6 Cara Mendapatkan Ide Untuk Menulis Artikel di Blog

Halo Cuy selamat pagi, udah sarapan belum? Oh iya kemarin saya mendapat ide nulis artikel cara mendaftar E KTP online dari teman saya, awalnya dia tanya-tanya dan munculah ide saya bikin artikel tersebut.

Sebelumnya saya mau tanya nih, kamu kalau nulis artikel mendapatkan ide darimana Cuy?

Ide Menulis Artikel Blog

Tiba-tiba muncul atau pas mimpi terus bangun bikin artikel, atau ada cara lain?

Oke, saya bagi tips mendapatkan ide menulis di Blog versi Santo Ahmad.

Cara mendapatkan Ide Menulis Artikel di Blog

1. Pengalaman Pribadi

Pengalaman pribadi merupakan kerjadian yang pernah kita alami kan, jadi kita bisa mendapatkan ide menulis dari kejadian tersebut.

Misal kamu kemarin habis mengurus bayar pajak STNK di Samsat, nah itu bisa kamu jadikan ide menulis artikel Cuy.

Pasti ada orang yang belum tau caranya mulai dari pendaftaran sampai selesai kan? Disini kita juga lebih mudah untuk membuat artikel karena isi artikelnya tentang hal yang kita alami.

Jadi kita bisa menulis dengan lancar dan mengalir, tinggal tulis aja hal-hal yang kemarin kamu alami, misal mau menambah informasi sedikit bisa mencari referensi artikel orang lain.

2. Pengalaman Orang Lain

Nah, selain pengalaman diri sendiri, kamu juga bisa mendapatkan ide menulis artikel dari pengalaman orang lain lho.

Misal temen kamu habis curhat masalah mantannya akun WA nya keblokir, terus kamu cari solusinya bareng-bareng sampai akhirnya berhasil kembali lagi akun WA temen kamu.

Disini kamu bisa membuat artikel tentang cara membuka akun WA yang terblokir, meskipun kamu juga ikut membantu mengatasi masalah ini, tapi ide ini muncul pertama kali dari masalah teman kamu kan?

Makanya kalau ada teman curhat atau ada masalah sebaiknya didengarkan dan bantu cari solusi, misalkan idenya bagus lumayan bisa dibuat artikel, hehe.

Karena banyak orang yang punya masalah larinya ke Google buat nyari solusi kan.

3. Topik yang Sedang Trending

Selain kedua pengalaman diatas, kamu juga bisa mendapatkan ide dari Topik yang sedang trending saat ini, ya contonhnya banyak lah seperti Covid-19, game Mobile Legends dan lain-lain.

Semua tergantung tema Blog kamu dan tergantung seberapa tau kamu tentang topik tersebut, misalkan saya kan hobi main Mobile Legends nih, jadi saya cukup paham ketika menulis tentang Mobile Legends.

Tapi kalau saya disuruh bikin artikel tentang Gosip artis maupun Politik saya kurang menguasai, pasti lama dan perlu banyak referensi.

Intinya tulis Topik trending yang kamu pahami.

4. Cari di Penjelajah Kata Kunci Google

Ide selanjutnya bisa kamu temukan di penjelajah kata kunci Google, caranya mudah banget kamu tinggal masuk ke kolom pencarian dak ketikan kata kuncinya misal cara membuat, nanti akan muncul beberapa saran.

Biasanya akan muncul seperti ini, cara membuat akun mobile legends, cara membuat akun instragram, cara membuat akun facebook dan lain lain.

Hasil dari saran kata kunci tersebut biasanya topik yang dengan banyak dicari orang.

Tinggal kamu pilih judul sesuai yang kamu inginkan, balik lagi pilihlah judul artikel yang kamu kuasai, gak harus 99% cukup 40% sampai 60% aja kamu udah bisa membuat artikel dengan judul tersebut.

5. Banyak Membaca Artikel Oran Lain

Selanjutnya kamu bisa menemukan ide dengan cara membaca artikel orang lain, misalnya kamu habis jalan-jalan ke blog beberapa orang, biasanya akan muncul ide yang sama dengan artikel tersebut.

Tapi kamu jangan copas artikel tersebut ya Cuy, nulis dengan tema yang sama boleh-boleh aja tapi jangan sama plek lah.

Misal kamu habis baca artikel tentang Pembagian BLT dari pemerintah, nah kamu tertarik nih pengen nulis, kamu bisa nulis artikel dengan tema Pembagian BLT dengan gaya tulisan kamu sendiri dan bisa kamu tambahi artikel menjadi lebih lengkap.

Hal itu malah menjadi nilai lebih dari artikel yang kamu tulis, soalnya lebih lengkap dan informatif dari artikel sebelumnya.

6. Menjawab Pertanyaan di Komentar

Terakhir biasanya saya mendapatkan ide dari komentar teman-teman yang sudah masuk, saya biassanya membaca komentar terlebih dulu sebelum saya ijinkan tampil di kolom komentar.

Terkadang komentar yang mengandung pertanyaan bisa menjadi ide untuk menulis artikel, contoh ketika ada orang yang komentar cara menendang dengan kuat di artikel tentang formasi winning elven.

Dari situ saya mendapatkan ide untuk membuat artikel teknik menendang dengan kuat di winning eleven, dan masih banyak ide lain yang bisa kamu dapatkan detika membaca komentar.

Biasanya orang yang meninggalkan komentar akan bertanya tentang hal yang mereka belum dapatkan jawabannya.

*****

Oke Cuy saya kira itulah 6 cara mendapatkan ide untuk menulis artikel di Blog, jika kamu punya ide lain atau cara lain bisa tulis di kolom komentar.

Sek yo!

0 Response to "6 Cara Mendapatkan Ide Untuk Menulis Artikel di Blog"

Posting Komentar