Serunya Belajar Bareng Blogger Grobogan dan Kudus Blogger Community


Sebelumnya aku absen mengikuti kopdar rutin yang diadakan setiap bulan oleh Blogger Grobogan (BG) karena waktu itu aku sedang berada di luar kota.

Kopdar yang aku ikuti terakhir pas dibulan puasa kemaren, jadi mulai awal terbentuknya Blogger Grobogan pada bulan Februari silam, aku hanya absen sekali (wah prookk! prookk! prookk!!)

Kalau dipikir-pikir aku ini termasuk Blogger anyaran yang sregep (rajin) ya, hehe bagaimana tidak lha wong aku masih butuh banyak ilmu dan jam terbang agar blog yang aku kelola bisa semakin baik dan menjadi sumber penghasilan buat diriku.

💁 Kopdar Blogger Grobogan #1

💁 Kopdar Blogger Grobogan #2

💁 Kopdar Blogger Grobogan #3

Buat kamu yang baru pertama kali mampir di rumah (blog) ini jangan heran ya kalau adminnya emang nggantheng, dan jangan malu-malu, anggap aja sebagai rumah sendiri, kamu bebas baca, like dan komen semua tulisan yang ada disini secara gratis hehe.

Woiii kapan cerita kopdarnya? malah mbulet (muter-muter) aja San.

Oke, oke sabar ya, Calm down!!

Kopdar kali ini diadakan pada tanggal 17 September 2017 dan merupakan kopdar yang paling spesial menurutku, bukan karena aku ultah ataupun punya pacar baru haha.

BUKAN!!

Soalnya pengisi materi kali ini adalah seorang blogger yang berasal dari Kudus, dia adalah Mas Tri Wahyu Budi Utomo, bahkan dia sebagai ketua Kudus Blogger Community lho, kurang keren apa coba??

Dan aku ditunjuk sebagai Moderator acara, kurang keren apa coba??

Angkringan Pak Ujang
Sedikit info tempat kita belajar bareng ini berada di Angkringan Pak Ujang yang beralamat di Jl. A Yani No. 67 Purwodadi, menurutku tempatnya cukup luas dan strategis, berada di sebelah barat pasar Purwodadi dan depan Lapangan Bola Kuripan.

Untuk tempat parkir juga cukup untuk beberapa motor dan mobil.

Kalau kamu main ke Purwodadi sempatkanlah main kesini karena menunya juga banyak, kemarin aku mencicipi menu ayam bakar dan esteh (sama kayak anggota yang lain), untuk menu yang lain aku kurang tahu soalnya aku gak lihat daptar menu sih hehe.

Kepoin aja akun Instagramnya @UJANG_MIE.BEBAKARAN

Selain tempatnya yang nyaman, terdapat meja dan kursi yang empuk, disini juga ada akses Wi-Fi gratis (cocok buat kamu yang suka gratisan wkwkwk) kalau untuk pendingin ruangan cukup pakai kipas angin dan AC alami aja ya, udah semilir kok.

Sekarang balik lagi ke topik utama, kopdar dengan tema "Bincang Asyiknya Ngeblog" ini dihadiri sekitar 20 orang (anggota BG, SAC, Dharmaraja dan KBC), meskipun gak sebanyak biasanya yang penting tetep belajar. Maklum namanya manusia kan juga punya kesibukan masing-masing, jadi kita gak maksain anggota wajib dateng.

Kalau melihat jadwal sih acara dimulai pukul 09.00 WIB dan sesuai prediksimu ada aja peserta yang telat, termasuk aku sendiri nih hihihi jadi malu, padahal malem sebelumnya udah di kasih tahu pak Asti (ketua BG) buat dateng awal untuk membantu persiapan acara.

Maaf ya pak hehe.

Alasan aku telat :

😁 Rumahku jauh (alasan klasik)

😁 Gak ada barengan (alasan gak mutu)

😁 Jam dinding di rumah muternya lama, pas udah di jalan jam tangan muternya cepet banget (alasan macam apa ini)

😁 Terkena macet dua kali, pertama di pasar Boloh karena ada truk gede yang melintas, udah jalannya sempit banyak pedagang dan pembeli lagi (namanya juga pasar hehe)

😁 Mau nyalip-nyalip takut nyenggol pantat emak-emak pembeli yang berada dipinggir jalan

😁 Kedua kena macet lagi sepanjang Jl R. Suprapto karena kebetulan hari minggu ada Car Free Day

Dan akhirnya jam 09.30 baru nyampek lokasi deh, tapi Alhamdulillah acar belum mulai, toh banyak juga yang telat, bukan aku aja kok. Tapi ya jangan dibiasakan telat, sebagai pemuda nggantheng aku harus lebih disiplin.

