Ganti Oli Motor Matic Kamu Dengan Federal Matic Spesialis Dingin dan Rasakan Kehebatannya


Motor matic merupakan kendaraan roda dua yang menjadi favorit masyarakat Indonesia saat ini, karena motor matic mempunyai kelebihan dan kemudahan saat dikendarai. Jika motor manual kita harus memindahkan gigi percepatan secara manual, pada motor matic transmisinya diproses secara otomatis.

Motor matic menggunakan sistem penggerak otomatis atau biasa disebut CVT (Continously Variable Transmission) alhasil kamu hanya perlu menarik tuas gas untuk menjalankan motor matic.

Meskipun motor matic identik dengan kaum wanita, saat ini banyak pria yang suka mengendarai motor matic, dan saat ini banyak inovasi motor matic dari segi desain body, kapasitas mesin mulai dari 110 cc hingga 250 cc bahkan berbagai fitur canggih untuk menambah kenyamanan saat berkendara.

Sebagai pengguna motor kamu harus melakukan perawatan secara berkala supaya motor matic kesayanganmu tetap dalam keadaan fit dan tidak rewel saat dikendarai, perawatan tersebut meliputi bagian eksternal dan internal motor.

Kalau perwatan luar bisa dengan cara selalu menjaga kebersihan motor, mengganti ban yang sudah halus, dan lain sebagainya.

Nah yang paling penting dalam merawat motor adalah bagian internal (mesin) karena bagian ini perlu perawatan ekstra dan tepat, salah satunya adalah pemakaian pelumas (oli) untuk menjaga keawetan mesin motor matic kesayanganmu.

Apakah fungsi oli pada mesin motor?

Oli adalah cairan cairan/fluida yang berfungsi melindungi mesin saat bekerja, melindungi piston saat bekerja agar tidak terjadi gesekan, yang mengaibatkan baret pada piston.

Fungsi oli pada mesin motor :

  • Sebagai pelumas mesin, oli bekerja meminimalisir gesekan antar logam sehingga gesekan mesin menjadi lebih halus.
  • Sebagai pelindung mesin, oli juga melindungi mesin dari karat yaitu dengan cara mencegah reaksi oksidasi dari komponen mesin, dan menghilangkan reaksi kimiawi logam dengan panas saat pembakaran yang bisa menyebabkan korosi pada komponen.
  • Sebagai pembersih, oli bisa membersihkan kotoran yang masuk melalui sela-sela ring yang selanjutnya akan dibuang bersama oli saat pergantian oli mesin.
  • Sebagai pendingin mesin, panas yang terjadi akibat pembakaran pada ruang bakar akan merambat ke dalam mesin, oli akan mengalir ke permukaan komponen-komponen untuk membawa panas ke penampungan oli, panas tersebut dibuang bersama udara yang mengaliri tempat penampungan oli. Oli berperan penting menjaga komponen mesin, karena panas yang terlalu tinggi (overheat) akan merusak komponen dalam mesin.
Begitu penting peran oli bagi mesin motor kesayanganmu, jangan sampai kamu mengabaikan penggantian oli, meskipun dari luar motor tampak baik-baik saja, tapi kita gak tahu bagaimana kondisi pada mesin kan.

Berapa Km idealnya kita mengganti Oli Motor matic?

Setelah aku bertanya pada temanku seorang mekanik, dia menyarankan agar mengganti oli mesin setiap menempuh jarak 3000 km atau sekitar 1-2 bulan.

Oli apa yang cocok untuk motor matic?

Dalam memilih Oli Motor Terbaik tentunya kamu harus pilih Oli Motor Matic yang tepat untuk mesin motor matic kesayanganmu. Jangan asal pilih oli karena bisa mengakibatkan mesin motor bekerja tidak maksimal dan mesin juga akan cepat panas.

Pilihlah oli mesin yang spesial untuk motor yang spesial.


