Panduan Pengaturan Mobile Legends Yang Baik Dan Benar

Welcome to Santoz Ahmad Blog, oke saya mau tanya hari ini kamu sudah Lose Streak berapa kali? atau mungkin mendapat Win Streak berkali-kali? hehe. Sebagai pemain pemula saya disini akan membahas pengaturan dasar Mobile Legends.

Pengaturan yang akan saya bahas meliputi 3 bagian yaitu, pengaturan dasar, pengaturan kontrol dan pengaturan antarmuka.

Untuk pergi ke pengaturan, kamu bisa menekan lambang roda gigi yang berada di pojok kanan atas, saya kira kamu sudah tahu lambang tersebut.

Pengaturan Mobile Legends

Oke langsung saja ya, saya kira kamu juga sudah gak sabar pengen mempraktekkannya.

Semua akan sia-sia jika punya pengetahuan tapi tidak dipraktekkan, sebaiknya setelah membaca artikel ini, kamu segera praktek.

Oke sip.

Panduan Pengaturan Mobile Legends Yang Baik Dan Benar

1. Pengaturan Dasar

Pertama ada pengaturan dasar, di dalam pengaturan dasar ini terdapat beberapa opsi yang bisa kamu pilih, nah sebenarnya menentukan pengaturan itu bebas, gak harus sama seperti di artikel ini, tapi saya cuma ingin berbagi pengaturan yang saya gunakan, siapa tahu bisa bermanfaat bagi pembaca.

Pengaturan Mobile Legends

GRAFIK

Frame Karakter

Frame Karakter ini berfungsi untuk menampilkan hero ketika berada di balik suatu benda, contoh ketika hero kamu berada di balik tower atau batu, maka ketika kamu mengaktifkan frame karakter, hero akan terlihat.

Kamu seperti punya kelebihan melihat tembus pandang, hehe.

Kamu boleh mengaktifkan maupun menonaktifkan pengaturan ini, tapi saran saya dinonaktifkan saja, karena menurut saya kurang berpengaruh.

Kualitas Kamera

Selanjutnya ada kualitas kamera, terdapat dua pilihan yaitu rendah dan tinggi, saya kira fungsinya jelas yaitu untuk menampilkan kamera, dan kamu bisa memilih sesuai kebutuhan.

Tapi saran saya kalau spesifikasi hape kamu kurang mumpuni, gunakan saja pengaturan kualitas kamera dalam mode rendah.

Getaran

Getaran berfungsi untuk memberi tanda saat kamu sedang bermain, hape kamu akan bergetar ketika kamu memilih hero, maupun notifikasi lainnya.

Kalau saya sendiri biasanya kurang suka mengaktifkan getaran, sedikit menggangu konsentrasi hehe.

Fog Effect

Saya juga masih belum tahu kegunaan Fog Effect, kalau bahasa Indonesianya sih Efek Kabut, mungkin kamu pernah melihat efek kabut ketika sedang main Mobile Legends.

Saya sudah aktifkan Fog Effect tapi tidak melihat efek kabutnya.

Nanti kalau ada informasi terbaru pasti saya update, hehe sabar ya.

Bayangan

Saya kira kamu sudah tahu maksud pengaturan bayangan ini, seperti bayangan kita ketika berada di bawah cahaya matahari maupun cahaya lampu.

Bukan bayang-bayang mantan lho ya, jangan baper wkwkwk.

Kamu bisa mengaktifkan maupun menonaktifkan pengaturan bayangan.

Kalau kamu suka yang lebih nyata, saya sarankan aktifkan pengaturan bayangan, kalau saya sih kurang suka, hehe.

Jadi saya nonaktifkan saja pengatuan bayangan.

Teks Damage

Teks Damage berfungsi menampilkan tulisan angka seberapa besar damage yang dilakukan maupun damage yang diterima oleh hero.

Angka tersebut muncul disekitar hero, maupun target yang diserang hero.

Kalau saya lebih suka menonaktifkan teks damage, karena tulisannya agak menggangu, hehe.

Tapi kalau kmau ingin tahu seberapa besar damage hero yang kamu gunakan, silakan diaktifkan saja penagturan teks damage.

