Pengalaman Mendapatkan Uang Dari Blog

Halo Cuy selamat malam, gimana hari Minggu kali ini? apakah menyenangkan? Oke Cuy kali ini saya akan bercerita pengalaman saya mendapatkan uang dari Blog.

Ngeblog kelihatannya cuma nulis artikel dan membagikan ke orang lain, terkadang teman saya heran kok saya kayak orang kurang kerjaan.

Cara Mendapatkan Uang Dari Blog

Soalnya saya tiap hari nulis, duduk di depan layar komputer berjam-jam, padahal saya siangnya masih kerja.

Mendingan buat rebahan kan enak.

Memang kelihatannya saya ini kurang kerjaan, tapi saya memang hobi nulis sih, tujuan utama saya nulis sebenarnya bukan buat dapet uang, cuma saya orangnya suka guyonan, jadi saya curahkan lewat tulisan ini.

Awalnya saya ngeblog menggunakan mywapblog yang sekarang udah ditutup sama foundernya Arvind Gupta.

Padahal saya belajar nulis, mendapatkan banyak teman juga dari Mywapblog, tapi apa boleh buat platform tersebut udah tutup dan akhirnya saya pindah ke Blogger.

Saya juga sempat mencoba pakai Wordpress, berhubung saya sibuk blog saya gak keurus dan doaminnya expired.

Cuma Blog Santo Ahmad inilah satu-satunya Blog yang saya punya dan saya tulis sendiri semua artikelnya.

Nah, saya akan bercerita bagaimana saya bisa mendapatkan uang dari Blog ini, padahal saya nulis asa-asalan, mengalir aja sesuai apa yang ada di pikiran saya.

Tapi yang namanya rejeki pasti gak akan ketuker Cuy.

Suatu hari saya dapet email yang berisi penawaran kerjasama dari seseorang, isinya bahwa dia tertarik dengan Blog saya dan mau menitipkan sebuah artikel dan nantinya saya akan diberikan bayaran.

Setelah saya baca isi penawaran dan merasa cocok, saya setuju dengan kerjasama tersebut, tugas saya cuma memposting artikel yang sudah dia buat dan memberikan link ke alamat website yang ditentukan.

Kerjasama ini namanya Content Placement, bisa disebut juga titip konten.

Inilah artikel saya yang menghasilkan uang:

Selain Content Placement masih banyak sumber lain untuk menghasilkan uang dari Blog, contoh yang paling populer yaitu Adsense.

Tapi untuk bisa kerjasama dengan Adsense banyak syarat yang harus kamu penuhi, ya ibarat kamu mau melamar seorang wanita kamu harus memenuhi semua kriteria orang tuanya dia agar kamu diterima.

Lebih baik kamu belajar menulis dulu, belajar konsisten dan nikmati semua prosesnya, saya juga pernah diterima Adsense tapi karena saya sibuk dan gak nulis di Blog beberapa bulan akhirnya kena Banned.

Mungkin dianggap tidak produktif akhirnya dipecat hehe.

Tapi gak jadi masalah karena tujuann utama saya nulis pengen berbagi ilmu dan meyimpan hal-hal yang saya alami, eh suatu saat kalau saya tua bisa membaca lagi tulisan saya dimasa muda ini.

Oh iya Cuy ada beberapa cara lain yang bisa kamu laukan untuk mendapatkan uang dari Blog, kamu bisa baca artikel saya yang ini, 5 Penghasilan Seorang Blogger yang Bisa Kamu Coba.

Disini saya tulis 5 cara yaitu:

  • Google Adsense
  • Kerjasama
  • Lomba
  • Afiliasi
  • Iklan Mandiri
Syarat utama berpenghasilan dari Blog yaitu kamu punya Blog dengan pengunjung yang banyak atau ciri khas tersendiri.

Jika kamu seorang Personal Blogger sebaiknya kamu punya ciri khas tersendiri, tujuannya agar pembaca mudah mengingat Blog kamu.

Kalau saya sendiri terkadang saya sisipi artikel dengan candaan atau hal-hal yang bisa mengundang tawa, tujuannya agar pembaca terhibur.

*****

Oh iya Cuy saya sempat berhenti nulis beberapa bulan lalu, alasannya saya sibuk kerja, kalau dipikir ya enggak juga sih, karena saya pernah baca profil Blogger terkenal seperti Iwanbanaran dan Mastimon.

Mereka memulai Blog pas mereka masih bekerja, mereka punya cara tersendiri untuk membagi waktu buat nulis artikel.

Awalnya memang berat tapi lama -kelamaan akan ada hasilnya kok, intinya sabar dan konsisten.

Kalau saya atur jadwal nulis artikel jam 8 malam sampai jam 10, terkadang jam 9 sudah selesai memposting 1 artikel.

Kalau Minggu atau hari libur sehari saya bisa nulis 1 sampai 3 artikel, ya tergantung kalau pas ada acara ya minimal 1 lah.

Terus pagi-pagi setelah sholat Subuh kalau masih ada waktu bisanya saya nulis 1 artikel, lumayan sebelum berangkat kerja dapet 1 artikel.

Tapi ingat! jangan kamu ngeblog didasari uang, karena kamu akan stres dan capek udah nulis tapi gak dapet uang.

Paling lama 3 bulan kamu akan tumbang, membiarkan Blog yang sudah kamu bangun terbengkalai hingga jadi sarang laba-laba.

Saya bisa ngommong kayak gini soalnya saya juga pernah mengalami kejadian seperti ini, rasanya capek banget, badan pegel-pegel dan pengen marah.

Tapi balik lagi kalau kamu nulis didasari dengan hobi dan enjoy, saya yakin kamu gak cepat menyerah, soalnya kamu gak mikir uang, mau dapet uang atau gak itu urusan belakangan.

Karena ngeblog kita bisa dapet temen baru, bisa bergabung di komunitas blog, saling berbagi ilmu dan belajar bareng.

*****

Sebelum saya akhiri tulisan hari ini, saya ada tips buat kamu yang baru kenal dengan dunia Blog, masih dalam tahap belajar, saya sarankan fokus dengan tulisan kamu dulu.

Temukan keunikan dalam diri kamu yang bisa kamu bagikan ke orang lain, nanti lama kelamaan pasti akan ada orang-orang yang mampir dan baca tulisan kamu.

Jangan menulis hal yang tidak kamu kuasai atau bahkan tidak kamu senangi, karena hasilnya tidak akan maksimal.

Oke Cuy, itulah sedikit pengalaman saya ketika mendapatkan uang dari Blog, saya sendiri juga masih baru di duni Blog dan masih butuh banyak belajar.

Sek yo!

8 Responses to "Pengalaman Mendapatkan Uang Dari Blog"

  1. MEmang banyak carai mendapatkan uang dari blog. Hanya itu, butuh ketekunan..

    BalasHapus
  2. Mantab mas salam kenal :)

    BalasHapus
  3. Mantap mas pembahasannya, meskipun saya sudah lama ngeblog dan belum bener-bener dapet income, tapi saya percaya kalau kegiatan ngeblog ini menghasilkan. Salam kenal mas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. konsisten aja mas, jangan terlalu mikirin uang hehe

      Hapus