Penyebab dan Cara Mengatasi Baterai Hape Cepat Habis

 Baterai Hape Cepat Habis

Baterai merupakan bagian penting dari sebuah hape, karena sumber tenaga yang dihasilkan hape berasl dari sebuah baterai, terkadang kita sebagai pengguna merasa kesal gara-gara punya baterai hape cepat habis padahal msih baru.

Kalau jaman dulu punya hape setelah diisi ulang full bisa bertahan sampai 3 hari, beda lagi jaman sekarang rata-rata kita harus mengecas hape kita sekali dalam sehari, bahkan ada yang lebih karena baterai hape tersebut sangat boros, lalu apakah penyebab baterai hape cepat habis padahal masih baru?

Ada dua faktor yang menyebabkan baterai hape kita cepat habis atau boros, bisa karena faktor baterai itu sendiri atau faktor manusia.

Mungkin saat ini kamu yang gak sengaja kesasar di blog Santoz Ahmad ini sedang mencari solusi kenapa baterai hape kamu cepat habis dan panas kan, hehe.

Penyebab Baterai Hape Cepat Habis

1. Penggunaan yang Kurang Tepat

Terkadang kalau kita sudah asyik main hape, kita lupa waktu dan gak terlalu memikirkan kondisi baterai tersebut, misalnya sedang asyik main game online, kita paksain hape tersebut sambil diisi ulang.

   Baca dong: 5 Dampak Buruk Mengisi Ulang Hape Sambil Digunakan

Hal tersebut bisa mengakibatkan baterai cepat panas, sehingga mengalami kerusakan. Bahkan parahnya baterai bisa menggelembung (mlendung).

2. Terlalu Banyak Aplikasi yang Berjalan

Memiliki berbagai aplikasi dalam suatu hape itu sah sah saja, apalagi kalau aplikasi tersebut memang penting dan berguna untuk pekerjaanmu.

Tapi, perlu kamu ketahui kalau membuka terlalu banyak aplikasi yang berjalan secara bersamaan membuat baterai hape cepat habis.

Misal, kamu buka aplikasi FB, Instagram kemudian tanpa kamu tutup dulu langsung buka game online.

3. Widget yang Bertebaran

Widget pada homescreen mempunyai fungsi untuk jalan pintas dan mempercantik tampilan layar hape, namun kalau kamu memasang widget terlalu banyak dan kurang penting, hal tersebut bisa membuat baterai hape cepat habis.

Contoh widget Live Walllpaper yang bisa bergerak-gerak.

4. Kecerahan Layar

Layar merupakan bagian dari hape yang juga banyak mengkonsumsi daya baterai, apalagi tingkat kecerahan layar yang terlalu terang atau tinggi.

Selain kecerahan layar, waktu stand by juga perlu diperhatikan, sebaiknya gunakan waktu stand by yang lebih singkat untuk menghemat daya baterai.

5. Koneksi Internet

Menggunakan koneksi internet untuk berselancar di dunia maya memag mengasyikkan, seperti buka sosial media, main game online maupun streaming video.

Kegiatan tersebut merupakan salah satu penyebab baterai hape cepat habis, oh iya penggunaan GPS juga memakan banyak daya baterai.

6. Kualitas Baterai Rendah

Terkadang kualitas baterai yang rendah juga menyebabkan daya baterai cepat habis, karena memakai komponen yang kurang berkualitas.

Jangan terkecoh dengan daya besar tapi harga murah, bisa jadi baterai tersebut akan membuat kamu kecewa.

   Baca dong: Kelebihan dan Kekurangan Baterai Li-Ion dan Li-Po

7. Penggunaan Charger yang Tidak Original

Menggunakan charger haruslah hati-hati, jangan sering mengisi ulang hape sambil digunakan karena bisa merusak charger.

Gunakan charger original atau periksa tegangan output yang dihasilkan apakah sama atau terlalu tinggi, jika menggunakan cahrger dengan output terlalu tinggi mengakibatkan kerusakan pada baterai dan alhasil baterai jadi cepat habis.

****

Setelah mengetahui penyebab baterai hape cepat habis dan panas, sekarang simak mengenai cara menghemat baterai berikut ini.

Cara Mengatasi Baterai Hape Cepat Habis Padahal Masih Baru

1. Pastikan Tidak Ada Kerusakan Pada Baterai

Pastikan tidak ada kerusakan pada perangkat hape maupun baterai itu sendiri, terkadang baterai mengalami kebocoran dan mengakibatkan baterai tersebut cepat habis.

Ciri-ciri baterai rusak :

  • Baterai meggelembung
  • Jika diisi ulang tidak bertambah
  • Jika diisi ulang terkadang malah berkurang persentasenya
Jika hal tersebut terjadi pada hape kamu, sebaiknya ganti dengan baterai yang baru, dan saranku pakailah baterai yang original atau sesuai dengan hape kamu.

2. Matikan Koneksi Ketika Tidak Digunakan

Sebaiknya matikan koneksi internet ketika kamu sudah tidak menggunakannya lagi, seperti saat mau tidur ataupun perjalanan jauh.

Matikan koneksi internet, WiFi, Bluetooth, GPS dan lain-lain.

3. Atur Kecerahan Layar

Sebaiknya atur kecerahan layar secara otomatis, sehingga dapat menyesuaikan ketika saat di tempat terang maupun gelap.

Selain menghemat daya baterai, kecerahan yang tidak terlalu tinggi juga membuat mata kamu nyaman dan tidak mudah lelah.


4. Aktifkan Power Saving Mode

Fitur yang satu ini berfungsi untuk menghemat daya baterai, biasanya hape jaman sekarang sudah dilengkapi fitur ini.

5. Jangan Gunakan Live Wallpaper

Kalau saat ini kamu masih menggunakan Live Wallpaper dengan gambar yang bisa gerak-gerak, sebaiknya segera matikan aja, soalnya bisa membuat baterai cepat habis.

6. Matikan Getar

Nada dering memang berfungsi untuk memberi tahu ketika ada notifikasi yang masuk, seperti ada chat masuk, telepon masuk dan email masuk.

Biasanya kamu juga menambahkan mode getar pada nada dering kan?

Mulai sekarang matikan mode getar dan gunakan nada saja, karena getar lebih banyak menguras daya baterai.

7. Jangan Gunakan Hape Ketika Diisi Ulang

Menggunakan hape ketika diisi ulang dapat mengakibatkan hape cepat panas dan merusak baterai, mulai sekarang gunakan hape secara wajar kalau mau umur baterai lebih panjang dan awet.

*****

Sekarang kamu sudah paham kan, penyebab dan cara mengatasi baterai hape yang cepat habis, sebagai pengguna hape pintar atau smartphone kita juga harus menjadi pengguna yang pintar juga.

   Baca dong: Cara Cek IMEI iPhone Asli atau Palsu

Jangan perlakukan hape seenaknya, nanti kalau rusak kamu sendiri yang rugi hehe. Bagaimana menurutmu?

Sek yo!

3 Responses to "Penyebab dan Cara Mengatasi Baterai Hape Cepat Habis"

  1. wah, banyak yang selamaini tidak terpikirkan ternyata bisa mempercepat baterai habis... terima kasih sharingnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama mba, jangan lupa baca artikel lainnya

      Hapus
  2. terimakasih atas informasinya dan jangan lupa kunjungi kami di http://rahma-store.com/ms-glow-acne/

    BalasHapus