Liburan Bernuansa Bali di Candi Joglo Purwodadi

Halo Coy, jadi gini pas tanggal 1 Juli 2018 kemaren saya dan teman-teman saya berkunjung ke tempat wisata yang lagi ngehits nih di Purwodadi, namanya Candi Joglo Purwodadi.

Saya sendiri denger kalau ada wisata Candi Joglo ini udah cukup lama, sekitar 3 bulanan yang lalu, tapi baru tanggal 1 Juli kemaren sempet kesini, kalau dipikir-pikir sih lokasinya deket dari rumah dan jalan utamanya hampir tiap hari saya lewatin.

Candi Joglo Purwodadi

Oke, hari itu saya dan ke 3 teman saya, sebut aja namanya Huda, Zia dan Nur pergi ke Candi Joglo Purwodadi, kebetulan waktu itu pas hari Minggu jadi bayangan saya pasti rame.

Alamat Candi Joglo Purwodadi


Alamat Candi Joglo Purwodadi ini berada di Desa Krangganharjo, Kecamatan Toroh, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah. Kalau kamu dari kota Purwodadi jaraknya cukup dekat, langsung aja ambil arah Solo ke selatan nanti ada SPBU masih keselatan dan ketemu Alfamart kanan jalan di sebelahnya ada gang masuk Candi Joglo.

Kalau bingung pakai GPS (Gunakan Penduduk Sekitar) alias nanya Coy haha.


Harga Tiket Masuk Candi Joglo Purwodadi


Jarak rumah saya ke Candi Joglo sekitar 15 Km kalau ditempuh naik motor cuma membutuhkan waktu 15-20 menitan lah ya, naik motor santai aja gak usah sok sokan ngebut kayak Pakde Rossi haha. Yang penting selamat sampai tujuan gitu lho.

Oke, setelah menempuh perjalanan yang cukup menyenangkan, akhirnya sampai juga di Lokasi, langsung saja kami markirin motor dan menuju ke tempat pendaftaran.

Candi Joglo Purwodadi

Sebelum masuk para pengunjung mengisi daftar hadir, tujuannya apa? biar absennnya gak kosong terus gak dimarahin Bu Guru, haha ya enggak lah Coy.

Bercanda saya haha.

Setelah mengisi daftar hadir pengunjung harus mengenakan kain poleng dan ikat kepala, buat cewek cowok juga harus pakai tapi beda model.

Nanti kamu bisa pilih warna ikat kepala dan modelnya sesuai selera, haha.

Harga tiket masuk terbilang murah Coy, tersedia 3 pilihan Paket yaitu:

  • Paket A : Kain Poleng + Mahkota + Soft Drink + Foto = Rp 20.000 per orang
  • Paket B : Kain Poleng + Mahkota + Foto = Rp 15.000 per orang
  • Paket C : Kain Poleng + Foto = Rp 10.000 per orang
Berhubung saya ini orang kaya wkwkwk (suatu saat nanti) saya pilih yang Paket A dong, lengkap gitu lho Coy, bisa pakai kain poleng (kotak-kotak) ikat kepala bebas milih sesuai selera, dapet minuman (Floridina) dan yang pasti pakai kainnya dipasangin sama mba-mbanya yang cantik haha.

Jangan lupa sebelum masuk ambil dulu Soft Drink-nya haha, bebas milih kok mau minum apa.

Jam Buka Candi Joglo Purwodadi


Wisata Candi Joglo Purwodadi ini buka setiap hari mulai Senin sampai Senin lagi dari jam 07.00 WIB sampai jam 19.00 WIB.

Menurut info dari abang yang jagain parkiran biasanya kalau rame itu emang pas hari minggu dan saat menjelang siang sampai malam hari.

Kalau pagi-pagi uthuk-uthuk ya masih sepi haha.

Tapi di dalam tata tertib khusus hari Kamis dan Jum'at area utama Candi Joglo ditutup untuk umum kecuali meditasi dan berdoa Coy.

Ingat ya kalau main ke Candi Joglo Purwodadi saya sarankan pas hari Minggu atau weekend aja, biar rame dan ketemu cewek cantik atau cowok cakep haha.


Sejarah Candi Joglo Purwodadi


Pas saya masuk ke area Candi Joglo terus terang lokasinya kurang luas sih menurut saya, tapi spot spot foto disini bagus bagus banget, terutama bernuansa seperti di Pulau Bali banget.

Dulu saya juga penasaran pas lihat foto teman saya kok bagus banget, saya kira di mana gitu, eh taunya ada di deket sini aja hehe.

Sebagai Blogger Nggantheng saya kalau wisata ya gak cukup wisata gitu, biasanya suka kepo-kepo gitu dan kebetulan saya ketemu sama Mba Emy salah satu pengurus Candi Joglo Purwodadi.

Langsung aja nih saya ajukan beberpaa pertanyaan, setelah saya ngobrol panjang sama Mba Emy saya jadi tau asal didirikan Candi Joglo dan kapan mulai dibuka untuk umum.

