Semangat Mahasiswa Semester Akhir

Halo Cuy, apa kabar nih? semoga selalu bahagia, jadi gini nih Cuy, udah beberapa tahun ini saya kan kuliah di salah satu kampus swasta di daerah saya.

Kalau dihitung saya ini udah termasuk semester akhir, udah waktunya skripsi, tapi sampai saat ini belum juga kelar, nilai masih ada yang kurang ditambah rasa malas yang selalu setia menemani hehe.

Ya saya ini sebenernya gak terlalu malas malas amat kok, terbukti dulu pas SD dapet juara kelas, SMP dan SMA juga lumayan nilai saya.


Tapi kenapa pas Kuliah saya jadi gini ya? ya menjadi sebuah pertanyaan yang harus saya jawab sendiri.

Pertanyaan yang sering ditanyakan orang tua setelah pertanyaan kapan menikah, hmmmb.

Saya juga sudah berusaha mau cepet menyelesaikan tugas saya sebagai mahasiswa, terkadang ada-ada aja halangannya, mulai dari teman yang ngajakin bolos, masalah jam kerja (saya kuliah sambil kerja) dan ya rasa malah yang setia menemani.

Tapi kenyataannya sampai saat ini saya belum lulus juga, terkadang saya mikir untuk berhenti saja, mau fokus kerja tapi terkadang saya ingat perjuangan dari awal kuliah sampai saat ini.

Mulai dari ban bocor, kehujanan, ngerjain tugas sampai malem, ya banyak hal hal yang saya pertimbangkan.

Saya harus tetap lanjut.

Tidak ada kata terlambat, ibaratnya sudah 70% saya berlari, tinggal sedikit lagi, yang penting saya berusaha apapun hasilnya.

Entah berhasil atau belum berhasil.

Saya akan tetap terima dan bersyukur.

*****

Ya mungkin itulah sedikit cerita saya soal jadi mahasiswa yang gak lulus lulus, yang lain sudah lulus saya masih aja ngurus nilai yang kurang, masuk kuliah, nyari-nyari dosen buat minta tugas dan lain-lain.

Kalau kamu mungkin ada juga cerita tentang kuliah kamu, pasti adalah ya mulai hal yang menyenangkan maupun hal yang menyedihkan.

Untungnya saya kuliah bisa nglaju naik motor dari rumah, karena lokasi kampus cukup dekat yaitu sekitar 17 km, kalau ditempuh naik motor sekitar 20menitan udah nyampek.

Biaya bensin juga terjangkau, 10.000 udah bisa buat pergi dan pulang, hehe.

Lain cerita jika saya harus kuliah di luar kota, misal di Jakarta atau Bandung, pasti saya harus nyari kontrakan, apa-apa sendiri, dan pokoknya mandiri lah.

Tadi saya iseng-iseng browsing Universitas swasta di Bandung, ternyata banyak sekali Universitas Swasta di Bandung dengan berbagai Jurusan mulai dari Jurusan Komunikasi, Jurusan Ekonomi , Jurusan Teknologi Pangan di Bandung dan masih banyak yang lain.

Semua jurusan saya rasa bagus, tinggal kita aja minat dan mau mengembangkan di bidang yang mana, kadang ada teman saya merasa dia salah jurusan.

Sepertinya hal itu wajar dialami beberpa mahasiswa atau bahkan kamu sendiri sedang berada dalam posisi salah jurusan? hehe.

Oh iya kalau kamu sedang cari universitas swasta di Bandung, bisa dicoba baca-baca dulu webnya Maseom University.

Banyak jurusan yang bisa kamu pilih, Mulai dari Ekomoni, Pendidikan, Pertanian dan lain-lain. Untuk lebih jelasnya nih saya kasih alamatnya di Jl. Raya Cipinang No. 22 Jatinangor, Jawa Barat.

Eh ada nomor WhatsApp nya juga Cuy 08156033022

Ya apapun jurusan kamu saat ini ya selesaikan kewajiban kamu sebagai mahasiswa, meskipun terkadang berat tidak sesuai pilihan hati, hiks.

Kalau kamu bisa lulus dan jadi Sarjana kamu bisa membahagiakan orang tua kamu, meskipun setelah lulus kamu gak bekerja sesuai jurusan kamu hehe.

Orangtua pasti bangga bisa melihat anaknya lulus jadi Sarjana, suatu kebanggan tersendiri pokoknya, apalagi di daerah saya rata-rata banyak yang lulus SMA langsung kerja.

Ya begitulah kehidupan di masa-masa kuliah, masa-masa mencari jati diri, mau jadi apa aku nantinya? mau kerja apa aku nantinya?

Pertanyaa-pertanyaan kayak gitu pasti selalu muncul dalam pikiran, ya selalu setia menemani hehe.

*****

Harapan saya, kita semua yang masih jadi mahasiswa terutama tingkat akhir dan merasa salah jurusan, tidak apa-apa kawan, lanjutkan saja kuliah kamu.

Tetap semangat ya Cuy, kita gak sendiri kok hahaha.

Sek yo!


1 Response to "Semangat Mahasiswa Semester Akhir"

  1. Sebenernya ga ada istilah salah masuk jurusan.
    DUlu aku juga mrasa salah jurusan tapi aku harus menyelesaikan apa yang sudah aku mulai.
    Pas lulus ilmuku masih tetap berguna.

    BalasHapus