5 Tips Usaha Konter Hape Modal 5jutaan

Halo cuy, apa kabar? wah wah udah lama ya saya gak menyapa kalian semua, hehe. Udah hampir 2 bulanan ya saya gak nulis.

Bukannya gak ada waktu, kalian tau sendiri kalau saya ini orangnya pemalas hehe, tapi ganteng kok.

Oh iya saya mau cerita aja nih, udah seminggu ini saya punya kesibukan baru, selain jadi karyawan kantoran, saya buka usaha konter hape nih.

usaha konter hape

Usaha saya ini udah jalan sekitar seminggu, saya mulai usaha ini bener bener dari niat saya sendiri, dengan modal tabungan yang saya kumpulkan dari gaji saya.

Dulu tahun 2012 saya pernah kerja di Konter HP selama 4 bulan, setelah mengetahui sistem dan cara kerja usaha konter, saya mulai tertarik untuk membuka usaha sendiri.

Awalnya saya cuma jualan pulsa elektrik, mulai modal 100.000 saya sudah bisa jualan pulsa all operator.

Modal dikit yang beli temen sendiri ada yang ngutang, abis deh modalnya.

Pokoknya saya jatuh bangun waktu itu, saya belum tau teknik bisnis, belum tau cara-cara promosi, pokoknya asal jualan gitu aja.

Untuk pemula, kamu bisa membuka usaha konter HP dengan modal 5jutaan aja, nah apa aja yang harus dibeli?

Simak penjelasan dibawah ini Cuy.

Tips Memulai Usaha Konter Modal 5jutaan


1. Niat


Pertama yang harus dimiliki seorang pengusaha adalah niat yang kuat, tanpa niat usaha yang kita rintis akan tumbang di tengah jalan, ibarat kita mau mendaki gunung, kalau gak niat ya ngglundhung jatuh ke bawah deh hehe.

2. Lokasi


Kedua kamu harus menentukan lokasi mana yang akan kamu gunakan untuk memulai usaha kamu, contoh bisa di teras rumah (seperti saya) , misal sewa ruko boleh aja tapi untuk pemula lebih baik hemar biaya untuk sewa ruko.

Misal sewa setahun 5juta, uangnya bisa buat tambah modal beli aksesoris HP kan?

3. Produk


Karena kita ngomongin soal konter HP, jadi barang yang dijual ya meliputi pulsa, paket data maupun aksesoris HP.

Untuk pemula sebaiknya kamu stok pulsa elektrik, kuota internet dan aksesoris HP sebagai pelengkap, disini produk utamanya adalah kuota internet dan pulsa elektrik, karena yang cepat laku dan cepat untung.

Meskipun untungnya dikit hahaha.

usaha konter hape

Sebagai pelengkap, kamu bisa stok beberapa aksesoris HP, mulai dari kabel data, charger, headset, softcase dan lain lain sesuai kebutuhan di daerah kamu.

4. Promosi


Setelah kita punya tempat dan produk yang dijual, kita harus menentukan strategi promosi apa yang kita gunakan, contoh kita bisa mulai promo lewat sosmed, bisa di Story WA, Broadcast kontak WA, status Facebook dan lain lain.

Awalnya saya juga sering bikin story WA barang dagangan, nanti temen temen akan tau produk yang kita jual, kalau mereka butuh pasti beli, ya meskipun kadang ngutang haha.

Kamu juga bisa promo lewat mulut ke mulut, biasanya dimulai dari tetangga terdekat, nanti mereka akan ngomong ke orang-orang kalau kita buka konter.

Ini termasuk promosi yang GRATIS hehehe.

5. Pelayanan yang Memuaskan


Setelah semua sudah lengkap, kamu juga harus mengimbanginya dengan pelayanan yang ramah dan memuaskan, ibarat orang baru kita harus ramah biar pelanggan baru kita betah beli di konter kita.

Misal ada yang beli usahakan tetap senyum dan jangan sampai menunjukan raut muka kesel hehe

Kalau perlu kamu mandi dulu Cuy, biar kelihatan cakep dan pelanggan betah hehe.

6. Buku Catatan Transaksi


Tips terakhir, pastikan kamu punya buku catatan setiap transaksi per hari, catat barang apa aja yang laku, lalu cocokkan tiap hari, kalau ada yang ngutang usahakan jangan dulu.

Kalau bisa jangan hehe, ini bahaya banget Cuy, bisa merusak kesehatan usaha kamu.

******

Bagaimana? kamu sudah paham dan ada gambarang mau buka usaha konter?

Silakan dipahami dan dipraktekkan Cuy, misal ada yang ditanyakan silakan hubungi saya, nanti saya jawab kok hehe.  

usaha konter hape


Mau Baca?

Sek yo!

2 Responses to "5 Tips Usaha Konter Hape Modal 5jutaan"