Perjalanan Ngeblog Sampai Diterima Adsense



Ngeblog merupakan aktifitas yang aku geluti sejak September 2016 lalu, kalau dibandingkan dengan blogger profesional lain, aku ini terbilang masih baru terjun di dunia perbloggingan.

Banyak hal yang harus aku pelajari, belum dikenal banyak orang, dan yang pasti harus tetep semangat.

Belum genap satu tahun aku belajar ngeblog, banyak hal-hal menarik yang aku dapatkan dan banyak juga hal yang terkadang bikin aku setres, salah satunya gara-gara traffic blog gak naik-naik dan yang paling utama DITOLAK ADSENSE berkali-kali.

Aku mau sedikit curhat.

Dulu pas aku pertama kali ngeblog niatnya cuma iseng untuk mengisi kekosongan di hidupku, karena waktu itu aku punya banyak waktu yang terbuang sia-sia tiap harinya.

Saat ini aku masih kuliah dan belum bekerja, kuliah sehari cuma dua jam itupun mulai jam 16.00 WIB sampai 18.00 WIB, kebanyang kan kalau pagi aku ngapain?

Iyap betul, aku tidur dari pagi dan bangun siang, karena gak ada kegiatan aku berpikir gimana caranya biar aku punya kesibukan, pengen kerja tapi belum dibolehin orang tua, pernah sih aku dulu sempat mencicipi dunia kerja, tapi baru sebulan aku sudah resign.

Blog Pertamaku

Aku membuat blog sederhana gratisan bernama pemudaganteng.mywapblog.com. Nama itu aku ambil karena menurut ibuku aku ini anaknya yang paling nggantheng hahaha.

Pasti kamu sudah gak asing lagi dengan MywapBlog atau MWB ini kan? Itu lho layanan blog yang cocok dijalankan melalui hape.

Sayangnya umur blogku ini gak bertahan lama, karena pemilik MyWapBlog telah mengambil keputusan untuk menutup MyWapBlog pada bulan November 2016.

Kemudian aku membuat blog baru dengan nama yang lebih masuk akal hehe, santoahmad.blogspot.com itulah blog yang menjadi tempatku mencurahkan isi hati dan yang kamu kunjungi saat ini.


Intinya blog Personal.

Santoahmad aku ambil dari namanku sendiri yaitu Ahamd Santoso, dan aku ubah sedikit biar sedikit lebih keren hehehe.

Ya kan ngubahnya dikit, kalau ngubahku banyak pasti kerennya lebih banyak hahahaha.

Seperti biasa, anak polos yang baru terjun pertama kali di dunia perbloggingan, aku menjadi anak yang haus ilmu tentang blog. Setiap hari aku selalu membaca panduan tentang ngeblog, dan waktu itu aku membaca panduan dari mas Darmawan di blognya panduanIM (bukan promosi lho) hahaha.

Setelah sedikit paham tentang ilmu dasar ngeblog, aku mulai menulis artikel pertama di blogspot berjudul Nama Saya Ahmad Santoso, maklum anak baru masih menggunakan kata saya dan anda hehehe.

Setiap hari aku terus belajar dan belajar, membuat artikel yang aku rasa bermanfaat bagi diriku dan orang lain, aku terus mencari grub grub di Facebook yang membahas tentang blog, sampai akhirnya aku menemukan grub pertamaku Blogger Energy.

Blogger Energy merupakan komuitas blogger personal yang anggotanya banyak banget, orang-orangnya juga baik dan lucu-lucu.

Setelah sebulan menjadi anggota BE aku menemukan 2 orang yang sekarang jadi teman baikkku, mereka adalah Rama dan Azhie kami saling bertanya seputar blog, sampai akhirnya kami memutuskan membuat grup blogger personal bernama SARAP (Santo, Azhie, Rama Anak Personal)

Kemudian aku juga menemukan grub Facebook bernama Warung Blogger, tempat untuk silaturahmi antar blogger dan promosi artikel.

Setelah yakin ngeblog bisa mengubah hidupku, aku mengupgrade santoahmad.blogspot.com dengan domain sendiri atau sering disebut TLD (Top Level Domain) menjadi santozahmad.com

Best Moment

Ini tadi temanya Best Blogger Moment kan, pada Mei 2017 ini aku sedang mengalami kejadian yang sangat berarti untukku.

Sebelumnya aku sudah menceritakan kalau aku sering ditolak saat pengajuan ke adsense kan, perlu kamu ketahui sejak mengenal adsense aku mulia tertarik dengan dirinya.

Aku mempunyai target biar bisa diterima sama si adsense, aku sudah berusaha meluluhkan hatinya tapi apa boleh buat, aku ditolak dengan alasan aku kurang nggantheng haha.

Alasannya karena konten tidak memadai.

Hmmmb maksudnya apa ini?

Apakah konten harus panjang? Apakah jumlah artikel harus ribuan?

Aku rasa tidak.

Solanya banyak blog dengan panjang artikel antara 500-800 kata dan jumlah artikel belum ada 100 juga diterima adsense, dari situ aku berpikir aku harus bisa haruuuuuuussss!!

Semangat yang dulunya membara berapi-api sempat down, lemes dan lesu, bagaimana gak lemes, aku sudah berusaha tapi hasilnya belum maksimal.

Tapi aku gak menyerah, aku membuat tulisan penyemangat yang aku tempel di samping kaca kamarku, tujuannya saat aku ngaca aku bisa membaca tulisan penyemangat tersebut.