Candi Joglo Purwodadi

Jadi gini Coy, berdasarkan info dari Mba Emy, Candi Joglo ini didirkan oleh Pak Muhadi tujuannya untuk Meditasi dan Berdoa, lama kelamaan ada beberapa anak muda yang foto-foto tuh dengan background Candi Joglo lalu diupload ke sosmed.

Biasa lah anak anak jaman now apa apa dikit di upload ke sosmed biar eksis mungkin. Saya juga deng haha tapi ya kadang-kadang aja.

Nah, biasanya kalo foto diupload di sosmed dan fotonya bagus akan mengundang kekepoan para netijen, kemudian mereka nyari-nyari dimanakah lokasi tersebut dan langsung cuuuuz ke TKP (lokasi)

Kalau info dari Mba Emy Candi Joglo ini dibuka sejak awal tahun 2018 dan semakin hari semakin banyak aja pengunjungnya (wisatawan), entah dari lokal maupun luar kota Purwodadi.

Eh, bener aja kemarain saya ketemu sama 2 orang cewek yang asyik foto-foto, pas saya tanyain mereka dari Kudus, wah berarti Wisata Candi Joglo Purwodadi ini mampu menarik wisatawan dari luar Purwodadi juga.

Tapi saya lupa nanya namanya, soalnya asyik foto-foto bareng mereka dan fotonya ada di kamera dia haha.

Gak cukup puas tanya 2 orang saya lanjut tanya ke wisatawan lain, kebanyakan mereka dari Kabupatten Grobogan sih. Banyak yang datang kesini bersama teman, keluarga dan gebetan.

Dari beberapa orang yang saya kepoin, kebanyakan mereka tau Candi Joglo Purwodadi dari Sosmed entah Facebook maupun Instagram.

Area Candi Joglo Purwodadi


Nah, untuk areanya sendiri Candi Joglo ini bentuknya rumah Joglo yaitu rumah adat Jawa, dan di bagian gapura terdapat candi peninggalan Kerajaan Mataram yang di ambil dari depan Sriwedari.

Bagian gapura ini yang menjadi spot favorit untuk foto-foto para wisatawan, oh iya ada juga paket foto langsung jadi kalau kamu ingin mengabadikan momen di Candi Joglo.

Saya sempat nanya kalau mau foto biayanya Rp 20.000 per foto ukuran berapa saya lupa soalnya saya cukup foto pakai hape Xiaomi 4A aja haha, tapi hasilnya bisa ditunggu dan langsung jadi kok.

Untuk selanjutnya ada area utama Candi Joglo yang berada di dalam rumah berbentuk Joglo, mungkin iniya yang menjadi awal disebut Candi Joglo.

Sebelum masuk dimohon alas kaki dilepas, sendal atau sepatu lepas. Kalau kaos kaki boleh dipakai gak San? Boleh kok boleh haha.

Candi Joglo Purwodadi

Di dalam area tersebut banyak terdapat benda-benda pusaka seperti keris, alat musik tradisional seperti gamelan dan angklung, patung barong Bali, Patung Leak Bali, barang-barang kuno lainnya. Kebanyakan barang bernuansa Bali.

Candi Joglo Purwodadi

Candi Joglo Purwodadi

Di tengah tengah ruangan terdapat Linggaliyoni yaitu Duplak  / Lumpang dan Alu yang didatangkan dari Candi Sukuh, Karanganyar.

Di sampaing kanan Linggaliyoni ada foto-foto Grobogan Tempoe Doeloe yaitu foto-foto Kabupaten Grobogan pada jaman dulu mungkin sebelum saya lahir di dunia ini haha.

Di dalam area utama ini juga bagus untuk foto-foto terutama di bagian tengah atau depan Linggaliyoni, bisa juga foto di bagian wayang kulit dan gamelan.

Wes pokoke cari aja deh spot yang cocok sesuai selera kamu haha.

*****

Menurut cerita teman saya di Candi Joglo Purwodadi juga da pentas seni yang diadakan seminggu sekali yang berlangsung malam hari, saya sendiri juga belum pernah lihat langsung sih, cuma lihat foto-fotonya doang.

Serba-Serbi Candi Jolgo Purwodadi


Selain menyajikan keindahan wisata bernuansa Bali, Candi Jolgo juga menyediakan fasilitas berupa Toilet, di bagian luar terdapat beberapa penjual makanan, ada juga bapak-bapak yang bisa melukis wajah, kalau dilihat dari hasilnya keren banget kok.

Tapi ya itu saya gak sempet nyoba, antrinya banyak Coy.

Meskipun belu rampung 100 % Candi Joglo Purwodadi sudah mampu menarik minat wisatawan dan semoga kedepannya semakin ramai dan semakin bagus.

