Santoz Ahmad Ikut Meramaikan Dunia Perbloggingan

Santoz Ahmad Ikut Meramaikan Dunia Perbloggingan

Halo Coy, ketemu lagi nih kita hehe, bagi yang sering mampir kesini pasti udah gak asing lagi sama mimin yang nggantheng ini hehe.

Oh iya sedikit info nih, kemaren aku dapet email dari Domainesia, yang isinya pemberitahuan kalau blog Santoz Ahmad udah memasuki masa perpanjangan domain nih.

Wah itu artinya aku sudah setahunan lebih dikit hadir ditengah-tengah ramainya dunia perbloggingan di Indonesia, khususnya yang membahas tentang Teknologi dan Lifestyle hehe.

Meskipun terbilang anak baru, aku mencoba menyajikan artikel yang baik dan mudah dipahami, dengan sedikit sentuhan komedi, kalau kamu hobi otomotif pasti tahu lah dengan blog Iwanbanaran, punya Lek Iwan haha.

Blog IWB juga merupakan salah satu blog inspirator Santoz Ahmad hehe, ada juga Dzofar.com yang dikelola oleh Vektoria Jenaka mas Ndop, menurutku kedua cowok nggantheng tersebut merupakan orang yang humoris dan santai hehe.

Tulisan yang disajikan menggunakan kata-kata yang santai, lucu dan kadang bikin aku sampai ketawa, hehe

Mau ngikutin gaya tulisan orang lain itu sulit lho, apalagi kalau gak punya bakat komedi, yaaah bakalan amburadul tulisannya, bahkan gak enak dibaca.

Tapi gak menutup kemungkinan kalau kita mau berusaha dan terus berlatih, lama-lama akan terbiasa juga.

Ya meskipun aku beda aliran dengan mereka, tapi aku banyak belajar dari blog mereka hehe.

Hampir tiap hari mampir, dan baca postingan mereka, yah meskipun IWB lebih rajin ngepost daripada Dzofar.com haha

Oke, sejenak kita lupakan mereka dulu, balik lagi ke Santoz Ahmad aja ya hehe

Alhamdulillah makin kesini pengunjung perhari makin nambah aja, ya meskipun belum sampai ribuan tapi aku sudah cukup puas, dan terus berusaha agar pengunjung setia makin meningkat sampai puluhan bahkan ratusan ribu hehe.

Aku ada sedikit tips nih buat kalian yang baru merintis blog.

Tips Ngeblog ala Santoz Ahmad

1. Tentukan topik, usahakan pilih topik sesuai hobimu, dan yang kamu kuasai, gak harus 100% minimal 40% aja sudah cukup

     Baca dong: Menulis Sesuai Topik yang Dikuasai

2. Bikin blog baru menggunakan Blogger atau WordPress, pilih aja sesuai kebutuhan, kalau aku dulu pakai blogspot gratisan, untuk latihan dan setelah yakin dan mulai agak pinter baru aku nyewa domain, dan pada akhirnya aku pindah ke wordpress self host hehe.

3. Mulai tulis, hal-hal seputar topik yang kamu pilih, dan usahakan posting sehari satu artikel, kalau aku dulu agak males sebulan kadang cuma ngepost 10, tapi sekarang udah rutin (walau kadang ada yang bolong, tapi tak ganti di hari berikutnya)

4. Untuk jumlah kata usahakan minimal 500 sampai 1000 kata aja, gak usah panjang-panjang, kalau kata temenku khusus tutorial boleh gunakan kata yang panjang.

5. Permanis tampilan artikel dengan gambar yang sesuai dan menarik, karena kalau cuma menarik tapi gak sesuai ya diguyu wong to mas haha (diketawain orang lain)

6. Blog itu bisa menghasilkan uang, tapi jangan ngeblog dengan tujuan uang, nanti kamu bisa pusing dan jatuh di tengah jalan, soalnya apa? penghasilan dari ngeblog itu butuh proses yang panjang, dan sebaiknya asah skill menulis dan perbanyak pengunjung aja dulu.

Nanti uang akan datang menghampiri blogmu hehe.

7. Perbanyak teman sesama blogger, jangan malu untuk bertanya pada beliau-beliau hehe dan yang pasti biar ketularan ilmu dan ketularan seksesnya hehe

8. Ini yang paling penting, kmau harus mau belajar, konsisten dan bersabar.

Oke, itu sedikit tips ngeblog ala Santoz Ahmad, tipa diatas hanya sekelumit aja, tipis kayak kulit yang terkelupas hehe.

Kalau amu belajar cara membangun blog dari Dasar hingga Mahir, bisa langsung pantengin blognya Mas Darmawan di panduanim.com.

Aku dulu belajar teknik ngeblog juga dari situ, lengkap, mudah dipahami dan disertai eksperimen dari penulis.

Oh iya jangan lupa siapin tuh alat temput ngeblog seperti PC, kuota internet, atau pasang WiFi sekalian hehe, soalnya aku dulu pernah gak ngeblog gara-gara kuota abis hehe. 😁

     Baca dong: Gak Ngeblog Gara-gara Kuota Abis

Pesenku, kalau mau menghasilkan uang dari blog, kamu harus yakin dulu dengan kemampuanmu, baru dilanjut dengan belajar, belajar, dan praktek.

Oke, terimakasih sudah mau mampir dan untuk pengunjung setia Santoz Ahamd, dukung terus blog ini dan kalau ada kesalahan mohon dikoreksi, dan berikan kritikan yang membuat aku semangat.

Sek yo!

4 Responses to "Santoz Ahmad Ikut Meramaikan Dunia Perbloggingan"

  1. Betul banget tuh, klo dari awal ngeblog yang dipikirin cuma duit, yaudah deh tiga bulan ga ada duitnya bisa nyungsep blognya ditinggalin.

    BTW PanduanIM emang bagus hanya udah lama banget engga di updet.

    Salam kenal mas Ahmad.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas udah jarang update tuh padahal bagus ilmunya hehe

      iya sama-sama salam kenal juga ya :)

      Hapus
  2. belajar, konsisten, sabar.

    syusyah.

    salam, kenal.

    BalasHapus