Nah, aku rekomendasikan pakai Federal Matic spesialis dingin, karena 2x Lebih Efektif, membuat performa motor 2x Lebih Kencang dan mesin motor matic 2x Lebih Bandel.

Apa sih kelebihan Federal Matic spesialis dingin?

Oli Federal Matic spesialis dingin ini mempunyai kelebihan sebagai berikut:

1. Menjadikan Konsumsi Bahan Bakar Lebih Irit

Saat motor sedang kamu kendarai, komponen-komponen yang berada di dalam mesin saling bergesekan, sehingga membutuhkan pelumas yang maksimal dan tepat. Federal Matic memberi perlindungan komponen mesin dari keausan dan kerusakan saat sedang bekerja.

Jika olinya mudah panas, kinerja mesin akan menjadi lebih berat dan mengakibatkan bahan bakar lebih boros.

2. Tarikan Gas Makin Enteng

Pelumas yang bekerja secara maksimal mampu meluamsi seluruh komponen dalam mesin, sehingga suhu mesin terjaga dan menghasilkan kinerja mesin yang maksimal. 

Federal matic meminimalisir gesekan antar komponen sehingga tarikan menjadi semakin enteng dan berkendara terasa lebih nyaman. Dan kamu gak perlu khawatir saat sedang dalam perjalanan jauh.

3. Kapasitas Oli Tidak Mudah berkurang

Kamu pernah gak mengalami kejadian kapasitas oli berkurang saat dikuras, hal tersebut disebabkan oleh penguapan oli dengan kualitas yang kurang baik di dalam ruang mesin yang panas.

Mesin yang panas mengakibatkan boros bahan bakar, kapasitas oli berkurang dan tarikan jadi agak berat.

*****

Selain ketiga keunggunal di atas, Federal Matic juga memiliki keistimewaan yang tidak dimiliki oli motor lain, karena Federal Matic diperkuat dengan Heat Protection Formula yaitu perpaduan spesial dari Vosceolastic Molecules, Active Moly dan Double ACT Cleaner.


Vosceolastic Molecules dapat meningkatkan akselerasi dan ketahanan mesin.

Active Moly melindungi gesekan antar komponen mesin, sehingga suhu mesin tetap dingin.

Active ACT Cleaner membersihkan kotoran pada seluruh permukaan komponen mesin, sehingga kinerja mesin menjadi lebih optimal.

Lebih jelasnya kamu bisa lihat video dibawah ini:



Bagaimana cara membedakan Oli Federal asli atau palsu?

  • Pertama, lihat apakah ada laser print Federal Oil berwarna abu-abu yang tercetak dengan rapi.
  • Kedua, pastikan kode produksi yang tercetak di badan botol dan tutupnya sama.
  • Ketiga, kamu akan melihat tulisan Federal Oil di label botol menggunakan sinar UV.

Nah, jika dari ketiga hal diatas tidak ada, bisa jadi Oli Federal tersebut palsu dan aku sarankan kamu mengembalikan Oli Federal tersebut ke penjualnya.

Setelah membaca ulasan tentang Oli Federal Matic diatas, apakah kamu tertarik untuk mulai menggunakannya? Federal Matic spesialis dingin memberikan perawatan yang maksimal buat mesin motormu, bahan bakar lebih irit dan tarikan semakin enteng.

Gunakan Federal Matic 2x Revolusi Dingin, dan rasakan perbedaannya.


sumber referensi:

http://motormobile.net/more.php?id=715
http://m.federaloil.co.id/read/314321/Ini-Kelebihan-Federal-Matic-Spesialis-Dingin
https://news.detik.com/advertorial-news-block/3454395/federal-matic-spesialis-dingin-kontrol-panas-2x-lebih-efektif