Mode Buta Warna

Nah, mode Buta Warna ini saya rasa sangat membantu bagi orang yang mengalami buta warna, bagi kamu yang sulit membedakan warna, kamu bisa mengaktifkan mode ini.

Mode Buta Warna merubah simbol warna tim menajdi hijau dan warna simbol musuh menjadi kuning, jadi untuk yang mengalami buta warna bisa membedakan mana teman mana musuh.

Wah sangat membantu sekali kan?

Beda sama orang yang buta map, sebenarnya dia bisa membedakan warna, tapi orang ini tidak bisa membedakan kapan harus bertahan dan kapan harus menyerang.

Pokoknya hajar terus wkwkwk.

Grafik

Pengaturan grafik ini menurut saya harus kamu sesuaikan dengan spesifikasi hape yang kamu pakai ketika bermain Mobile Legends, terdapat 3 pilihan yaitu kualitas rendah, sedang dan tinggi.

Jika spesifikasi hape kamu kurang mumpuni sebaiknya gunakan kualitas grafik rendah saja, untuk menghindari lag.

Beda lagi kalau spesifikasi hape kamu tinggi, silakan pilih kualitas grafik sedang maupun tinggi.

Perbedaan kualitas grafik terdapat pada tampilan game, untuk grafik tinggi menampilkan gambar yang jernih, efek-efek animasi yang super keren dan memanjakan mata pemaian.

Kalau saya lebih memilih kualitas grafik rendah, ya karena spesifikasi hape saya kurang bagus, hehe.

Pengaturan Mobile Legends

SUARA

Musik

Pengaturan musik berfungsi untuk memunculkan suara musik pada game Mobile Legends, ya seperti musik saat masuk menu, maupun saat memilih hero, intinya suara musik.

Kamu bisa memilih mengaktifkan maupun menonaktifkan musik, kalau saya lebih suka mengaktifkan musik, biar agak rame, hehe.

Kalau kamu suka dengan ketenangan, jangan kasih suara sekalian, atur suara pada mode hening hahaha.

Efek Suara

Ini juga hampir sama seperti pengaturan musik, memunculkan suara-suara ketika sedang bermain Mobile Legends.

Berhubung saya suka keramaian, saya aktifkan saja efek suaranya.

Volume Permainan

Terdapat pilihan dari rendah ke tinggi, atur aja sesuai keinginan kamu, kalau saya sendiri suka yang tinggi biar permaianan lebih seru.

Voice Chat Volume

Pengaturan ini berfungsi untuk memilih suara saat chat (ngobrol), saya sendiri belum pernah main Mobile Legends menggunakan Voice Chat, soalnya males aja jadi gak fokus.

Saya juga jarang ngechat-ngechat pakai teks, paling kalau saya disapa ya baru saya bales hehe.

PENGATURAN OBROLAN

Obrolan Teks Pertempuran

Obrolan Teks berfungsi untuk chatting saat bermain Mobile Legends, ya kamu pasti sudah pernah menggunakan fitur ini kan?

Sebaiknya aktifkan saja, untuk berkomunikasi dengan teman satu tim, tapi jangan digukanan untuk marahan ya, biasanya kalau ada teman yang kurang bagus mainnya suka dimarahin, saya kurang suka, huft.

Kamu bisa mengobrol dengan teman satu tim (pilih tim) dan mengobrol dengan semua pemain (pilih pemain)

Obrolan Suara Pertempuran

Ini sudah saya bahas diatas, yaitu chatting suara ketika bermain Mobile Legends, kamu boleh mengaktifkannya untuk berkomunikasi.

Kalau saya lebih suka menonaktifkan saja, hehe.

Terjemahan Teks Obrolan

Nah, terjemahan ini berfungsi untuk menterjemahkan bahasa , kamu tahu sendiri kan Mobile Legends dimainkan diberbagai negara.

Jadi kalau kamu ingin berkomunikasi dengan pemain yang pakai beda bahasa, sebaiknya aktifkan saja terjemahan teks ini.

Kalau saya menonaktifkan terjemahan teks obrolan karena jarang pakai obrolan saat bermain Mobile Legends.

