(Lengkap) Cara Membuat Daftar Isi Blog Dengan Mudah

Halo cuy, kemarin saya sempat bingung sampe garuk-garuk kepala, lha gimana saya kan mau membuat daftar isi blog nih, gak tau kenapa gagal terus, padahal usa nyobain tutorial dari beberapa blog gede.

Sebenarnya blog Santo Ahmad ini udah ada Daftar Isinya, gak tau kenapa pas dibuka malah ngeblang putih gitu, jadi gak muncul daftar isinya.

Cara Membuat Daftar Isi Blog

Saya langsung ambil laptop di tas saya, nyalain langsung buka Google Chrome, saya nyari-nyari nih, tapi hasilnya sama, udah gonta-ganti script tetep aja ngeblang putih.

Akhirnya saya nemu script yang work di salah satu blog yang saat ini terkenal yaitu Mastimon, terimakasih sebelumnya buat mastimon (Bukan promosi lho ya)

Apa itu Daftar Isi Blog?


Menurut saya Daftar Isi adalah sebuah menu atau halaman yang berisi semua isi artikel di blog kita, biasanya dipisahkan tiap label atau kategori.

Sehingga pengunjung bisa dengan mudah menemukan artikel yang mereka inginkan, tinggal sekrol kebawah nanti muncul judul yang ada di blog kita.

Ya kayak daftar isi di buku bacaan gitu, biasanya terletak dibagian halaman agak depan, disitu terdapat tulisan yang menggambarkan isi dari buku tersebut.

San, Bagimana Cara Membuat Daftar Isi Blog?


Kamu tanya ke saya? saya aja bingung kok hehe. Meskipun sempat bingung saya sebagai admin yang nggantheng ini akan membantu kamu sebisa saya, sepengetahuan saya dan semampu saya (halah).

Oke, kamu bisa mempraktekkan cara yang saya gunakan, usahakan pahami caranya secara detail biar berhasil.

1. Buka Menu Dashboard Blogger Kamu

Cara Membuat Daftar Isi Blog

Pertama buka dashboard Blogger kamu, setelah itu cari menu Halaman, kemudia pilih Halama Baru, isi judul dengan nama Daftar Isi atau Sitemap terserah deh.

Cara Membuat Daftar Isi Blog


Disitu kan ada 2 pilihan yaitu Compose dan HTML, pilih yang HTML dan tanpa basa basi langsung pastekan script yang sudah kamu persiapkan tadi.

San, mana scriptnya woii?

Sabar Cuy, ini lho udah tak siapin di bawah, makanya kalo baca artikel itu dari atas ke bawah yang lengkap, jangan lompat-lompat kek anak kecil yang abis dikasih permen, hehe.

2. Silakan Copy dan Paste Script dibawah ini

<script src="https://cdn.rawgit.com/D-dig/js/gh-pages/sitemap1.js"></script><script src="https://www.santoahmad.com/feeds/posts/default?max-results=9999&amp;alt=json-in-script&amp;callback=loadtoc"></script>
Note : Don't forget, ganti tulisan santoahmad.com dengan nama blog kalian ya.

Terakhir, silakan klik Publikasikan.

Taraaaa!! Kayak gini nih hasilnya

Cara Membuat Daftar Isi Blog


*****

Coba sekarang lihat menu Daftar Isi di Blog kamu, udah muncul belum? kalau belum muncul ya berarti ada kesalahan dari awal, ulangi lagi sampai bisa.

Setelah berhasil membuat daftar isi blog berdasarkan label ini, saya senang dan juga sempet geleng-geleng kepala, lha gimana ternyata semudah ini lho, tapi ya namanya orang gak tau pasti bingung duluan.

Makanya saya berinisiatif membuat tutorial ini, meskipun udah banyak artikel yang sama, gak apa-apa saya juga mau ikutan berbagi ilmu yang saya dapatkan dari orang lain.

Yowes, gitu aja ya.

0 Response to "(Lengkap) Cara Membuat Daftar Isi Blog Dengan Mudah"

Posting Komentar