42 Responses to "Ganti Oli Motor Matic Kamu Dengan Federal Matic Spesialis Dingin dan Rasakan Kehebatannya"

  1. kayanya oke yah oli motor matic dari Federal Oil
    makasih gan infonya yah

    BalasHapus
  2. Mesin motornya jadi 2 kali lebih bandel, bang?
    Ya ampun makin badung j tuh mesin dikasih oli
    Kalo ketauan bandel mending dijitak j bang
    Tetangga saya tuh ada yg anaknya bandel, sampe2 pohon mangga orang diambil, tuh mungkin anak tetangga saya kebanyakan minum oli kali y

    BalasHapus
    Balasan
    1. tetanggamu sehat gak mas? atau jangan-jangan kamu juga suka minum oli ahhahaha.

      Pohon mangga diambil, buat apa coba,kalau buahnya sih masih wajar, lah ini pohonnya.

      Hapus
  3. Mobil juga pake federal oil ok punya lloooh

    BalasHapus
    Balasan
    1. buat mobil dan motor bagus semua mbk pakainya federal oil, hehe

      Hapus
  4. Wah penjelasannya detail ya. Maklum cw biasanya suka tinggal pake aja. Suka kurang ngerti soal beginian. Trima kasih infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya gak apa-apa mbk, asal mau baca aja pasti sedikit mudeng deh, hehe

      Hapus
  5. Wah canggih banget nih, nggk nyangka oli motor bisa untuk memperirit bahan bakar motor.....hehe. Tapi ini untuk motor matic aja iya kak? Motor gigi rekomendasinya apa kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau mesin cepet panas bahan bakar bisa agak boros lho Tar, kalau untuk motor 4T pakai Federal Supreme.

      Hapus
  6. wahhh, nice info nih. Gue sebagai pengguna motor mattic juga ahrusnya tahu sedikit banyak soal begini ya...dan ternyata ganti oli itu harusnya 1-2 bulan ya..terakhir gue ganti oli pas Lebaran kemarin. Jadi bulan depan harusnya ganti oli lagi ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbk, kalau gak diperhatikan, tau tau mesin motor mogok ditengah jalan kan gak enak hahaha.

      selalu servis motor spesialmu mbk, biar makin spesial deh hehe.

      Hapus
    2. Iya bener banget. Kalau dia mogok kan saya yang susahkaaaan

      Hapus
    3. Alhasil kamu harus olahraga mbk, Dorooooong!!! hehe

      Hapus
  7. sejuah ini sih belum punya motor matic sih, hehehe, tapi masih pake motor bebek,.. tapi kalo motor bebek juga gak pernah pake oli ini.. biasanya sih aku pake oli dari merk motor yang aku beli.. hehehe atau pake oli enduro racing. gitu

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas, ini khusus oli matic kok.

      padahal naik matic enak lho tinggal gas-gas aja dan rem.

      gak bikin capek dan pegel dikaki hehehe.

      Hapus
  8. Sedikit paham, meskipun saat ini masih lebih nyaman pake sepeda. Ada pun motor bukan matic. Referensi manfaat buatku kalau nanti beli matic nih, Mas :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau masi Andi ini emnag pecinta sepedah ya, hehe biar selalu sehat ya mas, tapi boleh juga kok seklai-kali naik motor.

      Hapus
  9. Belum pernah punya motor matic. :(
    Klo make sih sering aja, tapi minjem. Ehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. lain kali beli ya bang,masak minjem mulu sih hehe

      Hapus
  10. pengetahuan baru buat aku yang tidak begitu mengerti tentang dunia otomotif, pas lagi service motor aja aku ngikut ama abangnya mau dikasih oli apa, pokoknya yang paling bagus gitu hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagus deh kalau ausah mulali sedikit paham, hehe solanya oli itu penting sekali buat motor mas biar mesin terjaga dan gak mogok ditengah jalan.

