Cara dan Syarat Perpanjang SIM di Kantor Pelayanan SIM Grobogan

Halo Cuy, apa kabar? kemaren saya baru aja perpanjang SIM (Surat Izin Mengemudi), ini adalah perpanjangan SIM kedua kalinya yang saya lakukan.

Kalau dulu perpanjang SIM masih di Kantor Polres Kota, beda yang sekarang udah beda yaitu di Kantor Pelayanan SIM, alamatnya disebelah timur tikungan Alun-alun Purwodadi.

Kalau belum paham di Jl Bhayangkara no 9, di belakang Polsek Kota.

Perpanjang SIM Grobogan


Nah, jadi kemarin saya jam 9 pagi sudah berangkat, sebelumnya saya ijin dari kantor dulu, soalnya waktu itu kan hari kerja jadi saya ijin atasan saya dulu.

Apa Sih Syarat Perpanjang SIM di Grobogan?

Syarat Perpanjang SIM di Grobogan


Karena saya baru punya SIM C ya saya kasih tau syarat perpanjang SIM C.

1. Foto Kopi KTP 2 lembar

2. Foto Kopi SIM lama 2 lembar

Lalu setelah tau syaratnya ikuti langkah selanjutnya.

Setelah saya sampai di Kantor Pelayanan SIM Grobogan, saya langsung menuju tempat parkir (ya iya lah parkir dulu dong, masak langsung masuk, wkwk)

Kemudian langsung menuju ruang tes kesehatan, syaratnya bawa fotokopian KTP dan SIM lama, lokasinya di sebelah kanan Masjid.

Setelah itu kumpulkan fotokopian tadi ke tempat antrian, nunggu sampai dipanggil petugasnya, nah setelah dipanggil kamu akan di tes kesehatan mata kamu menggunakan angka warna yag di dalamnya ada angka.

Biasanya kalau mata kamu normal kamu dengan cepat melihat angka tersebut, tapi kalau kamu buta warna kamu sulit menemukan angka di dalam warna tersebut.

Setelah lulus kamu akan diberikan surat kesehatan dengan membayar Rp 30.000.

Kemudian saya lanjut jalan lagi ke ruang pendaftaran, ini kantor cukup luas, jadi jaraknya cukup jauh juga hehe.

Perpanjang SIM Grobogan

Setelah itu masuk ke ruang pendaftaran, bayar di BRI Rp 75.000.

Untuk SIM tipe lain beda harga ya Cuy, bisa dilihat ketentuan biaya dibawah ini:

Perpanjang SIM Grobogan

Kemudian antri lagi, sampai dipanggil menuju ruang Registrasi, disana sudah banyak orang-orang yang mengantri dan mengisi Formulir.

Setelah isi Formulir kemudian mengambil nomor antrian untuk sesi pemotretan hehe.

Kemaren saya dapet antrian nomor 50, ya cukup rame juga hari itu.

Perpanjang SIM Grobogan

Sambil ngantri saya memperhatikan suasana sekitar ruangan, ada TV dan Taman Bermain Anak di dalam ruangan tersebut, ya biar kita sambil ngantri bisa nonton TV dan yang bawa anak kecil bisa main main.

Tapi hari itu saya tidak melihat ada yang bawa anak kecil hehe.

Lain kali kalo kamu bawa anak kecil bisa main main disitu deh, berarti boleh ya ke kantor Pelayanan SIM Grobogan bawa anak kecil?

Soalnya kan ada tempat bermain khusus anak anak, hehe.

Saya menunggu sekitar 20 menitan sudah dipanggil untuk foto, kemudian saya menata rambut saya dan kerah baju saya biar kelihatan rapi hehe.

Sebelum difoto biasanya kita ditanya petugas mengenai data kita apakah valid atau tidak, kalau data benar tinggal bilang iya iya iya Pak, gitu hehe.

Setelah foto saya melakukan tanda tangan dan dilakukan finger print pada sidik jari jempol, telunjuk, tengah dan manis.

Selesai di ruang foto kemudian saya menuju Ruang Produksi buat ngatri SIM C baru saya.

Ruangannya cukup luas dan ada tempat ngecas Hp gratis, ada ACnya juga, jadi adem.

Beberapa menit kemudian petugas memanggil nama SIM  yang sudah jadi, dan akhirnya SIM C saya sudah baru, hehe.

*****

Kantor Pelayanan SIM Grobogan buka hari apa aja San?

Hari Kerja Kantor Pelayanan SIM di Grobogan


Buka hari Senin sampai Sabtu, ternyata sabtu buka Cuy, saya kira tutup lho.

Jam kerjanya mulai jam 08.00 WIB sampai Jam 14.00 kecuali Jumat dan Sabtu sampai jam 12.00 WIB.

Rincian biaya perpanjang SIM C :


  • Tes Kesehatan Rp 30.000
  • Biaya Administrasi di BRI Rp 75.000
  • Foto kopi Rp 2.000
  • Parkir Rp 2.000
Jadi Total Rp 109.000, kalau Perpanjang SIM aja Rp 105.000.

*****

Oh iya di Kantor Pelayanan SIM Grobogan juga tersedia beberapa Fasilitas lho :
  • Toilet
  • TV
  • Ruang Menyusui
  • Taman Bermain Anak
  • Charger Gratis
  • Masjid
Kalo belum foto kopi juga ada tempat Fotokopi dan warung makan.

Oke sepertinya sampai sini dulu ya cerita saya perpanjang SIM C di Kantor Pelayanan SIM Grobogan, saya kira cukup cepat juga saya berangkat jam 09.00 WIB pulang jam 10.30 WIB.

Baca Cuy:
Semoga bermanfaat Cuy.

Sek yo!

1 Response to "Cara dan Syarat Perpanjang SIM di Kantor Pelayanan SIM Grobogan"

  1. senengnya sudah ada kids zone jadi anak nggak cranky kalau nunggu lamaaa....

    BalasHapus