Tulisannya cuma tulisan motivasi pembakar semangat biasa, dan aku juga membuat jadwal ngeblog mulai senin sampai minggu lengkap dengan topik yang dibahas dan jam kerjanya.

Aku mulai serius nih.

Aku mempelajari alasan penolakan adsense dan aku berusaha memperbaikinya, dan pada akhirnya.

Pada akhirnya

Kamu nungguin terusannya ya haha.

Alhamdulillah akhirnya pada Mei 2017 aku mendapat email cinta dari google adsense yang isinya aku diterima sepenuhnya menjadi Publisher. 

 
Yeeeeeeeeyyy!!!

Aku sempet gak percaya, kan bangun tidur aku masih agak pusing dan ibarat nyawa belum ngumpul 100 %. Aku baca lagi isi email tersebut dan ternyata bener, aku diterima sepenuhnya.

Mimpi yang aku inginkan sudah jadi kenyataan.

Untuk memastikan, aku coba masuk dashboard adsense dan membuat satu unit iklan baru, dan tak pasang di bagian sidebar blog santoz ahmad.

Setelah nunggu beberapa menit eh iklannya beneran muncul lho, beneran muncul. Dan aku melompat kegirangan sambil nyetel lagunya American Author yang judulnya Best Day of My Life, dan akupun ikut nyanyi pas bagian reff "u u uuuuuu This is gonna be the best day of my life, my li i i i ife".

Saking senengnya sampai ibuku heran melihat anak laki-lakinya yang nggantheng ini seperti orang mau nikah aja, padahal aku masih jomblo lho hehehe.

Meskipun belum pernah gajian dari adsense aku tetep bersyukur, karena ini merupakan impianku saat jadi blogger, mungkin hal ini terdengar biasa aja bagi para blogger yang sudah bertahun-tahun menikmati gajian dari adsense.


Tapi aku yakin dulu pas pertama kali diterima adsense mereka juga seneng meskipun gak sampai melompat-lompat smbil nyanyi kayak yang aku lakukan ini.

Sekarang tugas utamaku membuat konten yang bermanfaat dan menarik pengunjung yang banyak, sambil belajar juga dari blog blog yang sudah menyediakan panduan secara gratis. Karena yang paling utama adalah konten yang bermanfaat dan mempunyai pengunjung setia.

Bagi kamu yang ngeblog, pasti punya Best Moment juga kan? Kamu juga bisa menceritakan kejadian terbaik selama kamu jadi Blogger.

Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba blog ulang tahun ke-6 tahun Warung Blogger.


16 Responses to "Perjalanan Ngeblog Sampai Diterima Adsense"

  1. Perjalanan panjang yang melelahkan, tapi itu semua mendapat hekmah yang baik, mas. Tetap semangat karena segala sesuatu kita dapatkan dengan baik jika kita terus tetap berusaha dan pantang menyerah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. eh ada mbk Lisa, kita sama-sama alumni MWB ya mbak hehe,

      semua jika dilakukan dengan sabar dan ikhlas akan dapat pahala mbk.

      Hapus
  2. Rindu juga sama adsense. Tapi waktu itu saya pake blog english sih. Jadi approvalnya gampang :p Udah 4 tahun ga ngeblog. Tahun ini ngeblog lagi hehehe. Coba ah kapan kapan sign up adsense pake blog bahasa. Ajarin dong mas :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah mbknya aja udah keterima duluan, malah pake blog bahasa inggris lagi hihihi, aku juga masih belajar mbk, rajin membaca dan praktek hehehe.

      Mau nyoba buat artikel bahasa inggris tapi masih belepotan mbk.

      Hapus
  3. Aku ngeblognya masih suka2. Good luck lombanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. dari suka-suka jadi ketagihan lho heheh, thanks ya.

      Hapus
  4. Boleh tahu nggak kak. Lama review yang dibutuhkan. Soalnya aku juga ditolak melulu. Padahal sudah aku upgrade ke TLD bulan februari 2017 lalu.

    Sekitar 2 minggu yang lalu, aku juga menerima email penolakan. Boleh bagi tipsnya atau cara pendaftarannya nggak sob.

    Segala macam tutorial saya coba, tapi hasilnya nihil.

    Alamat blogku videoarsip[dot]com

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau pengalamanku pribadi review hampir sebulan mas, tapi ada juga yang dua minggu.

      intinya semangat terus hehe.

      Usahakan baca alasan penolakan, dan perbaiki kesalahannya mas.

      Hapus
  5. Asyyeekkk...Akhirnya ye, diterima juga. Job placement ngalir, Arsenal juga. Selamat-selamat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih mbk, hehe btw Arsenal apaan ya? club sepakbola itu hihihi.

      Hapus
  6. aku juga udh beberapa kali daftar ke adsense , tapi selalu ditolak dgn alssan konten tdk memadai.... apa sebenarnya yg harus dilakukan agar diterima adsense ??? solanya segala upaya sdh dilakukan tetap aja di tolak

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebenernya tinggal ngikutin TOS dari adsense itu sendiri mas, kan ada aturan-aturannya.

      Tapi kalau masih ditolak, tetep semangat aja mas sampai keterima hehe.

      Hapus
  7. Wah selamat ya Mas, berkat kerja keras akhirnya diterima juga :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih mbk, hehe ya ini aku udah melakukan semampuku mbk.

      tinggal memaksimalkan lagi.

      Hapus
  8. Kàlau saya suka nulis sie tapi kadang ga sempet karena kegiatan lain..top artikelnya...
    kalau lagi browsing suďi mampir di pencarian ketik aja blogyaniku
    makasih....

    BalasHapus