      Hapus
  11. mantaaappp jiwaaa federal matic emang, ternyata spesialis dingin toh. Wow banget nih kayaknya buat ngetrip sama temen temen.
    Oh ya, bukannya mau mematikan pasaran atau nge judge ya, aku pake federal matic kok malah jadi aneh gitu motornya, kayak susah buat jalan, padahal pas aku lihat ciri cirinya, federal maticnya asli! Ini gimana coba?









    oh ya motorku vixion

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkkw ya motornya kan vixion, ini kan Federal Matic mas, jadi khusus motor matic, kalau Vixion kan motor manual (kopling).





      hahahaha mas nya bisa aja deh.

      Hapus
  12. Gue dirumah juga pake matic. Selain santai, juga karena gue cuman tau bawa itu. Sebagai cowok, gue merasa gagal.. :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tinggal tarik gas motor udah ngacir ya mas wkwkwkwk.

      Hapus
  13. Loh oli juga ada yang kw nya ternyata? Gue kira oli semuanya sama wkwk

    Nanti aku saranin oli ini deh ke ortu yang pake kopling. Lumayan kan nanti sengaja beli motor matic wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ada mas, namanya juga barang dagangan , ada yang memalsukannya.

      seperti cinta yang kadang juga palsu hihihihi.

      Hapus
  14. Setelah baca ini akhirnya aku baru tahun kenapa harus ganti oleh setelah menempuh 3.000 km...

    Dulunya sih sering protes ke ortu, knpa harus 3.000 kok bukan 5.000. tekor kantong kalau ganti oli terus...

    Tapi dg membaca ini saya menjadi lebih paham...

    BalasHapus
    Balasan
    1. bagus kalau paham mas, soalnya kita harus merawat motor supaya gak mudah rusak, apalagi bagian mesin itu sangat penting dan butuh perhatian ekstra hehe

      Hapus
  15. Iya nih Kbetulan motor matik gue make federal yang ini, lumayan lah mesin entengan, terus gak cepet panas gitu. Mantab lah.

    Kalo masalah oli-olian, gue udah hatam, anak stm gak tau oli malu-maluin ya huahahahaha...

    Tapi mantab lah penjelasannya detil, yang bner-bner gak ngerti pasti lama-lama paham.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wih mantab bro. emang anak STM harus paham sama oli ya, jurusan apa sih hahaa.

      ya semoga yang baca tulisanku ini segera paham dan gak males ganti oli motor hehe.

      Hapus
  16. sebagai cewek, aku g paham apa-apa soal permesinan dan pelumasnya gini. apalagi dirumah cewek semua, kalau urusan motor, nyari praktisnya aja, bawa ke bengkel, hahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya bagus dong, serahin langsung pada ahlinya daripada gak keurus, tapi jangan lupa ganti oli tepat waktu ya hehe.

      Hapus
  17. keren juga nih federal oil matic. bener bener pas sdiake di motor matic. tapi sayang motor gue bebek. mungkin kalo gue punya motor metic gue bakal pakek ni oli. demi menjaga perofrma mesin bro!

    BalasHapus
    Balasan
    1. buat pengetahuan aja mas, kan bisa direkomendasikan pada saudara apa temen yang punya motor matic hehe.

      Hapus
  18. walaupun saya wanita tapi baca ini jadi ngerti tentang oli :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe iya dong mbk, harus ngerti biar motor tetep awet

      Hapus
  19. Aku juga kadang pakai federal oil, bagus sih.

    BalasHapus
  20. Ah aku belum punya motor nih wkwk.
    Tapi kalo pulang kampung aku suka pakai matic punya Ibu.
    Pernah juga diajak ganti oli di tukang service tapi ga pernah request mau pakai oli merek apa.
    Ganti oli ya ganti aja gitu wk.
    Ternyata ganti oli secara berkala dan memilih Oli yang berkualitas itu penting banget ya mas santo.
    Jadi tambah wawasan untuk ku nanti kalo mau beli matic :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. sangat penting mas, supaya mesin tetep awet dan motor tidak rewel dijalan hehe

      Hapus