Tak lama kemudian rombongan Mas Tri dari Kudus dateng sekitar 4 orang, setelah memberi sedikit sambutan dan kenalan, acara segera dimulai.

Susunan Acara

💁 Pembukaan

💁 Sambutan Ketua Blogger Grobogan

💁 Materi oleh Mas Tri

💁 Diskusi (Tanya Jawab)

💁 Istirahat

💁 Penutup

Sekitar jam 10.00 acara dimulai dengan pembawa acara Mas Adi dan dilanjutkan sambutan oleh Pak Asti, setelah beberapa menit baru menuju pemateri kita Mas Tri, (beri tepuk tangan dulu dong, prook! prook! prook!)

Dari kiri : Mas Tri, Mas Santo, Pak Asti dan Mas Adi
Mas Tri ini adalah laki-laki kelahiran Kudus tahun 1993 (gila ternyata seumuranku) dan dia sudah mulai ngeblog sejak tahun 2011, sedangkan waktu itu aku masih sibuk pacaran, main-main gak jelas dan mintain duit mamah (emak)

Ternyata dia juga sudah punya anak istri sedangkan aku masih aja jomblo single kayak gini hehe

Ketika membawakan materi Mas Tri bercerita mengenai awal dia ngeblog dan membangun tim bersama teman-temannya, awalnya sih ibunya sendiri gak percaya kalau ngeblog itu bisa menghasilkan uang, tapi berkat kerja kerasnya tiap hari, akhirnya dia membuktikan kalau ngeblog bisa dijadikan sumber penghasilan dan gaji pertama dia berikan kepada Sang Ibu (suatu saat aku juga akan mengikuti jejakmu mas)

Baca ya : Menulis Sesuai Topik Yang Kamu Kuasai

Untuk materi yang dibawakan membahas tentang teknik menulis, teknik membangun blog dan pengalaman ngeblog.

Setelah selesai mengisi materi tiba saatnya menuju sesi Diskusi, banyak temen-temen yang antusias mengajukan pertanyaan, dan semua pertanyaan dijawab sedetail mungkin sehingga temen-temen yang bertanya paham.

Kalau kurang paham bisa tanya ya :D

Malu bertanya ketinggalan teman
Bahkan ada satu peserta yang masih awan datang membawa laptop dan minta diajarin bikin blog dari dasar, tapi sorry bro acara kali ini gak ada prakteknya, kalau mau praktek ikutan acara selanjutnya ya.

Biasanya kita juga mengadakan pelatihan ngeblog kok, mulai dari dasar sampai lanjutan.

Saking asyiknya, waktu sudah menunjukkan jam 12.00 WIB dan aroma masakan sudah menusuk-nusuk dihidung, haha waktunya istirahat dan makan.

Maaf untuk sesi istrahat tidak aku tulis disini, ntar kamu pengen hehe.

*****

Setelah selesai makan kok aku jadi kenyang ya?

Wooo Gendeng kamu San, yaiyalah kenyang.

Setelah makan bersama kita kembali berbincang-bincang dan kita membantu temen yang kurang paham, intinya di dalam komunitas itu saling membantu dan berbagi ilmu dan semua itu GRATIS dong hehe.

Banyak ilmu yang aku dapatkan pada acara kali ini dan juga pengalaman pertama aku jadi moderator, meskipun awalnya aku nolak tapi setelah diberi kepercayaan oleh ketua BG aku harus mau dan berusaha semampuku.

Ya kamu pasti taulah gimana rasanya melakukan hal yang tidak pernah kamu lakukan buat pertama kalinya, pasti deg-degan, grogi dan yang pasti takut salah plus bonus diketawain, tapi Alhamdulillah aku bisa melewatinya dengan cukup bagus dan lancar.

Ini beda dengan malam pertama lho ya, meskipun sama-sama baru dilakukan untuk pertama kali. Kalau itu sih aku juga gak tahu rasanya, tapi kalau kata temen-temenku sih rasanya gak bisa diungkapkan dengan kata-kata wkwkwkw.

Yowes lah daripda mbahas yang nggak-nggak mending aku sudahi aja ya perjumpaan kita, jangan lupa mampir lagi kesini, anggap aja rumah sendiri ya.

