13 Hal yang Biasanya Terjadi Ketika Menjelang dan Saat Lebaran

Tak terasa sebentar lagi kita akan dipertemukan dengan Hari Raya Idul Fitri atau sering disebut Lebaran, setelah sebulan penuh kita menjalani ibadah puasa, di hari yang fitri kita rayakan kemenangan.

Ngomongin soal lebaran, saya memperhatikan adanya hal-hal yang biasanya muncul ketika moment lebaran tiba.

Hal yang Terjadi Ketika Lebaran

Mulai dari takbir keliling, pakai baju baru hingga makan ketupat.

Kali ini Santoz Ahmad sudah merangkum 13 hal yang biasanya terjadi ketika lebaran, hal apa sajakah itu?

13 Hal yang Biasanya Terjadi Ketika Menjelang dan Saat Lebaran


1. Takbir


Lebaran datang ditandai dengan adanya takbir yag berkumandang di masjid maupun mushola di berbagai daerah. Biasanya masyarakat akan mengumandangkan takbir pada malam lebaran.

Ada juga yang membuat kegiatan takbir keliling menggunakan kendaraan yang dihias dan membuat replika seperti bangunan masjid maupun replika kendaraan.

Apakah kamu pernah mengalaminya?

2. Mudik


Selanjutnya adalah Mudik, biasanya masyarakat Indonesia yang berada di perantauan  akan mudik  ke kampung halaman ketika menjelang lebaran, setelah sekian lama tidak bertemu keluarga tercinta momen lebaran inilah saatnya untuk melepas rindu sekaligus saling memaafkan.

Tapi, ada juga orang yang ketika lebaran tidak bisa pulang kampung karena tuntutan pekerjaan, meksipun begitu mereka masih bisa saling memaafkan melalui video call.

3. Ziarah


Kalau di tempat tinggal saya masyarakat akan mengunjungi makam (ziarah) keluarganya yang sudah meninggal, mereka mengirim doa supaya keluarga yang sudah meninggal mendapat tempat disisi Allah.

Biasnya Ziarah ke makam dilakukan bersama-sama satu kampung, kalau di tempatmu bagaimana Coy?


4. Tunjangan Hari Raya


Salah satu momen yang ditunggu-tunggu adalah mendapat THR (Tunjangan Hari Raya). Untuk orang yang bekerja bisanya mereka akan mendapat THR dari tempat mereka bekerja.

Tapi, buat yang belum bekerja jangan bersedih ya, hehe. Kali aja kamu dapat THR dari orang tua kamu.

5. Baju Baru


Nah, siapa yang kalau lebaran selalu minta dibeliin baju baru? hayo ngaku aja haha.

Dulu waktu masih kecil setiap lebaran saya selalu dibelikan baju baru oleh ibu saya, namanya anak kecil kalau gak baru rasanya kurang afdhol aja, biar sama kayak teman-teman hehe.

Ketika menjelang lebaran masyarakat biasanya akan berbondong-bondong menuju tempat jualan baju, mereka membeli baju buat diri sendiri, keluarga maupun teman.

Tapi setelah saya dewasa, menurut saya tidak harus pakai baju baru ketika lebaran, yang penting bajunya bersih, wangi dan sopan.


6. Sholat Ied


Setelah malam takbir selesai, dilanjutkan besoknya dengan sholat ied. Saya jam 6 pagi udah mandi, udah keren, wangi dan ganteng, saatnya menuju masjid untuk mengikuti sholat ied.

7. Halal Bi Halal


Setelah sholat ied selesai bisanya dilanjutkan dengan halal bi halal yaitu saing memaafkan, terutama minta maaf pada orang tua.

Momen ini biasanya menjadi momen yang paling mengharukan, ketika minta maaf pada orang tua banyak anak yang menangis dan orang tuapun juga ikut menangis saat mengingat kesalahan yang dulu pernah diperbuat.

Saya sendiri juga meneteskan air mata ketika sedang minfa maaf dipangkuan orang tua saya, sedih rasanya jika mengingat kenakalan yang sudah saya lakukan.

Setelah itu dilanjutkan keliling desa mengunjungi rumah orang yang lebih tua, guru, saudara, dan saling meminta maaf. 

Jangan lupa ada makanan di meja, sikaaat!!! haha

8. Saling Kirim Pesan Lewat Sosial Media


Menjelang lebaran atau saat lebaran biasanya hape akan dipenuhi pesan masuk yang isinya ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri dan saling meminta maaf.

Saya sendiri juga sering dapet kiriman puisi, kata-kata dan kadang kata-kata lucu yang intinya si pengirim ingin meminta maaf atas kesalahan yang dulu pernah diperbuat.

Kadang pengen nangis, kadang juga pengen ketawa ketika membaca isi pesan tersebut.


9. Makan Ketupat


Menu spesial saat lebaran di kampung saya adalah ketupat, iya ketupat dicampur opor ayam, mantab Coy.

