8 Tips Aman Berkendara Motor Saat Hujan

Halo Cuy, selamat malem Minggu hehe, cuaca sedang hujan rasanya ngantuk pengen tidur aja nih, musim penghujan kayak gini kita harus jaga kesehatan dan hati-hati saat mengendarai motor.

Bagi kamu yang aktifitasnya menggunakan motor saya sarankan untuk selalu menyiapkan perlengkapan disaat musim hujan.

Berkendara Motor Saat Hujan

Saya sendiri sebagai seorang karyawan yang tiap jam kerja harus menggunakan motor untuk sampai kantor, saya juga sering kehujanan pas naik motor.

Tadi sore pas pulang kerja saya juga kehujanan lho Cuy, kebetulan saya lupa bawa jas hujan akhirnya basah deh.

Namanya juga hujan tidak bisa diprediksi, kapan dia akan turun, kadang cuaca pagi sampai siang cerah, eh sorenya hujan.

Kita harus selalu waspada demi menjada keselamatan kita dan pengendara lain.

Untuk itu saya ada 8 tips aman berkendara motor saat hujan.

8 Tips Aman Berkendara Motor Saat Hujan

1. Gunakan Jas Hujan Single (dipakai satu orang)

Jas hujan merupakan perlengkapan utama yang harus disiapkan ketika musim penghujan, kamu bisa menyimpan jas hujan di dalam jok maupun tas kamu.

Ketika dijalan dan tiba-tiba hujan turun, kamu bisa memakai jas hujan untuk melindungi tubuhmu dari air hujan.

Saya sarankan gunakan jas hujan yang versi single, itu lho yang bentuknya kayak baju sama celana, pokoknya yang cuma bisa dipakai 1 orang aja.

Kalo jas hujan yang mode kelelawar itu bisa dipakai berdua tapi kasihan yang belakang nanti masih basah.

Tapi ketika kamu sendirian mending pakai jas hujan yang mode single.

Saya sendiri juga selalu menyiapkan jas hujan di jok motor BeAT kesayangan saya hehe, meskipun kadang lupa.

Oh iya jangan lupa juga siapkan Cover Bag (pelindung tas) buat kamu yang suka bawa ransel Dora The Explorer (tas punggung)

Karena kita juga harus melindungi barang-barang berharga kita seperti dompet, Hp dan lain-lain agar tidak basah.


2. Kurangi Kecepatan

Hujan yang lebat mengakibatkan jarak pandang kita jadi berkurang, sebaiknya kurangi kecepatan kamu saat mengegas motor.

Misal kecepatan normal saat tidak hujan 80 km/ jam kamu bisa mengurangi kecepatan menjadi 40 km/jam tergantung kondisi juga sih.

Biasanya air hujan juga akan membuat kaca helm kita jadi agak burem, jadi hati-hati dan tetap waspada dengan pengendara lain.

Misal jalanan licin kamu juga harus hati-hati, terkadang kita terlalu pede ngebut pas hujan dan mengakibatkan kita terjatuh.

Saya jadi ingat, dulu saya pernah jatuh Cuy, pas hujan saya ngebut ada polisi tidur di depan, saya gak liat dan akhirnya saya tergelincir dan Gubrak!!! 

Jatuh di aspal, motor saya rusak bagian lampu depan pecah dan badan saya lecet-lecet, Alhamdulillah saya masih selamat, gak nabrak ataupun ditabrak pengendara lain.

So, hati-hati ya Cuy.


3. Pastikan Lampu Depan dan Belakang Nyala

Biasanya saat hujan cuaca menjadi agak gelap dan membuat jarak pandang kita berkurang saat mengendarai kuda besi kita.

Pastikan lampu depan dan belakang nyala dengan normal, tidak mbleret atau mentip-mentip, pokoknya nyala terang lah.

Tujuannya agar pengendara lain tau dan bisa jaga jarak.

Lagian motor jaman sekarang kan udah didesain agar lampu tetap nyala kan, udah ga ada saklarnya, mau kondisi hujan ataupun panas tetep lampu harus nyala.

Kalau dulu pas aku kecil nyalain lampu motor siang-siang itu diingetin suruh matiin, alasannya apa saya juga kurang tau.

Di daerah kamu gitu juga gak? misal naik motor siang-siang lampu motor kamu nyala biasanya ada yang ngingetin "mas lampu mas, nyala"

Karena saya gak tau alasannya ya saya matiin aja lampuya.