Sek yo!

38 Responses to "Serunya Belajar Bareng Blogger Grobogan dan Kudus Blogger Community"

  1. Hehe, ketawa nih ketawa.

    Wah, tiap ada sesi sharing tentang blogging pasti seru ya. Jujur, aku sendiri belum pernah ikut belajar bareng blogger, sebenarnya aku tau di daerah tempat tinggalku beberapa kali diadakan acara semacam ini, tapi sayang dia tidak suka padaku. Eh, bukan. Sayang tidak tepat waktunya, hehe.

    Semoga kapan-kapan aku bisa ikut gathering atau kopdar semacam ini. Menambah teman blogger di dunia nyata tentu bakal lebih menyenangkan daripada hanya punya ribuan teman blogger dunia maya, hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau merasa kurang ilmu ya ikutan komunitas aja mas, nambah ilmu dan teman juga lho, kalau kurang paham bisa langsung tanya pada temen yang lebih paham, daripada baca tutorialkan kurang jelas hehe.

      Hapus
    2. Nah itu, ilmuku masih kurang banget, lewat BE ini salah satu caraku nambah ilmu juga, hehe

      Hapus
  2. Haii San, selamat ya km termasuk blogger yg rajin, meskipun km anal bari prok2
    Btw emang enak sih ikut komunitas gituan, bener kata km nambah ilmu dan teman ya.
    Hei itu alasan2 km lucu deh wkwkkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbk, kalau gak ikutan komunitas gini rasanya kurang sreg, belajar jadi lebih efektif dan seru hehe

      Hapus
    2. Ya ampun santoz maafkan aku nulis banyak typo. Masa "anal" wkwkwkwkw

      Moga tambah ilmu ya di komunitas itu

      Hapus
    3. sebenernya mau tak edit mbk tapi gak bisa wkwkwk

      iya makasih mbk, terus semangta

      Hapus
  3. Hai, Mas Santo. Pie kabare?

    Coba dekat pengen deh lihat langsung. Apalagi mas Santo sebagai MC nya, tentu keren noh. Beuh, aku pengen bisa ikutan dalam sautu acara yang seperti ini. Selain pengelaman, tentu ilmu baru juga dapat..

    Mas, ada rekaman videonya gak?
    Penasaran pengen lihat?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kabar baik mas Andi hehe

      Ya kapan-kapan bisa kita ketemu dan bikin acar bareng mas, soal video kayaknya ada tapi aku belum tahu siapa yang ngrekam hehe.

      Hapus
    2. Boleh tuh.. :)

      Cari, Mas, pengen lihat aja, seru sepertinya ..

      Hapus
  4. Hoi, Santo...
    Bagus tulisannya, kronologis, dan mengalir sampai jauhhhh....

    BalasHapus
    Balasan
    1. mengalir sampai mana ya pak, kok jauh banget kayaknya ehehe

      Hapus
  5. Nggk nyangka itu ada peserta se"nekat" itu wkwk, semangatnya bagus tapi blum tau caranya ya hehe.
    Btw aku juga kelahiran 1993, mulai bikin blog juga dari 2011, iya itu bikin blog karena ada pelajaran buat bikin blog pas jaman SMA hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah kita seangkatan ya bro sama-sama anak 93 tapi sayangnya aku kenal blog belum genap setahun hehe.

      Hapus
  6. wah mantap lu san :D
    semakin lama lu semakin jauh ninggalin gue :D
    perkembangan lu didunia ngeblog sangat jelas..

    bahkan lu di percayaain buat memoderatorin acara komunitas blogger...
    mantap san...

    terus semangat dan terus berkembang :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu harus zhi, karena lebih baik terus berjuang daripada berhenti di tengah jalan.

      Hapus
  7. HAI YUDI, Kok nggak ada foto bareng barengnyaa?? Hihihi...ih, tapi asik ya bisa berykar wawsan dan ilmu bareng juga pasti menambah semangat dan motivasi untuk terus berkarya lewat tulisan :)

    Aku malah belum pernah ikut acara serupa ini, semoga kapan kapan bisa ada. Grobogan dan Kudus memang keyeeeeeen :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yudi ? siapa mbkwah kurang minum ektranyooss nih hahaha

      Hapus
  8. Kalo baca ginian jadi ngiri, dulu di tempat saya ada komunitas bloggernya juga, tapi sekarang udah ada ilang sesepuh-sesepuhnya. Pengen bangun lagi tapi apa daya ilmu saya gak banyak, kalo ada yang nanya-nanya saya gak bisa jawab. Belum dapat uang juga dari blog. Haha.

    mantap, sering-sering lah share kegiatan komunitas blogger. siapa tahu bisa diikuti bikin di tempat saya juga. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku juga sama mas masih butuh belajar banyak, ya kebetulan disini ada beberapa blogger yang udah sukses dan pekerjaan utamanya emng ngeblog.