Biasanya tiap rumah akan masak ketupat untuk dihidangkan bersama keluarga maupun tamu yang datang. Meskipun tidak hanya ketupat tapi kalau lebaran itu identik dengan makan ketupat.

Setuju?


10. Saling Mengirim Makanan


Tradisi saling mengirim makanan bisanya dilakukan sebelum lebaran tiba, orang-orang akan saling ngirim makanan pada saudara maupun tetangga mereka.

Di kampung saya juga begitu, ketika mau lebaran saling kirim makanan, biasanya sih nasi sama ayam panggang.

Kalau di tempat kamu gimana Coy?

11. Kaleng Ajaib


Wah apaan nih kok ada kaleng ajaib segala? Kamu pasti bingung kan, atau pura-pura bingung haha.

Ketika lebaran kamu main ke rumah saudara atau tetanggamu, biasanya akan menemukan kaleng ajaib, ada juga yang menyebutnya kaleng PHP haha.

Soalnya gini, dilihat dari luar bentuknya adalah kaleng roti (biskuit) tapi setelah dibuka, jreeeeng!!! isinya apa?

Iya betul, isinya renggingan Coy wkwkwk.

Hayo siapa yang pernah kena PHP toples ajaib? wkwkwk

Kalau saya sendiri sering Coy, sampai sekarang malah sudah hafal, tapi kadang saya pikir itu isinya rengginang, eh setelah dibuka isinya roti beneran hahaha.

Entah siapa yang mulai mengisi kaleng roti dengan rengginang, sampai saat ini saya juga belum tahu, hehe.

Kamu tahu?


12. Piknik


Setelah lebaran memasuki hari ke 3 biasanya orang-orang akan menghabiskan waktu libur panjang dengan pergi piknik.

Mereka pergi bersama keluarga menuju tempat-tempat wisata seperti pantai, kebun binatang atau ziarah ke makam wali.

Saya sendiri kadang juga pergi piknik meskipun gak tiap lebaran, solanya kadang saya males gitu, pengen di rumah aja, tiduran sambil santai-santai.

Lebaran kali ini kamu rencana mau piknik kemana Coy?

13. Ditanya Kapan Nikah?


Ketika lebaran biasanya keluarga besar akan kumpul, banyak anak-anak muda yang ditanya kapan nikah oleh keluarga besarnya.

Saya sendiri juga pernah ditanya kapan nikah? kapan lulus kuliah? Pertanyaan seperti itu adalah wajar-wajar saja.

Namanya orang tua kan boleh bertanya dan ingin memastikan saja.

Tapi kadang saya juga merasa malu, merasa belum siap jika ada pertanyaan seperti itu.

Mulai sekarang siapkan mental dan siapkan jawaban ya, ketika kamu ditanya kapan nikah, kamu biasa jawab deh, haha.

Gak usah takut, ditanya tinggal jawab aja.
*****

Oke, itulah 13 hal yang biasanya terjadi ketika menjelang dan saat lebaran tiba, hal-hal yang saya tulis diatas sesuai kejadian yang terjadi di sekitar saya.

Mungkin jika ada hal lain yang belum saya tulis, bisa kamu tambahkan di kolom komentar. Semoga bermanfaat dan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1439 H.

Baca dong:
Sek yo!

8 Responses to "13 Hal yang Biasanya Terjadi Ketika Menjelang dan Saat Lebaran "

  1. boro2 ditanya kapan nikah yg ada saya dibilangin jangan nikah dulu. nasib anak bungsu yang mulai memasuki umur seperempat abad, masih juga ditahan buat nikah.

    padahal udah ga betah jomblo terus

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah malah ditahan gitu mas haha, sabar aja ya :)

      Hapus
  2. Yang terakhir bikin makjleb banget tuh. hehe... saking seringnya jadi jawabnya ngelucu aja kalau saya. Itu juga yang kaleng, mending mah isinya rengginang, kalau di rumah tante saya isinya malah gulungan benang sama jarumnya. Parah deh pokoknya. Kalau saya malah jarang banget Nge-WA pas lebaran kebanyakan telpon sama video call aja. capek nih jempol ngetikin satu-satu ama mereka.

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha sepertinya momen ditanya kapan nikah sudah menjadi tren pertanyaan tiap tahun ya haha

      Hapus
  3. Mantap nih, ke-13 hal yang terjadi saat lebaran semuanya bener banget :D

    apalagi yang ditanya kapan nikah haha untung saya udah nikah. Dulu pas masih kuliah lebarannya ditanyainnya kapan wisuda?

    banyak pertanyaan emang ya rangorang

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya nih, kalo cuma mau nanya kapan nikah kan gak harus pada momen lebaran, bisa lein waktu aja gitu haha

      Hapus
  4. Admin mau nikah ya .. Ciehhhh 😊😊

    BalasHapus