7 Tips Memulai Bisnis Online Bagi Pemula

Internet saat ini sudah menjadi kebutuhan yang bisa dibilang harus dipenuhi, ya bisa kita lihat sendiri, saat ini semakin banyak pengguna internet di Indonesia.

Mulai anak anak hingga orang tua, sebagai anak muda yang kreatif kita harus mampu membaca peluang tersebut.

Bagaimana caranya?

Tips Memulai Bisnis Online

Ya, salah satunya adalah membuka Toko Online, bayangkan saja saat ini hampir semua barang bisa kita beli secara online, mulai dari pakaian, makanan dan jasa.

Kita bisa memesan produk tersebut tanpa harus keluar rumah.

Bisa kita lihat sekarang banyak kan temen sosial media kita yang memposting dagangan mereka di akun sosial media pribadi mereka.

Mulai dari Facebook, Instagram dan WhatsApp.

Daripada kita punya akun sosial media cuma buat nyinyir orang lain, buat share berita Hoax, mendingan buat jualan aja, bisa dapet untung dan hidup lebih tenang.

Ya kan?

Sebagai anak muda hendaknya kita bijak dalam bersosial media, seperti yang dilakukan Wempy Dyocta Koto mengajak bijak bersosial media,

Tips Memulai Bisnis Online

Siapakah Wempy Dyocta Koto?

Wempy Dyocta Koto adalah seorang pengusaha dan investor yang berasal dari Indonesia, dia juga merupakan Founder dan CEO Wardour dan Oxford salah satu perusahaan yang menaungi beberapa startup yang ada di Indonesia seperti Kalibrr.com dan Jelasin.com.

Kamu juga bisa kepoin Wempy Dyocta Koto melalui akun Instagram pribadinya disini @wempydyoctakoto

Oke, kembali ke topik awal.

Saya sendiri juga sudah pernah membeli barang secara online, prosesnya cukup mudah kok.

Kita cukup di dalam rumah buka Toko Online penjual tersebut melalui HP kita, tinggal pilih barang, kalau cocok trasfer uangnya, tunggu beberapa hari dan barang diantar sampai depan pintu rumah kita.

Begitu mudahnya orang-orang jaman sekarang membeli barang tanpa harus keluar rumah.

Nah, bagi kamu yang saat ini masih menjadi konsumen untuk membeli barang secara online, sudah waktunya kamu juga ikut merasakan jadi penjual dengan sistem online.

San, kalau mau jadi penjual kan butuh modal yang besar?

Memang sebagai penjual atau pedagang kita membutuhkan modal, tapi saat ini ada kok sistem jualan yang modalnya sedikit dan bahkan hanya butuh modal kuoat aja kita bisa jualan lho Cuy.

Oke, kali ini saya akan membagikan tips bagaimana agar kita bisa memulai bisnis online, yang hanya membutuhkan modal sedikit dan bahkan cuma modal kuota aja.

Tips Memulai Bisnis Online


1. Tentukan Target Pasar


Pertama kamu harus bisa menentukan target pasar yang mau kamu bidik, contohnya jika kamu menentukan target pasar perempuan usia 17 sampai 35 tahun, kamu bisa berjualan pakaian.

Banyak jenis pakaian yang bisa kamu jual seperti jilbab, baju, celana  dan aksesoris lainnya.

Jika kamu sudah menemukan dan menentukan target pasar selanjutnya kamu cari suplier produk tersebut.

2. Cari Suplier 


Selanjutnya kamu bisa memulai mencari Suplier produk yang sudah kamu tentukan, cara mencari Suplier sangat mudah, kamu bisa browsing nama produk tersebut dan akan muncul berbagai Toko Online yang menjual barang tersebut.

Selanjutnya kamu bisa tanyakan apakah Toko Online tersebut membuka Reseller, jika iya segera daftarkan diri kamu menjadi Reseller dan kamu bisa mulai jualan.

3. Buka Toko Online Kamu


Setelah kedua tahap tersebut sudah kamu lewati, saatnya kamu membuat sebuah Toko Online kamu, kamu bisa membuka Toko Online kamu mulai dari yang paling sederhana.

Misal kamu posting produk kamu di akun sosial media kamu, bisa di Istagram, Facebook dan Whatsapp.

Kalau mau lebih terlihat profesional kamu bisa membuat Website atau Blog sebagai tempat kamu memposting produk yang kamu jual.

Untuk pemula sebaiknya gunakan layanan Blog yang gratis dulu, nanti kalau sudah berkembang bisa menggunakan yang berbayar.

4. Lakukan Promosi


Oke setelah kamu mendapatkan barang dan tempat untuk memajangnya, saatnya kamu melakukan pengenalan dan promosi kepada orang lain.

Karena sebagus apapun barang kalau tidak dipromosikan ke orang yang tepat maka hasilnya kurang maksimal.

Jika kamu jualan jilbab sebaiknya lakukan promosi ke teman perempuan kamu, meskipun laki-laki juga bisa membeli jilbab sih (buat kado pacar atau istrinya) hehe.

5. Bangun Kepercayaan Kepada Pelanggan


Setelah kamu melakukan promosi dan mendapat pelanggan pertama, buatlah pelayanan yang memuaskan dan maksimal.

Tujuannya biar pelanggan tersebut merasa puas dan bisa jadi pelanggan yang setia. Biasanya pelanggan setia akan membeli kembali di tempat kamu dan bonusnya dia membawa temannya sebagai pelanggan baru.

Karena pelayanan dan kepercayaan itu penting bagi seorang penjual.

6. Berikan Bonus Kepada Pelanggan Setia


Nah, setelah bisnis online kamu berkembang kamu bisa memberikan bonus atau potongan harga bagi pelanggan setia kamu, misal jika pelanggan kamu beli lagi kamu bisa kasih potongan harga.

Hal tersebut akan membut dia senang dan tetap menjadi pelanggan setia kamu.

Karena di luar sana banyak Toko Online yang menjual barang serupa dengan yang kamu jual, kalau pelayanan dan tidak ada promo menarik, bisa jadi pelanggan kamu akan pindah ke Toko Online sebelah.

Jangan sampai terjadi ya.

7. Terus Belajar


Setalah kamu berani memulai dan melewati semua proses diatas, kamu jangan cepat berpuas diri, masih banyak hal yang perlu kamu pelajari di dunia Bisnis Online.

Tak perlu bingung, banyak tempat yang menyediakan kursus bisnis online, kamu bisa mencarinya di Google.

Salah satunya ya di blog santoahmad ini hehe.

*****

Oke, setelah kamu baca dan memahami beberapa tips diatas, sekarang saatnya kamu memulai bisnis online, lakukan dan teruslah belajar.

Karena kalau kita ingin sukses, kita harus mau berusaha dan terus belajar, oh iya jangan lupa berdoa juga ya Cuy, biar semakin maksimal hasilnya.

Semoga tulisan ini bermanfaat dan jangan lupa berkunjung kembali, kalau sudah sukses jangan lupa kabari saya ya hehe.

0 Response to "7 Tips Memulai Bisnis Online Bagi Pemula"

Posting Komentar