Melihat Langsung Patung Ganesha Tidur di Desa Wisata Banjarejo

Jadi gini Coy ceritanya saya itu penasaran dengan Patung Ganesha Tidur, awalnya saya lihat di postingan temen-temen sosial media.

Berhunbung saya ini orangnya mempunyai rasa ingin tahu yang tinggi, saya brosing-brosing tentang Patung Ganesha Tidur tersebut.

Patung Ganesha Tidur Banjarejo
Patung Ganesha Tidur di Banjarejo
Setelah saya telusuri letak Patung Ganesha Tidur tersebut berada di Desa Wisata Banjarejo, Kecamatan Gabus, Kabupaten Grobogan.

Desa Wisata Banjarejo

Berangkat Menuju Desa Wisata Banjarejo


Kamis, 28 Juni 2018 saya dan 3 orang personil lainnya berangkat menuju Desa Banjarejo, kami berangkat dari rumah jam 1 siang, padahal janjiannya jam 10 pagi.

Emang dasar perempuan itu suka lama.

Eh, gak ding malah saya yang ngaret, cewek-cewek udah pada nunggu dari jam 12 saya malah belum mandi hihihi.

Sorry ya Girls.

Kalian emang the best deh, hehe.

Oke, kembali ke cerita.

Kami berempat berangkat mengendarai motor dan saling berboncengan, berhubung ada temen cewek yang naik motornya pelan-pelan kami para cowok selalu setia menemani para cewek.

Kurang apa coba, saya rela naik motor pelan-pelan demi kalian woyy!!

Cowok apaan kalian, lihat cewek naik motor gak diboncengin malah ditinggal!!

Hahaha, iya emang sih waktu itu saya boncengan sama temen cowok saya dan cewek boncengan sama cewek.

Kami mengandalkan perunjuk dari Mbak Google Maps (soalnya suaranya cewek) untuk sampai ke Desa Banjarejo.

Letak Desa Banjarejo masih terbilang jauh dari jalan Raya Purwodadi-Gabus, tapi medan yang kami lewati sudah bagus, jarang kami menemukan jalanan yang rusak.

Sampai di Desa Wisata Banjarejo


Setelah melewati 26 kilo meter jalanan, akhirnya kami sampai di lokasi dan mamakan waktu sekitar 40 menit dari rumah.

Pertama masuk pintu gerbang kami langsung disambut oleh senyum ramah petugas wisata sembari memberikan tiket masuk, satu orang dikenakan biaya Rp 5.000 saja.

Tiket Masuk Wisata Banjarejo

Begitu masuk lokasi wisata kamu akan langsung melihat Patung Ganesha Tidur yang berada di sebelah kiri pintu masuk, banayk wisatawan yang asyik berfoto-foto dengan background Patung Ganesha Tidur.
Info : Patung Ganesha Tidur ini memiliki ukuran 11 x 4,5 meter dan dibuat oleh seorang Seniman bernama Gunawan yang berasal dari Desa Kenyongan, Kecamatan Gabus dan tinggal di Yogyakarta.
Patung Ganesha Tidur diresmikan oleh Bupati Grobogan Ibu Sri Sumarni pada tanggal 6 Juni 2018.

Patung Ganesha Tidur Banjarejo

Saya tanya-tanya pada salah satu pedangan di lokasi biasanya Wisata Patung Ganesha Tidur ramai dikunjungi saat menjelang sore, karena bagus untuk foto-foto.

Yaaa, suasananya cukup ramai mulai anak-anak hingga dewasa.

Bagi kamu yang hobi selfie-selfie, banyak spot yang bisa kamu gunakan untuk memperkeren hasil jepretanmu.

Di area wisata tersebut juga ada beberapa fasilitas seperti Mushola dan Toilet untuk pengunjung, kamuj juga bisa menonton rekaman saat warga sekitar menemukan fosil Gajah Purba.

Selain Patung Ganesha Tidur, terdapat satu ruangan yang berisi penemuan fosil Gajah Purba.

Fosil Gajah Purba Banjarejo
Fosil Gajah Purba Banjarejo
Menurut saya wisata Patung Ganesha Tidur sudah bagus untuk foto-foto dan terdapat juga fosil-fosil yang mengingatkan kita pada sejarah.

Itung-itung belajar sejarah dan kita bisa sedikit membayangkan seperti apa kehidupan jaman dahulu kala, melihat fosilnya aja segede itu.

Pasti hewan-hewan jaman dulu mempunyai ukuran yang besar, beda dengan ukuran hewan jaman sekarang.

Sebenernya koleksi fosil yang lebih lengkap berada di rumah Bapak Kepala Desa Banjarejo yaitu Bapak Ahmad Taufik.

Rumah Fosil Banjarejo
Rumah Fosil Banjarejo (kangasti)
Berhubung waktu sudah sore kami tidak sempat mengunjungi Rumah Fosil Banjarejo, tapi tenang kamu gak usah sedih.

