9 Tips Melatih Anak Untuk Ikut Berpuasa di Bulan Ramadhan

Selamat menjalankan ibadah puasa bagi yang menjalankannya, semoga lancar sampai lebaran tahun ini ya. Kali ini Saya mau membahas cara melatih anak biar ikut berpuasa, meskipun anak-anak belum diwajibkan untuk berpuasa, ada baiknya sebagai orang tua harus melatih anaknya sejak dini.

Dengan melatih anak untuk ikut berpuasa sejak kecil, diharapkan ketika anak-anak sudah memenuhi kewajiban untuk berpuasa mereka sudah terbiasa dan siap menjalankan ibadah puasa.

Melatih Anak Berpuasa

Nah, kali ini Santoz Ahmad sudah menyajikan artikel tentang cara melatih anak untuk ikut berpuasa, silakan dibaca.

9 Tips Melatih Anak Untuk Ikut Berpuasa di Bulan Ramadhan

1. Jadilah Contoh yang Baik Bagi Anak

Ketika sedang mengajarkan anak untuk berpuasa, orang tua juga harus bisa menjadi contoh yang baik buat anak-anaknya. Karena anak akan mencontoh apa yang dilakukan oleh orang tuanya.


2. Jelaskan Bahwa Puasa Adalah Perintah Allah

Sebagai orang tua harus mampu menjelaskan kepada anak tentang apa yang ingin diajarkannya, nah ketika orang tua ingin mengajarkan anak untuk puasa, jelaskan pada mereka bahwa puasa itu perintah Allah, dan nanti ketika sudah dewasa anak-anak wajib melaksanakan ibadah puasa.

Jelaskan sesuai bahasa yang anak-anak mudah pahami, jangan langsung memaksa anak untuk berpuasa.

Ajarkan cara niat berpuasa ketika sahur dan berbuka sehingga mereka nantinya bisa hafal doa berpuasa.


3. Berikan Motivasi Bagi Anak

Selanjutnya orang tua bisa memberikan motivasi bagi anak-anak yang mulai belajar berpuasa, misal anak-anak merasa lapar dan haus, berilah semangat dan motivasi agar mereka kuat minimal sampai adzan Dzuhur.

4. Latihlah Secara Bertahap

Namanya juga latihan, tentunya ada tahap demi tahap yang  harus dilewati, latihlah anak untuk berpuasa setengah hari dulu, jika dirasa sudah kuat dan terbiasa, maka lanjutkan untuk puasa secara penuh.

5. Ajak Anak Untuk Sahur dan Berbuka

Ajaklah anak untuk mengikuti sahur dan berbuka, hal ini agar mereka terbisa bangun untuk makan sahur.


6. Ajak Untuk Sholat Tarawih

Ketika si kecil sudah mau berlatih puasa, maka selanjutnya ajrkan juga anak untuk ikut sholat tarawih, biasakan anak-anak sejak dini untuk ikut sholat berjamaah di masjid maupun mushola, agar ketika dewasa mereka terbiasa sholat berjamaah.


7. Berikan Anak Pujian

Jangan ragu untuk memberikan pujian bagi anak ketika dia mau berlatih puasa, dengan diberi pujian biasanya anak akan merasa senang dan semangat untuk menjalankan puasa.

Orang tua bisa juga memberikan sebuah hadiah untuk anak, tanyakan pada anak, apa yang sedang mereka inginkan.

8. Masaklah Makanan Favorit Anak

Namanya anak-anak pasti punya makanan favorit, misal dia suka dengan ayam goreng, masaklah menu ayam goreng spesial untuk menu sahur dan berbuka untuk anak, dengan begitu anak akan lebih semangat.

9. Jaga Kesehatan Anak

Ketika berlatih puasa, anak dilatih untuk menahan lapar dan haus, jika dirasa kondisi anak kurang fit, sebaiknya jangan dipaksa untuk melanjutkan puasa.

Selalu jaga kesehatan anak ya, namanya latihan sesuaikan dengan kemampuan anak.

*****

Nah, itulah 9 tips melatih anak untuk ikut berpuasa di bulan Ramadhan, Saya rasa hanya itu yang bisa Santoz Ahmad bagikan.

Semoga bisa bermanfaat ya, kalau kamu punya tips yang lain bisa juga kamu tulis di kolom komentar.

Baca dong :
Sek yo!

0 Response to "9 Tips Melatih Anak Untuk Ikut Berpuasa di Bulan Ramadhan"

Posting Komentar