Tips Wisata dari Santo Ahmad


Saya mau kasih sedikit saran aja, kalau mau sih haha
  • Sebaiknya datang ke Candi Joglo pas Hari Minggu atau weekend.
  • Datang pas jam 10.00 WIB sampai sore, karena jam tersebut lagi rame-ramenya.
  • Datang sama teman atau keluarga, intinua jangan sendiri lah, baper ntar haha, ceweknya cantik cantik Coy haha.
  • Gak usah bawa bekal dari rumah, soalnya banyak yang jualan makanan dan minuman.
  • Bawa kamera dari rumah juga boleh, tapi kalau mau foto di lokasi juga bisa kok, langsung jadi.
Oh iya Coy, kemaren Tora Sudiro sempat datang ke Grobogan dan mampir ke Candi Jolgo Purwodadi juga lho, iya saya lihat foto teman-teman di FB kok, tapi belum tak save.

Oke, setelah saya puas foto-foto dan mengeksplore area Candi Joglo, kami lanjut nyari tempat untuk makan siang, soalnya udah jam 13.00 WIB, lapar juga ternyata haha.

Untuk makan-makannya gak saya tulis, lha gak ada hubungannya kok sama Candi Joglo Purwodadi, beda tempat haha.

*****

Sepertinya hanya itu cerita dan pengalaman ketika Saya dan teman-teman ketika berkunjung ke Candi Joglo Purwodadi. Jika kamu tertarik silakan langsung aja cuuuus ke lokasinya.

Kalau mau lihat foto-foto tentang Candi Joglo Purwodadi bisa kepoin di akun sosmednya
  • IG : @candi_joglo_purwodadi (atau bisa nyari dengan #candijoglopurwodadi)
  • Untuk akun sosmed lain saya belum cek, soalnya banyak akun kloningan haha
Harapan saya semoga kedepannya banyak wisata di Kabupaten Grobogan yang keren-keren dan dikembangkan agar jadi daya tarik wisatawan dari dalam maupun luar Grobogan.

Saya sendiri juga gak bisa berbuat banyak Coy, ya cuma kayak gini sekedar sharing aja lewat Blog Santo Ahmad ini.

Makanya bantu share Coy biar orang-orang pada tau gitu lho. Nantikan cerita wisata lainnya Coy.

Foto area utama Candi Joglo Purwodadi:

Candi Joglo Purwodadi

Candi Joglo Purwodadi

Wisata lainnya:
Sek yo!

11 Responses to "Liburan Bernuansa Bali di Candi Joglo Purwodadi"

  1. Bentar-bentar, itu cewek yg foto di samping lu siapa mas? Aciye.... Temen...

    Entar demen...

    Nanti demem... :3

    Btw, ngomongin tempat wisata lagi-lagi selalu menarik hatiku buat lebih mengenal Indonesia lebih dekat dan mendalam lagi.

    Salah satunya wisata Candi Joglo Purwodadi ini menurutku ya keren hal yang ada di dalam tempat ini.

    Soalnya, aku jarang bgt liat yang begini.

    Ow, ya mas. Kalo ke tempat ini boleh gak, sendiri?

    Mana tau ada jomlo mau dateng gak ada temen...

    BalasHapus
    Balasan
    1. sendirian boleh mas, nanti biar kayak orang ilang haha

      Hapus
  2. Meski belum pernah ke Bali, saya juga kalo dikasih tau itu Bali pasti percaya. Nuansa emang kental banget. Dan biaya masuk juga lumayan murah. Terjangkaulah untuk kantong mahasiswa yang mau liburan~

    BalasHapus
  3. Lah.. Itu sih murah bro harga tiketnya. Hehe...

    Liat foto2 yang kamu share ini, nuansa kental perpaduan antara Bali n Jawa. Bener gak sih? Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bisa dibilang begitu, ya murah banget buat masyarakat sekitar sini.

      Hapus
  4. Wah, jadi pingin ke sana dan pilih yang paket A biarlengkap gitu. Hehehe....sekalian memelihara budaya Indonesia.Kapan ya bisa jalan jalan lagiiiii...

    BalasHapus
  5. Wah ulasan tentang candi joglonya ini lengkap banget mas, so postingannya ini bisa jadi daya tarik juga bagi pembaca untuk berkunjung ke sana.

    Berarti masih baru banget ya candi joglonya karena baru dibuka awal tahun ini..n harus diakui pengaruh medsos zaman sekarang memang luar biasa banget ya...

    BalasHapus
  6. Lihat gambar pertama sekilas memang seperti Bali ya, Mas..he
    Lebih akurat tanya ke orang langsung, Mas. Kalau maps suka d.sasarin..haha

    Terjangkau lah segitu mah, Mas. Dan baru tahu ternyata ada paket-paketannya ya.
    Asik udah dari pagi gini mah, bisa main paling pagi. Selain gak panas sepertinya masih adem ya.

    BalasHapus
  7. Review jalan-jalan yang super lengkap banget, sampai ada tips-tips nya. Harganya terjangkau bgt ya mas, jadi kalau belum ada uang buat ke Bali bisa ke Purwodadi dulu, setidaknya bisa ngerasaain suasana bali di Candi Joglo ini heheheee

    BalasHapus
  8. keren nih, bisa berasa liburan diluar kota padahal masih didalam kota.

    Apalagi ada paket-paket gitu. top banget.
    liburan rame-rame bakalan seru banget iniiii ...

    BalasHapus