Santoz Ahmad ini temennya banyak lho, jadi kamu bisa melihat seperti apa sih Rumah Fosil Banjarejo itu di blog temen saya.


Isinya lebih komplit pakai telur haha.

Biaya Berkunjung ke Desa Wisata Banjarejo


  • Bensin tegantung jarak dari rumah kalian, kalau saya kemarin ngisi Rp 20.000 sudah cukup untuk berangkat dan pulang
  • Tiket masuk Rp 5.000 per orang
  • Parkir Rp 2.000 motor, Mobil Rp 5.000 (mungkin) lupa nanya soalnya
  • Uang saku secukupnya, harga jajanan disana cukup murah mulai Rp 1.000
Gimana? Murah kan?

Tips Wisata Dari Santoz Ahmad


Oke, setelah saya mengunjungi lokasi dan melihat area disana saya punya sedikit tips nih buat kalian yang belum dan mau berkunjung ke Wisata Banjarejo.

  • Kalau bisa pas sampai lokasi agak sore sekitar jam 15.00 WIB, suasananya adem dan pemandangannya indah.
  • Bawa perlengkapan wajib seperti kamera, kalau gak punya pakai kamera hape juga bisa.
  • Ajak keluarga, teman atau pacar, pokoknya jangan sendirian kayak pendekar aja haha.
  • Bawa uang saku secukupnya, soalnya tiket masuk cuma Rp 5.000 dan jajanan disana juga terbilang murah.
  • Jangan malu untuk bertanya pada warga sekitar, soalnya jalannya itu belak-belok kalau kamu gak inget bisa kesasar.
  • Jangan lupa makan ya.
*****

Sepertinya hanya itu yang bisa saya bagikan kepada kalian semua teman-teman, jika ada kurang lebihnya ya saya mohon maaf, namanya juga manusia biasa Coy.

Jika kalian tertarik megunjungi wisata di Desa Banjarejo silakan langsung jadwalin aja.

Sek yo!

14 Responses to "Melihat Langsung Patung Ganesha Tidur di Desa Wisata Banjarejo"

  1. Berarti rute yg mas pilih itu lewat polokulon tembusnya nanti di wirosari ya? Atau lewat mana? Soalnya mbakku lewat wirosari wirosari katanya medannya juelek banget.

    Belom kesana sih Ku, semoga bisa segera terealisasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba rumahku kan daerah selatan jadi lewat Pulokulon tembusnya Selatan Bledug Kuwu terus ke timur. Ya diagendain aja mba hehe

      Hapus
  2. wah kapan ay aku bisa ke sini, aku suka sekali wisata spt ini banyak nmabah wawasan ya

    BalasHapus
  3. Bbrp kali melihat patung ganesha, tp blm ada yg tidur :D. Itupun melihatnya fmbukan di Indonesia. Ternyata yg ganesha tidur amalah ada di negara sendiri :). Kapan2 hrs didatangi nih. Dan aku takjub aja liat hrg jajanannya msh ada yg 1000???. Omg, aku siap2 kalap jajan sih :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ini masih baru dibuka mba, Juni 2018 kemarin dan mulai rame pengunjung dari dalam maupun luar kota Grobogan.

      Hapus
  4. Mayan lah terjangkau ya, Mas tiketnya. Dan saya beruntung lihat ini jadi tahu. Karena belum pernah lihat patung ganesha tidur secara langsung..

    Terawat gitu ya, Mas penemuan fosilnya, jadi tahu para pengunjung yang datang. Ajak aku kesana, Mas..he

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ini penemuan fosilnya emang udah lama dan dirawat di Rumah bapak kepala Desa Banjarejo.

      Lain kali kesini aja mas Andi hehe

      Hapus
  5. Wih baru tau ada ganesha tidur, biasanya Buddha yang tidur wkwk

    Seandainya kalau pelajaran sejarah itu bisa ke tempat2 gini ga di kelas mulu pasti gabosen *yah malah curhat

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha iya kali aja nanti ada pelajaran yang langsung mengunjungi tempat-tempat bersejarah, biar muridnya gak bosen, tapi kembali lagi harus siapkan dana yang lebih.

      Hapus
  6. patung ganesha tidur??? baru tau ada begitu, kira-kira ada arti atau sejarahnya gak sih patungnya? Kan gak asik kalau cuma foto-foto dan datang kesana tapi gak tau cerita dibaliknya hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya sejarahnya dulu ditemukan fosil Gajah Purba di Desa Banjarejo sini mba.

      Hapus
  7. Ganesha tidur, kayaknya kemaren sempat beberapa kali liat di sosial media.

    Wah! Harga tiketnya sangat terjangkau ke arah murah bgt ini mah namanya. Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya murah banget mas, kesini aja kalau pas lagi liburan haha

      Hapus