Belajar SEO On Page Bagi Pemula

Halo Cuy, selamat hari Minggu dan selamat liburan rebahan, kondisi masih pandemi jangan liburan dulu ya, mumupun hari libur sempatkan waktu buat servis kendaraan.

Servis motor atau mobil kamu biar tetap fit.

Belajar SEO On Page Pemula

Oh iya Cuy kali ini saya akan sedikit berbagi tips bagaimana belajar SEO On Page, meskipun saya gak sepintar para guru-guru di luar sana.

Saya cuma mau berbagi sedikit pengalaman saya dan apa yang saya lakukan ketika menulis artikel untuk Blog Santo Ahmad ini.

Salah satu artikel saya yang masih bertahan di halaman utama peringkat 1 pencarian Google adalah Formasi Winning Eleven

Selama 3 tahun terakhir ini masih menjadi artikel yang mempunyai jumlah pembaca tertinggi di Blog Santo Ahmad.

Meskipun Blog ini sempat ganti nama doamain, artikel ini tetap bertahan, sementara artikel lain hilang bagaikan ditelan bumi.

Belajar SEO On Page Pemula

Mempelajari teknik SEO sangatlah penting karena dengan teknik SEO kamu bisa menulis artikel dan bisa menempati halaman pertama peringkat atas dalam pencarian Google.

Saya sendiri belajar teknik ini dari teman saya mas Heru Arya, dia adalah teman saya di dunia maya, meskipun belum pernah ketemu dia baik banget, mau mengajari saya teknik SEO On Page ini.

Kalau kamu mau belajar tentang dunia Blog bisa mampir di Blog mas Heru yaitu tulisanwortel.com. Disitu banyak artikel yang membahas tentang Blogging mulai dasar hingga lanjutan.

Oke langsung saja teknik SEO apakah yang saya pakai?

Belajar SEO On Page Bagi Pemula

1. Pemilihan Kata Kunci

Kata Kunci atau Keyword merupakan hal penting ketika kita mau menulis sebuah artikel, kita harus riset dulu kata kunci yang lagi rame atau kata kunci yang rendah persaingan.

Riset kata kunci bisa menggunakan cara berbayar bahkan gratis, kalau saya menggunakan keduanya, gratis dan berbayar.

Kalau berbayar bisa pakai keywordtool.io atau Ahrefs, untuk yang gratis kamu bisa pakai Google Trends.

Caranya tinggal masukan kata kunci contoh Formasi Winning Eleven, nanti akan muncul beberapa kata kunci yang relevan.

Penggunaan kata kunci sebaiknya mulai 3 sampai 5 kata, kalau untuk pemula sebaiknya menggunakan kata kunci yang agak panjang.

Karena kata kunci yang pendek biasanya persaingan tinggi di mesin pencari. Gunakan kata kunci 4 kata untuk menghindari persaingan yang tinggi.

2. Struktur Penempatan Kata Kunci dalam Artikel

Langkah selanjutnya kamu harus paham penempatan kata kunci dalam artiklel, contoh dalam postingan Formasi Winning Eleven saya menempatkan kata kunci tersebut pada Judul Utama, Paragraf kedua, Gambar, Permalink dan Deskripsi penelusuran.

Tujuannya untuk memudahkan pencarian Google menemukan apa yang orang cari, misal kita ketik Formasi Winning Eleven PS2 maka hasilnya akan muncul artikel yang membahas tentang formasi winning eleven.

3. Gunakan Judul yang Mengundang Klik

Pemilihan judul juga sangat penting karena orang pertama kali akan melihat judul sebelum membaca artikel, misal kita bisa memakai judul Cara Ampuh Mengalahkan Formasi 4-3-3 Winning Eleven.

Ketika orang sedang mencar solusi untuk mengalahkan formasi 4-3-3, dia akan tertarik dengan judul tersebut karena ada kata-kata Cara Ampuh yang bisa membuat orang penasaran dan akhirnya dia klik judul tersebut.

Tapi ingat jangan menggunakan judul yang menipu dan tidak sesuai dengan isi artikel yang kita tulis.

Bisa dipastikan orang tersebut males untuk balik lagi ke blog kita.

4. Optimasi Gambar

Selain tulisan dalam satu artikel biasanya terdapat gambar untuk mendukung isi artikel tersebut, kalau kata orang sih satu gambar bisa menjelaskan ratusan kalimat.

Belajar SEO On Page Pemula

Gunakan gambar yang jelas dan resolusi yang bagus, jangan sampai gambar yang kamu gunakan pecah-pecah atau tidak jelas.

Saran saya buat gambar dengan ukuran di bawah 100 kb biar loading Blog tidak berat, bisanya orang akan males dengan Blog yang loadingnya berat.

5. Pasang Internal Link

Selanjutnya ada istlah Internal Link, nah ini adalah Link yang kamu sisipkan pada artikel menuju artikel kamu yang lain, tentunya artikel tersebut masih relevan satu sama lain.

Saya juga memasang Internal Link, misal artikel tentang Winning Eleven saya pasang Internal Link menuju artikel Winning Eleven yang lain.

Tujuannya agar pembaca mudah untuk menemukan artikel serupa, dan biasanya pembaca akan bertah muter-muter di Blog kamu.

Misalkan Cara Menggiring Bola, saya sisipkan Link dengan judul Cara Melakukan Tendangan Keras, nah ketika orang melihat judul tersebut maka dia akan penasaran dan membuka artikel tersebut.

*****

Nah cara diatas saya gunakan setiap kali saya menulis artikel, mulai dari pemilihan kata kunci hingga optiasi gambar.

Seberanya masih banyak lagi panduan SEO On Page yang bisa kamu pelajari, kalau saya cuma kasih sedikit ilmu yang saya gunakan selama ini.

Tulisan ini gak ada apa-apanya dibandingkan tulisan para Senior diluar sana, banyak di Blog mereka panduan Ngeblog dengan pembahasan yang detail.

Contoh PanduanIM

Ya semoga kamu bisa mendapatkan manfaat setelah membaca artikel ini.

Sek yo!

0 Response to "Belajar SEO On Page Bagi Pemula"

Posting Komentar