Tips Bermain Layangan Aman dan Menyenangkan

Halo Cuy selamat malam, cuaca malam ini agak dingin cz tadi abis hujan deres, jadi inget boncengin mantan pas hujan-hujan hehe. Oke Cuy di tempatku saat ini lagi musim layangan nih, di tempatmu gimana Cuy?

Ngomongin layangan jadi inget pas kelas 3 SD dulu dikasih tugas Pak Guru membuat karya seni layangan, anak SD udah diasah kemampuannya buat layangan lho.

Tips Bermian Layangan

Ya emang sih layangan tradisional yang bentuknya kayak ketupat, tapi lebih panjang dibagian bawahnya, tapi kali ini saya gak mau bahas cara bikin layangan lho ya, hehe.

Next time kalau ada waktu saya tak main ke tempat temenku yang jago bikin layangan tradisioanal maupun suwangan.

Oh iya beberapa hari yang lalu pas saya sekroll beranda FB liat postingan kalau ada layangan yang nyangkut di kabel listrik dan ada petugas yang berusaha mengambilnya.

Hal itu bisa terjadi karena bermain layangan di dekat perumahan yang pastinya banyak kabel yang melintang.

Saya jadi kepikiran bagaimana cara bermain layangan yang aman biar gak membahayakan diri sendiri dan orang lain.

Oke Cuy silakan simak beberpa Tips dari Santo Ahmad.

Tips Bermian Layangan Aman dan Menyenangkan

1. Bermain di Tempat Lapang atau Terbuka

Tips yang pertama yaitu bermainlah di tempat yang terbuka seperti lapangan atau area persawahan, karena di tempat tersebut jarang ada pepohonan dan kabel melintang.

Kalau di tempat saya anak-anak biasanya bermain di area persawahan, tapi jangan main ketika sawah banyak tanamannya ya Cuy, bisa-bisa kena marah sama pemiliknya.

Sekarang kan belum musim tanam, jadi area persawahan masih bero (kosong) jadi kamu bisa bermain layangan dengan aman.

2. Bermian di Sore Hari

Kenapa memilih bermain si sore hari? ya karena cuaca adem dan angin juga stabil, jadi kamu gak perlu bawa payung pas main layangan, nanti malah ribet ga bisa liat layanganmu pas terbang hehe.

Nanti kamu juga bisa memanjer (bahasa Indonesianya apa ya) ya kayak membiarkan layangan kamu tetep terbang dan sambil kamu kontrol pergerakannya.

3. Gunakan Benang Panjang dan Kuat

Layangan gak akan berguna tanpa benang Cuy, jadi gunakan benang yang panjang dan juga kuat, jangan pakai benang buat jahit, ya bisa juga sih tapi mudah putus.

Setidaknya gunakan benang khusus layangan atau benang gelasan biar lebih kuat.

4. Modifikasi Layangan Kamu

Nah, untuk menambah seni dalam bermain layangan, kamu bisa memodifikasi layangan kamu, dengan cara memerikan ekor maupun sinthing (kayak sayap).

Bahannya terbuat dari kertas, untuk panjanganya sesuaikan dengan selera kamu.

Kalau untuk layangan besar atau suwangan bisa kamu kasih sendaren (rafia yang bisa bunyi), biasanya ditaruh dibagian belakang suwangan, kalau kena angin dia akan bunyi ngeeeeng! Ngeeeeg!!

5. Ajak Teman atau Keluarga

Pastikan kamu bermain dengan mengajak teman ataupun keluarga kamu, masak iya main layangan sendirian kan gak seru.

Setidaknya 2 orang biar ada temen nggosip ngobrol hehe.

Lebih seru lagi kalau main bareng temen-temen bisa saling adu tinggi, adu keren dan bisa juga adu kuat.

6. Serunya Mengejar Layangan Putus

Terakhir hal ini sebenarnya hal yang sangat ditunggu-tunggu ketika bermain layangan, ya ketika ada salah satu layangan putus kamu bisa mengejarnya bersama teman-teman.

Tapi hati-hati juga ya jangan sampai menimbulkan bahaya bagi diri sendiri dan orang lain.

Menurut saya hal ini yag paling seru dari seni bermain layangan, apalagi kalau kita berhasil menangkap layangan putus tersebut, berasa kayak dapetin mantan orang yang baru putus mangga jatuh hehe.

Mungkin saat ini jarang ya mengejar layangan putus karena bisa beli dengan mudah, kalau dulu beli layangan harus minta uang ke ortu, itupun harus mengerjakan tugas dulu, kayak ambil air di sumur, maupun bantuin panen di sawah.

*****

Oke Cuy itulah beberapa tips bermain layangan aman dan menyenangkan versi Santo Ahmad, ya mungkin masih banyak tips lainnya yang belum saya tulis, setau saya cuma itu kok.

Kali aja kamu ada cara lain yang lebih menyenangkan.

Mumpung masih musim layangan dan belum musim penghujan, bermainlah layangan, meskipun usia sudah tidak anak-anak lagi, bisa mengobati rasa kangen masa kecil.

Yowis Cuy, kalau belum punya layangan bisa beli di toko terdekat kalau kamu bisa bikin sendiri itu lebih keren lagi, selamat memanjer layangan ya.

Sek yo!

0 Response to "Tips Bermain Layangan Aman dan Menyenangkan"

Posting Komentar