      Semoga di tempatmu bisa ada acara komunitas blogger ya mas.

      Hapus
  9. Ikutan komunitas blog emang asyik banget bang.
    aku juga suka gabung kalo ada acara-aca blogger gitu,
    tapi ga rutin kayak bang santo.
    Suatu saat mungkin aku akan mengikuti jejak langkah sukses bang Santo.
    aku banyak bejalar dari bang santo lah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kita belajar bareng aja mas Khoirul, mas khoirul nge-vlognya malah keren, aku masih belum bisa merasalan serunya nge-vlog hehe

      ajarin mas :D

      Hapus
  10. Kunjungan perdana wooohoooo
    Salam kenal, Mas Santo. Mau blogger lama, mau blogger baru, yang penting mah blognya diisi wkwk.

    Wah senangnya bisa liat komunitas blog dari kota-kota lain masih bisa eksis dan rajin kopdar ya. Pesertanya juga rame dan antusias keliatannya. Mudah-mudahan komunitas blog di seluruh Indonesia juga bisa tetap eksis ya di tengah-tengah ramainya media sosial lain.

    Hari ini moderator, besok kudu jadi pemateri, mas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga mas Tyar kan, hehe

      ya namanya baru kenal blog mas, kenapa aku gak dari dulu aja ya, tapi gak apa-apa karena gak ada kata terlambat.

      Ya semoga aja mas, soalnya ilmuku belum seberapa, jadi ya aku butuh belajar banyak.

      Hapus
  11. wah keren, waktu dulu sma aku juga sempet gabung grup komunitas blogger di daerahku,tapi ga sampe kopdar sih sayangnya, dan dulu passion buat blogging belum sesemangat sekarang

    BalasHapus
    Balasan
    1. kamu dari SMA udah kenal blog, lha aku baru kenalan sama cewek mas hahaha

      Hapus
  12. gila, 93 mah seumuran gue.

    keren nih acaranya. emang asyik ngumpul bareng sama orang yang satu mnat. sama sama suka blog. elo keren juga jadi moderator, next time lo haus jadi pengisi nya nih, alias narasumber.

    moga kegiatan kumpul ngeblog ini bisa makin bikin lo semangat agi ngeblog bro.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas, masih 93 udah keren kayak gitu ya, aku juga lagi sibuk belajar ini biar mendapatkan hasil dari ngeblog.

      pengennya sih gitu, mau jadi narasumber, tapi kalau di acara anak sekolahan boleh kali ya wkwkwk

      Hapus
  13. Walah dalah mas koe MC yo keren banget,

    Koyokke acarane seru banget, kapan2 aku kepengen melu kopdar juga yo mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. silakan kalau mau ikutan kopdar, emanh kamu orang mana sih hahaha

      Hapus
  14. Setiap dengar kata kopdar jadi iri, mungkin sayalah blogger personal yg belum merasakan apa itu kopdar. :(

    BalasHapus
  15. Makin banyak kopdar, komunitas tentunya makin banyak temen dan ilmu. Ya, kata slogan acara ini, dari hobi mengail prestasi n rezeki. hehe

    Gue belum pernah kopdar anak2 blog. HIKS. Ya tapi gue lewat dunia maya sih sering. hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. saling berbagi dan sharing tentang dunia blogging mas haha

      Hapus
  16. Menarik bgt mas acaranya, sharing ilmu blogging. Apalagi ang ada kaitannya dengan mengail rejeki. Nice one....

    BalasHapus
    Balasan
    1. thanks mas, hehe hobi yang menghasilkan itu lebih baik mas

      Hapus
  17. Jadi moderator acara blogger kerenn dong. Mantap. Tadinya sy ngarep ada isi diskusinya di tulisan ini.. ��. Buat nbah ilmu. Tpi acara blogger mmg selalu seru n bermanfaat ya. Lain kali kyknya santo yg jadi pmbicaranya ����

    BalasHapus
    Balasan
    1. InsyaAllah kalau ilmu sudah cukup mba hehe

      Hapus