4. Jika Hujan Terlalu Lebat Lebih Baik Neduh

Musim penghujan kayak gini biasanya intensitas hujan biasanya lebat, misal kamu sedang berkendara motor dan hujan sedang lebat lebih baik cari tempat untuk neduh atau istirahat.

Karena hujan lebat apalagi dicampur angin akan berpotensi menumbangkan pepohonan di pinggir jalan, lebih baik cari aman aja Cuy.

Untuk lokasi neduh carilah tempat yang agak luas kayak di emperan toko atau di depan rumah orang, carilah tempat yang banyak orang neduh juga.

Daripada gabut nungguin hujan reda kan bisa ngobrol-ngobrol sama orang lain yang ikut neduh, sekalian nambah teman hehe.

Oh iya kalau saya biasanya neduh di warung makan nih Cuy, ya kayak warung Bakso, Mi ayam kadang di warung kopi.

Itupun kalau pas lewat kebetulan ada warung, tapi kalau pas lewat jalan area persawahan atau hutan ya cari tempat neduh yang rame aja.


5. Jaga Jarak Dengan Pengendara Lain

Seperti yang sudah saya bilang kalau hujan deres itu mengurangi jarak pandang, jadi kamu harus tetap fokus dan waspada untuk bisa jaga jarak dengan pengendara lainnya.

Ya biar gak terjadi kecelakaan, karena kalau naik motor pas hujan itu pengennya cepet-cepet sampai rumah, udah bayangin kasur di rumah dan pengen rebahan sambil selimutan.

Duuuuh nikmatnya.


6. Jangan Asal Nyalip

Nah, seperti yang saya bilang sebelumnya kalau naik motor pas hujan kan pengen buru-buru sampe rumah, alhasil kita jadi nambahin kecepatan dan pengennya nyalip-nyalip kendaraan di depan kita.

Ingat, pas hujan kamu harusnya hati-hati dan kurangi kecepatan, jangan malah nyalip asal-asalan gitu, oke boleh nyalip asal situasi emang bener-bener aman.

Sebelum menyalip tengok kaca spion dan tengok depan ada kendaraan lain gak, kalau memang aman gaaasss aja lah.

Usahakan kalau nyalip dari kanan ya Cuy, soalnya kita di Indonesia yang menggunakan aturan berkendara di sebelah kiri.


7. Apabila Terjadi Banjir Usahakan Mesin Jangan Sampai Mogok

Terkadang saking lebatnya hujan membuat jalanan tergenang air alias banjir, di jalanan yang saya lewati juga sering banjir Cuy, biasanya jalan yang deket dengan kali besar.

Ketika kamu menemukan genangan air, usahakan berhenti dan tunggu sampai air surut, karena jika kamu nekat nerobos genangan air tersebut dan air masuk ke dalam knalpot akan mengakibatkan mesin mati.

"Tapi motor saya KLX San, knalpotnya di atas dong , anti kemasukan air."

Meskipun posisi knalpot tinggi tapi kalau air masuk ke sektor kelistrikan ya sama aja Cuy, hehe.


8. Cari Jalan Lain

Ketika jalanan banjir dan air menggenang tinggi, lebih baik cari jalan lain menuju lokasi tujuan kamu, daripada nungguin lama air gak surut-surut mendingan cari jalan lain.

Kalau kamu bukan orang lokal lebih baik tanya ke orang sekitar, saya juaga pernah pas pulang kerja kebetulan jalan deket jembatan banjir parah Cuy.

Truck aja gak berani lewat, akhirnya saya cari jalan lain, saya kebetulan tau jalan lain menuju rumah, ya meskipun muter agak jauh yang penting aman sampai rumah.

Kalau kamu gak tau jalan mendingan kamu ikuti orang-orang yang tau jalan lain.

*****


Nah, itulah 8 tips aman berkendara motor saat hujan, kurang lebihnya seperti yang sudah saya jelaskan diatas, kebanyakan pengalaman pribadi sih.

Misal kamu ada tips lain yang belum saya tulis bisa kamu tambahkan di kolom komentar Cuy, sama-sama bagi pengalaman lah hehe.

Sebagai pengendara yang baik selalu gunakan perlengkapan berkendara dan patuhi rambu-rambu lalulintas, demi menjaga keselamatan kita di jalan.

Sek yo!


0 Response to "8 Tips Aman Berkendara Motor Saat Hujan"

Posting Komentar