PENGATURAN JARINGAN

Speed Mode

Pengatuan ini berfungsi untuk menstabilkan koneksi, kalau kamu mengaktifkan speed mode nanti koneksi akan lebih stabil.

2. Kontrol


Metode AIM

Metode AIM berfungsi untuk memberi tanda pada musuh, monster hutan maupun minion ketika kamu sedang melawannya.

Biasanya ada tanda buletan merah di bawah target yang kamu serang, nah untuk pengaturan Metode AIM, saya sarankan centang AIM Bebas dan Serangan Terakhir,

Pengaturan Mobile Legends

Serangan Terakhir (Last Hit) berfungsi untuk menentukan target mana yang kamu inginkan, apakah Hero lawan, Minion maupun Tower.

Jika kamu centang Serangan Terakhir akan muncul menu di atas dan bawah tombol attack, untuk memilih target minion silakan tekan tombol bawah attack, kalau mau fokus nyerang tower tekan tombol atas attack.

Kalau saya mengaktifkan mode serangan terakhir agar saya mudah memilih target ketika menyerang, misal kamus sedang menyerang tower lawan dan ada minion lawan, kamu bisa tekan tombol tower dan hero kamu akan fokus menyerang tower.

Metode Target

Metode Target berfungsi untuk menentukan target hero yang akan kamu serang, jika kamu memilih Taget HP Terendah misal ada 2 hero lawan disekitarmu, maka secara otomatis hero kamu akan menyerang hero lawan dengan HP paling rendah.

Beda lagi kalau kamu memilih Target Terdekat, hero kamu akan menyerang hero lawan yang paling dekat.

Saran saya gunakan metode Target HP Terendah biar hero lawan segera mati hehe.

METODE LANJUTAN

Mode Kunci Hero

Mode Kunci Hero berfungsi untuk mengunci satu hero yang ingin kamu incar, nanti akan muncul wajah hero lawan yang berada disekitar hero kamu. Hal ini juga berguna untuk kamu agar lebih waspada jika ada hero lawan mendekat.

Pengaturan Mobile Legends

Misal sedang terjadi war kebetulan kamu ingin mengincar hero marksman lawan, tinggal kamu tekan simbol wajah hero tersebut, kemudian muncul lambang gembok dan hero kamu akan menyerang hero tersebut.

Saya rekomedasikan agar kamu mengaktifkan Mode Kunci Hero karena sangat bermanfaat dan banyak pemain top yang menggunakannya.

Movement Whell Setup

Fixed Position

Pengaturan Movement Whell Setup disebut juga Joystik, ini merupakan pengaturan untuk mengatur posisi Joystik.

Jika kamu mengaktifkan Fixed Position maka posisi Movement Whell tidak akan berpindah-pindah.

Skill Whell Setup

Sensitivitas

Pengaturan Sensitivitas untuk Movement Whell berfungsi mengatur seberapa sensitiv layar ketiak kamu sentuh, pengaturan ini bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan.

3. Pengaturan Antarmuka


Pilih Urutan Heros

Pengaturan ini mempunyai 2 pilihan yaitu Diurutkan Berdasarkan Waktu Pembelian dan Diurutkan Berdasarkan Frekuensi Bermain.

Kamu bisa pilih salah satu dari 2 pilihan tersebut, sesuaikan dengan selera aja, mau yang pertama ataupun yang kedua, hehe.

*****

Oke, itulah panduan tentang pengaturan mobile legends, meliputi pengaturan grafik, pengaturan suara dan pengaturan antarmuka.

Saya tidak mengharuskan kamu meniru pengaturan yang saya pakai, semua ini hanya saran saja kok hehe.

Intinya kamu nyaman ketika kamu bermain Mobile Legends, dan mencapai tujuan utama yaitu VICTORY!!

Baca dong:


Semoga artikel ini bermanfaat, bukan maksud saya untuk menggurui saya hanya ingin berbagi, udah itu aja kok.

Sek yo!

2 Responses to "Panduan Pengaturan Mobile Legends Yang Baik Dan Benar"

  1. Request gear saber dong hu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau saya pakai gear ini mas
      Warrior Boot
      Endles Battle
      Blade Of Despair
      Hunter Strike
      Rose Gold Meteor
      Wing of Apocalypse

      Hapus