Kelebihan dan Kekurangan Baterai Li-Ion dan Li-Po

kelebihan dan kekurangan baterai li-ion dan li-po
Baterai Li-Ion
Sebagai pengguna gadget, kamu pasti pernah membaca maupun mendengar kata-kata Li-Po dan Li-Ion kan?

Li-Ion dan Li-Po merupakan jenis baterai yang digunakan pada gadget seperti laptop dan smartphone, tanpa baterai gadget yang kamu miliki tidak ada gunanya, hehe.

Mungkin kamu lebih dahulu mengetahui jenis Li-Ion dari pada Li-Po, ya itu karena memang baterai jenis Li-Ion sudah banyak digunakan lebih dulu daripada jenis Li-Po.

Dari tadi nyebut Li-Ion dan Li-Po terus, emang kepanjangannya apa sih?

📣 Li-Ion (Lithium Ion)

Li-Ion sering kita temui pada gadget seperti smartphone, tablet dan laptop. Baterai jenis Li-Ion bisa dilepas (removable), mampu menampung energi yang besar, harganya murah, dan mudah dalam perawatannya.

Tapi kamu harus hati-hati ya, karena jenis baterai ini bisa meledak lho, meskipun tidak mengandung zat berbahaya, tapi kamu jangan sembarangan membuang baterai ini, jangan dibakar atau diletakkan pada tempat bersuhu panas.

Bisa meledak, Doooorrr!!!

 📱 Baca dong: Harga dan Spesifikasi Modem WiFi M5, Bisa Berfungsi Sebagai Power Bank Lho

Lebih baik dibuang ke tempat yang aman, seperti tempat pengumpulan sampah baterai.

📣 Li-Po (Lithium Polymer)

Baterai jenis Li-Po mempunyai ciri tidak dapat dilepas (non-removable) tapi ada juga yang bisa dilepas pada gadget tertentu.

Mempunyai bentuk yang lebih tipis dibandingkan dengan jenis Li-Ion, biasanya dipakai pada gadget yang mempunyai bodi tipis dan ringan, penggunaan baterai jenis ini juga sudah bisa kita temui pada laptop maupun tablet.
kelebihan dan kekurangan baterai li-ion dan li-po
Baterai Li-Po
Li-Po bersifat cair sehingga mampu menghantarkan daya yang lebih cepat, tak heran kalau waktu pengisian ulangnya lebih cepat daripada Li-Ion.

Kalau baterai Li-Po mengalami kerusakan, gak bisa diperbaiki dong?

Bisa kok, kalau baterai ini mengalami kerusakan kamu cukup membawanya ke tempat servis hape, dan serahkan pada teknisi yang ahli hehe.

     📱 Baca dong: Apa Sih MIUI itu?

Nah, itu tadi pengertian baterai Li-Ion dan Li-Po, sekarang aku akan menjelaskan kelebihan dan kekurangan dari masing-masing jenis baterai tersebut.

Namanya suatu barang pasti ada kelebihan dan kekurangannya dong, hehe

📢 Kelebihan Baterai Li-Ion

😊 Bisa dilepas tanpa harus meminta bantuan teknisi yang ahli

😊 Harga lebih murah

😊 Mudah didapat, banyak dijual di toko aksesoris maupun koter hape

😊 Mudah dirawat

📢 Kekurangan Baterai Li-Ion

😑 Bentuknya lebih tebal, semakin besar kapasitas baterai maka semakin besar pula bentuknya

😑 Tidak tahan api, mudah meledak atau terbakar jika diletakkan di suhu tinggi

😑 Jika baterai mulai ngedrop, tandanya sudah minta diganti yang baru

📢 Kelebihan Baterai Li-Po

😊 Bentuknya tipis

😊 Tahan lama, karena tingkat self dischargenya rendah

😊 Bobotnya ringan

😊 Lebih aman karena tingkat minim resiko tingkat kebocoran

😊 Tidak mudah meledak atau terbakar

📢 Kekurangan Baterai Li-Po

😑 Tidak bisa dilepas (Non-Removable)

😑 Harga relatif mahal

😑 Tidak mudah didapat di toko aksesoris

😑 Daya tampung energi sedikit atau rendah

Oke, udah sampai pada akhir tulisan nih, setelah membaca kelebihan dan kekurangan baterai Li-Ion dan Li-Po, kamu bisa menyimpulkan baterai jenis mana yang lebih bagus dan efisien?

     📱 Baca dongDaftar Harga Xiaomi Terbaru 2017

Mungkin kalau kamu punya opini yang berbeda bisa ditulis di kolom komentar di bawah ini.

Sek yo!

0 Response to "Kelebihan dan Kekurangan Baterai Li-Ion dan Li-Po"

Posting Komentar