Hapus
  5. Aku dulu bikin blogs awalnya buat cari duit, tapi malah nggak dapet dapet duit karna nggak bisa fokus ke postingan.

    Tapi mulai akir akir ini mau usaha fokus ke topik yang ku sukai, entah punya bakat atau enggak di topik itu hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tujuan utamamu sudah jelas mas, sekarang tinggal mewujudkannya.

      Saranku ikuti topik yang menjadi hobimu mas, pokoknya hal yang bikin kamu bahagia dan kamu tunggu-tunggu untuk melakukannya tiap hari.

      Hapus
  6. Dan masalah page one, kasih tips dong bang. Soalnya aku sendiri belum pernah ngerasain rasanya page one.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau aku sih gak terlalu menerapkan SEO mas, soalnya gak mudeng hehehe.

      intinya sih nulis sesuai apa kata hati dan kalau banyak yang baca, nanti bakalan page one kok.

      Hapus
  7. Wah alhamdulillah udah pernah dapet pendapatan dari ngeblog. Blogku juga masih baru sih, kayaknya gak beda jauh deh waktunya sama blognya mas, tapi bedanya blogku masih sepi juga daripada punya mas, dan belom hasilin pendapatan juga hehehe. Tapi seneng aja gitu ngeblog, yang bikin seneng itu sebenernya bukan nulisnya sih, tapi prosesnya itu. Soalnya aku sebelum ngeblog itu harus ngumpulin bahan dari event, review ke kafe2 dll., intinya sih ya nikmatin aja prosesnya, jangan fokus ke pendapatannya dulu

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah mas Samuel malah bagus nih, sebelum nulis mencari bahan dulu untuk direview ya, aku rasa lebih keren karena ada proses yang harus dilalui, semangat mas.

      Hapus
  8. ntah kenapa akhir2 ini aku udh males bgt nulis di blog .. ada sarannya nggak ni mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau aku punya trik mas, saat mulai bosan nulis aku mengingat kembali tujuan awal aku terjun ke dunia blogger.

      dan lakukan sedikit refreshing saat otak sudah mentok mas, ya bisa dengan keluar rumah ngobrol dengan temen. Dicoba aja dulu mas.

      Hapus
  9. Kalo kata gue, sih. Nulis aja apa yang lo mau tulis. Jangan dipaksain karena kalo dipaksain nanti malah jadinya jari-jari lo gak mau untuk diajak berlarian di atas keyboard. Oh iya, tambahan, tulis juga apa yang digelisahkan karena biasanya ketika kita lagi gelisah tentang sesuatu, pasti otak kita gampang banget buat cerna kegelisahan itu menjadi tulisan.

    Dalam urusan ngeblog, uang itu belakangan. Kalo emang lo udah konsisten ngeblog, dia juga bakal dateng dengan sendirinya. Btw, keren itu bisa masuk page one google. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener juga tuh, nulis tentang apa yang digelisahkan, aku belum pernah nyoba, tapi kadang pas gelisah itu banyak banget unek-unek yang mau dikeluarin, kenapa gak dituangkan di blog aja ya hahaha, thanks lho bro. :D

      Hapus
  10. Selamat ya, akhirnya dari blog bisa nambahin penghasilan. Nggak semua blogger bisa lulus adsense, kayak aku ini, hehe

    Tapi kembali lagi ketujuan masing2. Kalau memang ngeblog untuk mencari pundi2 rupiah, why not? Asal dilakukan dengan cara yang bener dan persaingan yang sehat antar blogger. Kalau aku pribadi, tipe orang yang nulis karena ingin mengekspresikan diri

    BalasHapus
    Balasan
    1. padahal sebelum ngeblog aku sering mbaca postingan kamu lho mabk pit, dulu blognya yang masih avvtr hahaha.

      Aku suka yang bagian njajan time, reviewnya bagus mbk, ditambah lagi gambarnya juga keren.

      Hapus
  11. wuih, SEO nya ngena di ranking 1. Gue setuju perihal menulis tentang sesuatu yang memang kita suka. Kalau gue sih senjata SEO gue ada di postingan-postingan tentang film. Karena gue memang suka nonton film dan suka nulis, maka tulisan tentang film adalah sesuatu yang gue rasa gue banget :")

    BalasHapus
    Balasan
    1. sepertinya setiap blogger mempunyai tema andalan ya mas, hehe.

      Hapus
  12. Banyak yang ngira nulis itu gampang. Padahal mah susah....

    Gw mah kalo nulis ya nulis aja. Kalo nemu topik ya ditulis biar gak lupa. Nanti tinggal dikembangin sendiri pas ngetik. Yang penting mah jadi diri sendiri.

    BalasHapus
  13. kalau cuma nulis sih gampang mas. yang susah itu nulis yang berbobot dan membuat pembaca mendapat ilmu baru dan setidaknya pembaca bisa memahami hehe.

    Menulis sesuai minat memang lebih mudah hehe.

    BalasHapus
  14. ngebangun blog emang butuh banget kesabaran dan onsistensi nulis bro. Saya jujur 3 tahun ngeblog tapi artikel masih dikit banget, sekarang aja baru sadar pas lagi sayang-sayangnya. Tapi alhamdulillah di blog satunya tentang pariwisata pengunjungnya banyak banget. Intinya jangan pernah malas ngurus ngeblog deh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah bahas pariwisata berarti harus sering piknik dong mas, aku aja jarang ke tempat wisata gimana mau bahas tentang wisata hehehe.

      Hapus